Kuda Sulaiman As

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Sulaiman Menyembelih Kuda Karena Allah, Lalu Allah Menggantikanya Dengan (Anugerah) Angin Yang Tunduk Kepadanya.

“Dan Kami karuniakan kepada Daud, Sulaiman, dia adalah sebaik-baik hamba. Sesunguhnya dia amat taat (kepada Tuhannya). (Ingatlah) ketika dipertunjukan kepadanya kuda-kuda yang tenang di waktu berhenti dan cepat waktu berlari pada waktu sore, maka ia berkata, “Sesungguhnya aku menyukai kesenangan terhadap barang yang baik (kuda) sehingga aku lalai mengingat Tuhanku sampai kuda itu hilang dari pandangan.” “Bawalah semua kuda itu kembali kepadaku.” Lau ia potong kaki dan leher kuda itu. (Shaad:30-33)

Allah menyebutkan, bahwa Dia menganugerahkan kepada Daud putera bernama Sulaiman a.s. Allah memuji Sulaiman bahwa dia banyak kembali kepada-nYa, lalu Allah menyebutkan perkaranya tentang kuda. Berikut ini kisahnya:

Sulaiman a.s. begitu cintanya kepada kuda untuk digunakan jihad di jalan Allah. Beliau memiliki kuda-kuda yang kuat, cepat dan bersayap. Kuda-kudanya berjumlah 20 ribu ekor. Ketika ia memeriksa dan mengatur kuda-kuda tersebut, ia ketinggalan shalat Ashar, karena lupa bukan disengaja. Saat ia mengetahui ketinggalan sholatnya karena kuda-kuda tersebut, ia pun bersumpah, “Tidak, demi Allah, janganlah kalian (kuda-kudaku) melalaikanku dari menyembah Tuhanku.” Lau beliau menitahkan agar kuda-kuda itu disembelih. Maka beliau memukul leher-leher dan urat-urat nadi kuda-kuda tersebut dengan pedang. Ketika Allah mengetahui hamba-Nya, yang bernama Sulaiman menyembelih kuda-kuda tersebut karena Diri-Nya, karena takut dari siksa-Nya serta karena kecintaan dan pemuliaan kepada-Nya, karena dia sibuk dengan kuda-kuda tersebut sehingga habis waktu shalat. Sebab hal it, Allah lalu menggantikan untuknya sesuatu yang lebih baik dari kuda-kuda tersebut, yakni angin yang bisa berhembus dengan perintahnya, sehingga akan menjadi subur daerah yang dilewatinya, perjalannya sebulan dan kembalinya juga sebulan. Dan tentu, ini lebih cepat dan lebih baik daripada kuda. Karena itu, benarlah sabda Rasulullah saw, “Sesungguhnya tidaklah engkau meninggalkan sesuatu karena takut kepada Allah kecuali Allah akan memberimu (sesuatu) yang lebih baik daripadanya.” (HR Ahmad dan Al-Baihaqi, hadits shahih)

Oleh :
Al-Islam – Pusat Informasi dan Komunikasi Islam Indonesia

2 Comments

  1. Suka dongeng ya?

    * Kalau Sulaiman mempunyai 20 ribu kuda bersayap, tentunya binatang itu banyak di masanya, sehingga beliau bisa mengumpulkannya sampai 20 ribu ekor.
    –> fakta: tidak ada bukti tentang kuda bersayap, kecuali di dongeng-2

    * Sulaiman juga berbicara dgn semut dan burung bul bul dalam kisah Qur’an.
    –> fakta: secara biologis kemampuan bahasa serta kesadaran diri diproses pada bagian neocortex otak. Hanya mamalia tingkat atas yg mempunyai neocortex maju, semut tidak mempunyai kapasitas untuk memahami diri sendiri serta berkomunikasi lewat bahasa.

    Pantesan banyak umat Islam terbelakang, mereka suka dongeng….

    • Kalau Sulaiman mempunyai 20 ribu kuda bersayap, tentunya binatang itu banyak di masanya, sehingga beliau bisa mengumpulkannya sampai 20 ribu ekor.
      –> fakta: tidak ada bukti tentang kuda bersayap, kecuali di dongeng-2
      ****************
      sebelum nya saya tanya anda atheis atau kristen?
      biasa nya orang kriten neh,silahkan baca tulisan2 kristen lalu di bantah,kalau urusan debat kusir mah itu sudah jadi makanan tiap hari dgn orang kristen padahal kalian sendiri tidak pernah mau melihat dongeng2 dalam Bibel

      KITAB YESAYA: Tuhan bersuit.

      5:26 Ia akan melambaikan panji-panji kepada bangsa yang dari jauh, dan akan bersuit memanggil mereka dari ujung bumi; sesungguhnya mereka akan datang dengan segera, dengan cepat!

      7:18 Pada hari itu akan terjadi: TUHAN bersuit memanggil lalat yang ada di ujung anak-anak sungai Nil, dan memanggil lebah yang ada di tanah Asyur.

      (Bagaimana suara suitan Tuhan?)

      KITAB ZAKHARIA: Tuhan bersiul.

      10:8 Aku akan bersiul memanggil mereka dan Aku akan mengumpulkan mereka, sebab Aku sudah membebaskan mereka, dan jumlah mereka menjadi banyak seperti dahulu.

      (Bagaimana bunyi siulan Tuhan?)

      KITAB YEREMIA: Tuhan mengaum.

      25:30. Dan engkau ini, nubuatkanlah segala firman ini kepada mereka. Katakanlah kepada mereka: TUHAN akan menengking dari tempat tinggi dan memperdengarkan suara-Nya dari tempat pernaungan-Nya yang kudus; Ia akan mengaum hebat terhadap tempat penggembalaan-Nya, suatu pekik, seperti yang dipekikkan pengirik-pengirik buah anggur, terhadap segenap penduduk bumi.

      (Kapan Tuhan mengaum? Bagaimana bunyinya?)

      KITAB YESAYA: Tuhan mencukur.

      7:20 Pada hari itu dengan pisau cukur yang dipinjam dari seberang sungai Efrat, yakni raja Asyur, Tuhan akan mencukur kepala dan bulu paha, bahkan pisau itu akan melenyapkan janggut juga.

      (Hah? Tuhan meminjam pisau cukur? Tuhan mencukur kepala dan bulu paha?)

      KITAB YEREMIA: Tuhan jemu menyesal.

      15:6 Engkau sendiri telah menolak Aku, demikianlah firman TUHAN, telah pergi meninggalkan Aku. Maka Aku mengacungkan tangan-Ku dan membinasakan engkau; Aku sudah jemu untuk merasa sesal.

      (Jemu juga rupanya Tuhan menyesal yah?)
      *****************

      Sulaiman juga berbicara dgn semut dan burung bul bul dalam kisah Qur’an.
      –> fakta: secara biologis kemampuan bahasa serta kesadaran diri diproses pada bagian neocortex otak. Hanya mamalia tingkat atas yg mempunyai neocortex maju, semut tidak mempunyai kapasitas untuk memahami diri sendiri serta berkomunikasi lewat bahasa.

      Pantesan banyak umat Islam terbelakang, mereka suka dongeng….
      **************
      SILAHKAN BACA BKU NYA HARUN YAHYA DAN ZAKIR NAIK TTG SEMUT OK.

      TERBELAKANG??????????????????

      PERBAIKI KACA MATA MU KAWAN.

Silahkan Komentar dan Berbagi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s