MAKANAN DI NERAKA

Non muslim sering salah memahami bahasa al Qur’an tentang makanan di neraka dan menganggapnya sebagai kontradiksi ayat dalam al Qur’an. Namun jika kita perhatikan, ternyata bahwa sebenarnya adalah keterbatasan mereka dalam memahami saja dan menyamakannya dengan bahasa / persepsi mereka.

Ayat yang menurut anggapan mereka kontradiksi ialah :

“Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri,” (QS 88 : 6)
“Dan tiada (pula) makanan sedikitpun (baginya) kecuali dari darah dan nanah.” (QS 69 : 36)
“Maka Sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, Maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu.” (QS 37 : 66)

Berikut adalah jawaban kami :

Sekarang marilah kita bahas mengenai aneka makanan neraka itu satu persatu. Saya berkata, ya semua itu benar makanan untuk mereka yang di neraka, karena al qur’an itu pasti benar dan seperti kita ketahui pula bahwa neraka itu bukanlah satu tapi beberapa dan bahwa mereka yang masuk neraka tidak hanya satu tipe tapi banyak. Jadi tiap ayat ini berbicara makanan bagi tiap – tiap penghuni neraka.

QS 88 : 6 berkata bahwa makanan di neraka ilaha pohon yang berduri. Pada ayat 1 – 5 dijelaskan kapan dan siapa yang mendapatkannya :

“Sudah datangkah kepadamu berita (Tentang) hari pembalasan? Banyak muka pada hari itu tunduk terhina, Bekerja keras lagi kepayahan, Memasuki api yang sangat panas (neraka), Diberi minum (dengan air) dari sumber yang sangat panas.”

Jadi jelaslah, ketika mereka masuk neraka makanan dan miniman yang pertama kali mereka dapati hanyalah Minum dari sumber yang sangat panas dan pohon berduri. Astaghfirullah al adzim. Lalu apakah anda sanggup memakan ini, maka bagi anda yang tidak sanggup, berbuat baiklah.

Selanjutnya QS 69 : 36 dinyatakan makanan bagi penghuni neraka ialah darah dan nanah. Makanan ini diberikan bagi mereka di neraka yang tidak beriman kepada Allah swt dan tidak menyuruh memberi makan orang miskin [ayat 33 – 34]. Maka, apabila anda tidak sanggup untuk memakan kedua makanan tersebut, Berimanlah kepada Allah swt dan beri makanlah serta perintahlah orang membei makan orang miskin.

“Sesungguhnya dia dahulu tidak beriman kepada Allah yang Maha besar. Dan juga dia tidak mendorong (orang lain) untuk memberi makan orang miskin.”

Untuk memahami QS 37 : 66 kita harus membaca ayat 63 dari surat tersebut

“Sesungguhnya kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim.”

Lalu, bagi anda yang tidak sanggup memakan pohon tersebut, janganlah berbuat zalim
Wallahu ‘alam.

…….. “Ampunilah kami Ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.” QS 2 : 285

http://www.rumahislam.com

Iklan

Silahkan Komentar dan Berbagi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s