JALAN RUMIT KRISTEN TAUHID (KRISTEN UNITARIAN)


imageAda gebrakan baru yang mendobrak iman Kristiani. Gerakan kalangan kristen dengan spirit back to the Bible ini menamakan diri komunitas Kristen Tauhid (Kristen Unitarian)

Pemikiran yang memprotes dasar Iman Kristiani tentang Allah dan Yesus ini dituangkan oleh Frans Donald dalam buku Allah dalam Alkitab dan Al-Qur’an. Buku setebal 97 halaman ini disambut dengan suka cita oleh Pendeta Dr Tjahjadi Nugroho, MA. Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia ini menyebut buku tersebut sebagai buku yang “menohok keras salah satu isu teologis mendasar” (hlm 9).

Doktrin Yesus sebagai Allah yang sejati dalam Trinitas, ditelanjangi habis-habisan oleh Frans. Dari sisi sejarah, dipaparkan secara kritis bahwa doktrin ini adalah warisan secara turun temurun dalam tradisi kekristenan sejak abad ke-4, saat kekristenan yang bertradisi Yahudi bercampur dengan peradaban Yunani dan Romawi yang politeistik (menyembah banyak dewa). Lantas, secara perlahan-lahan tradisi tauhid dibelokkan oleh filsafat Yunani menjadi ajaran Trinitas. Doktrin ini ditradisikan selama belasan abad dan telah mendarah daging sehingga para pendeta dan pastur banyak yang tidak tahu asalmula doktrin tersebut. Para pendeta dan pastur itu meyakini doktrin trinitas, bahwa Yesus sebagai oknum kedua dari ketuhanan, sebagai ajaran Alkitabiah (sesuai dengan ajaran Alkitab/Bibel). Padahal ajaran ini terbukti tidak sesuai dengan Alkitab, sehingga dinilai tidak Alkitabiah alias salah doktrin (hlm 37).

Pada halaman berikutnya, Frans membeberkan dalil-dalil Bibel untuk membuktikan bahwa Yesus bukan Allah, antara lain : Yohanes 12:49-50 menyebutkan, Allah mengutus/memerintah Yesus, berarti Allah dan Yesus adalah dua entitas yang berbeda. Yohanes 14:28 menyebutkan Allah lebih besar daripada Yesus, berarti Yesus tidak setara dengan Allah. Dalil lainnya adalah Yohanes 17:3,20:17, Matius 24:36, Markus 13:32, dan lainnya (hlm. 39-40).

Setelah menohok doktrin tentang Trinitas, ketuhanan Yesus, ketuhanan Roh Kudus dan peribadatan hari Minggu yang dinyatakan tidak Alkitabiah, Frans meletakkan bab berjudul “Taurat, Injil dan Al-Qur’an Satu Kesatuan” (hlm 74-78). Dengan mengutip Al-Qur’an surah al-Maidah:68, Frans menyimpulkan bahwa ketiga kitab suci (Taurat, Injil dan al-Qur’an) adalah satu kesatuan kunci ilai yang tidak bisa dipisahkan.

Untuk itu, Frans menyindir umat Islam, “Demikian pula para pengikut Nabi Muhammad saw yang belum menyelidiki dan mempelajari Taurat dan Injil nampaknya belum thau tentang nama Allah dalam Taurat, Yahweh yang disembah oleh leluhur mereka…” (hlm 76).

Demikian sedikit ulasan tentang agama Kristen Tauhid yang dicanangkan oleh Frans Donald. Ia mendefinisikan Kristen Tauhid sebagai Kristen yang bertauhid kepada Allah yang Esa, bukan Trinitas (hlm 86).

Sekilas, ide agama Kristen Tauhid itu terlihat baik untuk meredam gesekan antara Islam dan Kristen. Tapi, mempertemukan ajaran Taurat, Injil dan al-Qur’an dalam satu agama pastilah akan melahirkan berbagai kerumitan yang berujung di jalan buntu.

Pasalnya, terdapat perbedaan dalam kitab-kitab tersebut. Jangankan mempersatukan Injil dengan al-Qur’an, mempertemukan sesama ayat Injil saja bukan hal yang mudah. Misalnya, di satu sisi, Injil Bibel menyatakan bahwa Allah itu tidak sama dengan Yesus sebagaimana diungkapkan oleh Frans di atas. Tapi, dalam ayat-ayat lainnya, Bibel tidak membantah gelar bahwa Yesus adalah Allah. Misalnya, Yesus tidak menolak ataupun marah kepada Thomas ketika menyapanya dengan seruan, “Ya Tuhanku dan Allahku” (Yohanes 20:28).

Ayat lain yang menyebut Yesus sebagai Allah adalah : “AKan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal yang Benar, dan kita ada di dalam yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal” (I Yohanes 5:20).

“Tetapi tentang Anak (Yesus, pen) Ia berkata : Tahta-Mu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya, dan tongkat kerajaan-Mu adalah tongkat kebenaran “(Ibrani 1:8).

Mempersatukan al-Qur’an dengan Tuaurat dan Injil yang ada dalam Bibel, jelas mustahil. Karena dalam banyak ayat antara lain surah al-Baqarah:75,79, al-Maidah:13, an-Nisa:46, dan lainnya. Al-Qur’an mengritisi Bibel sebagai kitab yang sudah mengalami tahrif (perubahan, distorsi). Beberapa contoh tahrif ini bisa kita baca pada artikel-artikel yang ada di situs ini dalam kategori DUSTA KRISTEN. Selain itu, salah satu fungsi al-Qur’an adalah sebagai pengujian (muhaiminan alaih) dan pembetulan/koreksi (mushaddiq) terhadap kitab-kitab terdahulu (QS al-Maidah:48).

Keyakinan umat Islam terhadap kitab-kitab terdahulu hanya sebatas mengimani keberadaannya, bahwa Allah pernah mewahyukan Taurat kepada Nabi Musa dan Injil kepada Nabi Isa sebagai petunjuk Bani Israil ke jalan Tuhan. Tidak ada kewajiban bagi umat Islam untuk mengamalkan Taurat yang ada dalam kitab Bibel milik umat Kristiani saat ini, karena tidak ada bukti yang shahih bahwa Taurat Bibel itu adalah peninggalan Nabi Musa alahisissalam. Bahkan bebeapa penyelidikan membuktikan bahwa Taurat Bibel itu ditulis setelah Nabi Musa wafat. Demikian pula keyakinan umat Islam terhadap keempat Injil dalam Bibel. Keempat Injil ini bukan peninggalan Nabi Isa alahihissalam, melainkan ditulis oleh orang-orang yang bukan murid Yesus berpuluh-puluh tahun setelah Nabi Isa tidak ada di dunia.

Kesahalan dasar asumsi ketika mendefinisikan Allah, menjadi batu sandungan sendiri bagi para Kristen Tauhid. Frans mengurai kata “Allah” berasal dari dua kata yaitu “al” (kata sandang) dan “ilah” (sesembahan, god). Secara etimologis Allah memiliki padanan makna dalam bahasa Indonesia menjadi dewa, dalam nahasa Inggris menjadi God, dalam bahasa Ibrani menjadi Elohim, dan dalam bahasa Yunani menjadi Theos (hlm 23).

Kata “Allah” adalah isim ghairu musytaq (kata yang tidak ada asal katanya dan bukan pecahan dari kata lain). Karena kata ini tidak bisa diubah menjadi bentuk tatsniyah (ganda), bentuk jamak (plural), dan tidak dapat dijadikan sebagai mudhaf

APAKAH ANDA MASIH BANGGA DENGAN SEJUTA DOKTRIN BULLSHIT KRISTEN??????????

 
JANGAN LUPA BACA ARTIKEL LAIN NYA
 

Iklan

7 Comments

  1. konten dari blog ini sih bagus, dan mungkin bermanfaat, tapi saya kurang nyaman membaca tulisan, “APAKAH ANDA MASIH BANGGA DENGAN SEJUTA DOKTRIN BULLSHIT KRISTEN?????????? ”
    kalau tujuan blog ini adalah sebagai pencerahan, kata2 itu tidak pantas ada di blog ini.
    dan, sekedar sharing, menurut yg telah saya pelajari, bahwa keimanan itu lebih tinggi dari keyakinan, keyakinan itu masih di daerah “kepala”, tapi keimanan itu daerah “dada”…
    tolong di sharingkan, bagaimana pandangan Kristen Tauhid itu tentang Muhammad sebagaimana yg tercantum di bibel…

    terima kasih

  2. SEPERTINYA SAYA HARUS POSTING JUGA DI SINI

    YESUS ANAK ALLAH DAN BUKAN ALLAH MENURUT ALKITAB

    Istilah Anak Allah yang merupakan predikat dari Yesus bukan berarti bahwa Yesus dilahir oleh Allah secara biologis.
    KIta akan simat ayat2 Alkitab di bawah ini yang menunjukkan mengapa Yesus di sebut sebagai Anak Allah.

    Identitas Yesus sebagai Anak Allah di kabarkan oleh Malaikat menjelang kelahiran Yesus, Lukas 1:26-32, “Dalam bulan keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, kepada seorang perawan,..: nama perawan itu Maria…Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan anak laki-laki..Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi..”

    Setan mengakui bahwa Yesus Anak Allah.
    Setan dengan pertanyaan yang licik dan menjebak berkata kepada Yesus, Lukas 4:3,4, ” Lalu berkatalah Iblis kepadaNya:” Jika Engkau Anak Allah, suruhlah batu ini menjadi roti.”
    Lukas 4: 41, setan2 berteriak : ” Engkau adalah Anak Allah”.
    Lukas 8:28, setan yang merasuki tubuh seorang laki2 berkata dengan suara keras :” Apa urusan-Mu dengan aku, hai Yesus Anak Allah Yang Mahatinggi.”
    Matius 27:54, kepala pasukan mengakui : “Sungguh Ia ini adalah Anak Allah”
    Bahkan Allah sendiri mengakui Yesus adalah Anaknya, sesaat setelah Yesus di baptis, Lukas 3:22, terdengar suara dari langit “Engkaulah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Mulah Aku berkenan.”
    Yohanes yang membaptis Yesus di Yohanes 1:33-34, mengatakan : “..tetapi Dia yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus. Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia Inilah Anak Allah.”

    Mengapa Yesus di sebut Anak Allah?

    Atas dasar apa para Malaikat, setan Rasul2 Yesus, kepala tentara dan bahkan Allah sendiri mamanggil Yesus dengan identitas Anak Allah.

    Di kisah 10:43, Rasul Petrus memberi kesaksian bahwa “Tentang Dialah ( Yesus ) semua nabi memberikan kesaksian”
    Di Roma 1:2-3, Rasul Paulus memberikan penjelasan’
    Injil itu telah di janjikan-Nya sebelumnya dengan perantaraan nabi-nabi-Nya dalam kitab-kitab suci, tentang Anak-Nya, yang menurut daging di peranakan dari keturunan Daud, dan menurut Roh kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, bahwa Ia adalah Anak Allah yang berkuasa, Yesus Kristus.

    Ya, para nabi memberi kesaksian tentang Yesus ribuan tahun sebelum Yesus lahir.

    Sebelum Abraham ada, Aku (Yesus) telah ada
    Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Siapa saja menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya.” Kata para pemuka Yahudi kepada-Nya, “Sekarang kami tahu bahwa Engkau kerasukan setan. Sebab Abraham telah mati dan demikian juga nabi-nabi, namun Engkau berkata: Siapa saja yang menuruti firman-Ku, ia tidak akan mengalami maut sampai selama-lamanya. Apakah Engkau lebih besar daripada bapak kita Abraham, yang telah mati! Nabi-nabi pun telah mati; dengan siapa Engkau samakan diri-Mu?” Jawab Yesus, “Jikalau Aku memuliakan diri-Ku sendiri, maka kemuliaan-Ku itu sedikit pun tidak ada artinya. Bapa-Kulah yang memuliakan Aku, tentang siapa kamu berkata: Dia adalah Allah kami, padahal kamu tidak mengenal Dia, tetapi Aku mengenal Dia. Dan jika Aku berkata: Aku tidak mengenal Dia, maka Aku adalah pendusta, sama seperti kamu, tetapi Aku mengenal Dia dan aku menuruti firman-Nya. Abraham bapakmu bersukacita bahwa ia akan melihat hari-Ku dan ia telah melihatnya dan ia bersukacita.” Lalu kata para pemuka Yahudi itu kepada-Nya, “Umur-Mu belum lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?” Kata Yesus kepada mereka, “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, sebelum Abraham ada, Aku telah ada.” Lalu mereka mengambil batu untuk melem;pari Dia; tetapi Yesus menghilang dan meninggalkan Bait Allah. (Yoh 8:51-59).

    Sepanjang pembicaraan-Nya dengan para pemuka Yahudi, Yesus telah memberi indikasi tentang identitas-Nya. Hal ini membuat marah para lawan-Nya dalam proses komunikasi tersebut. Sampai titik ini, mereka telah mencap-Nya sebagai seorang pembohong, menuduh diri-Nya sebagai seorang Samaria dan kerasukan setan (lihat Yoh 8:48). Jadi, tidak mengherankanlah kalau mereka kemudian bertanya kepada-Nya: “Dengan siapa Engkau samakan diri-Mu?” (Yoh 8:53). Sungguh sukar bagi mereka untuk menerima apa yang dikatakan Yesus, bahwa diri-Nya lebih besar daripada Bapak Abraham (lihat Yoh 8:52-57). Akan tetapi, situasinya menjadi semakin “parah” ketika Yesus berkata: “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, sebelum Abraham ada, Aku telah ada” (Yoh 8:58). Karena pernyataan-Nya itu mereka mengambil batu untuk melempari Dia (lihat Yoh 8:59).

    Yoh 17:24, Yesus berdoa :
    Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan.
    Dihadirat Allah, Yesus sudah ada sebelum dunia di jadikan.

    Lalu.. siapa Yesus sebenarnya ? kenapa permulaannya ada sejak jaman dahulu kala, bahkan Yesus ada bersama Allah sebelum dunia dijadikan.

    Yesus adalah mahluk Roh yang pertama atau Malaikat pertama yang di jadikan
    oleh Alllah.

    Amsal 8:22-31, menjelaskan bahwa Yesus adalah ciptaan Allah yang pertama.
    8:22 TUHAN telah menciptakan aku sebagai permulaan pekerjaan-Nya, sebagai perbuatan-Nya yang pertama-tama dahulu kala.
    8:23 Sudah pada zaman purbakala aku dibentuk, pada mula pertama, sebelum bumi ada.
    8:24 Sebelum air samudera raya ada, aku telah lahir, sebelum ada sumber-sumber yang sarat dengan air.
    8:25 Sebelum gunung-gunung tertanam dan lebih dahulu dari pada bukit-bukit aku telah lahir;
    8:26 sebelum Ia membuat bumi dengan padang-padangnya atau debu dataran yang pertama.
    8:27 Ketika Ia mempersiapkan langit, aku di sana, ketika Ia menggaris kaki langit pada permukaan air samudera raya,
    8:28 ketika Ia menetapkan awan-awan di atas, dan mata air samudera raya meluap dengan deras,
    8:29 ketika Ia menentukan batas kepada laut, supaya air jangan melanggar titah-Nya, dan ketika Ia menetapkan dasar-dasar bumi,
    8:30 aku ada serta-Nya sebagai anak kesayangan, setiap hari aku menjadi kesenangan-Nya, dan senantiasa bermain-main di hadapan-Nya;
    8:31 aku bermain-main di atas muka bumi-Nya dan anak-anak manusia menjadi kesenanganku.

    Kesaksian Rasul Paulus juga menegaskan bahwa Yesus adalah permulaan ciptaan Allah, dengan kata lain Yesus adalah Malaikat pertama yang di ciptakan oleh Allah.
    Kolose 1:15-20
    Keutamaan Kristus
    1:15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan
    1:16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu , yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.
    1:17 Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.
    1:18 Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati , sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.
    1:19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,
    1:20 dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya , baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.

    Bahkan Yesus sesudah dibangkitkan dan berada di Sorga, menegaskan melalui sebuah wahyu yang di sampaikan kepada Yohanes, bahwa Dia adalah permulaan ciptaan Allah.
    Wahyu 1:1-3
    1:1 Inilah wahyu Yesus Kristus , yang dikaruniakan Allah kepada-Nya, supaya ditunjukkan-Nya kepada hamba-hamba-Nya apa yang harus segera terjadi. Dan oleh malaikat-Nya yang diutus-Nya, Ia telah menyatakannya kepada hamba-Nya Yohanes.
    1:2 Yohanes telah bersaksi tentang firman Allah dan tentang kesaksian yang diberikan oleh Yesus Kristus, yaitu segala sesuatu yang telah dilihatnya.
    1:3 Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini, dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya, sebab waktunya sudah dekat.
    dan di pasal 3:14, Yesus dengan tegas menyatakan bahwa Dia adalah “permulaan dari ciptaan Allah”

    Yesus ikut serta dalam proses penciptaan alam semesta, termasuk penciptaan manusia yang pertama Adam dan Hawa.
    Ibrani 1:1-4 menjelaskan hal itu ..”Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta”
    (Ibrani 1:1-4) Allah Berfirman dengan perantaraan Anak-Nya
    1:1 Setelah pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam pelbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi,
    1:2 maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.
    1:3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,
    1:4 jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka.

    Bagaimana Yesus yang berada di Sorga bisa berada di Bumi dan lahir sebagai manusia.

    Ini adalah hasil kerja Roh Suci Allah yang memindahkan kehidupan Yesus di Sorga untuk lahir sebagai manusia di bumi.
    Ibrani 1:5-13
    1:5 Karena kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu pernah Ia katakan: “Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini?” dan “Aku akan menjadi Bapa-Nya dan Ia akan menjadi Anak-Ku?”
    1:6 Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: “Semua malaikat Allah harus menyembah Dia.”
    1:7 Dan tentang malaikat-malaikat Ia berkata: “Yang membuat malaikat-malaikat-Nya menjadi badai dan pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api.”
    1:8 Tetapi tentang Anak Ia berkata: “Takhta-Mu, ya Allah, tetap untuk seterusnya dan selamanya, dan tongkat kerajaan-Mu adalah tongkat kebenaran.
    1:9 Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan; sebab itu Allah, Allah-Mu telah mengurapi Engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan, melebihi teman-teman sekutu-Mu.”
    1:10 Dan: “Pada mulanya, ya Tuhan, Engkau telah meletakkan dasar bumi, dan langit adalah buatan tangan-Mu.
    1:11 Semuanya itu akan binasa, tetapi Engkau tetap ada, dan semuanya itu akan menjadi usang seperti pakaian;
    1:12 seperti jubah akan Engkau gulungkan mereka, dan seperti persalinan mereka akan diubah, tetapi Engkau tetap sama, dan tahun-tahun-Mu tidak berkesudahan.”
    1:13 Dan kepada siapakah di antara malaikat-malaikat itu Ia pernah berkata: “Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuh-Mu menjadi tumpuan kaki-Mu?”

    Derajat Yesus pada saat di bumi sedikit lebih rendah dari pada Malaikat-Malaikat.
    Ibrani 2:5-9
    2:5 Sebab bukan kepada malaikat-malaikat telah Ia taklukkan dunia yang akan datang, yang kita bicarakan ini.
    2:6 Ada orang yang pernah memberi kesaksian di dalam suatu nas, katanya: “Apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya, atau anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?
    2:7 Namun Engkau telah membuatnya untuk waktu yang singkat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat,
    2:8 segala sesuatu telah Engkau taklukkan di bawah kaki-Nya. ” Sebab dalam menaklukkan segala sesuatu kepada-Nya, tidak ada suatupun yang Ia kecualikan, yang tidak takluk kepada-Nya. Tetapi sekarang ini belum kita lihat, bahwa segala sesuatu telah ditaklukkan kepada-Nya.
    2:9 Tetapi Dia, yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut, dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia mengalami maut bagi semua manusia.

    Dan di ayat-ayat berikut nya kita bisa lihat alasan2 mengapa Allah membawa putraNya untuk lahir sebagai manusia.
    Ibrani 2:10-18
    10: Sebab memang sesuai dengan keadaan Allah–yang bagi-Nya dan oleh-Nya segala sesuatu dijadikan–,yaitu Allah yang membawa banyak orang kepada kemuliaan, juga menyempurnakan Yesus, yang memimpin mereka kepada keselamatan, dengan penderitaan.

    11: Sebab Ia yang menguduskan dan mereka yang dikuduskan, mereka semua berasal dari Satu; itulah sebabnya Ia tidak malu menyebut mereka saudara,

    12: kata-Nya: “Aku akan memberitakan nama-Mu kepada saudara-saudara-Ku, dan memuji-muji Engkau di tengah-tengah jemaat,”

    13: dan lagi: “Aku akan menaruh kepercayaan kepada-Nya,” dan lagi: “Sesungguhnya, inilah Aku dan anak-anak yang telah diberikan Allah kepada-Ku.”

    14: Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut;

    15: dan supaya dengan jalan demikian Ia membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut.

    16: Sebab sesungguhnya, bukan malaikat-malaikat yang Ia kasihani, tetapi keturunan Abraham yang Ia kasihani.

    17: Itulah sebabnya, maka dalam segala hal Ia harus disamakan dengan saudara-saudara-Nya, supaya Ia menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan dan yang setia kepada Allah untuk mendamaikan dosa seluruh bangsa.

    18: Sebab oleh karena Ia sendiri telah menderita karena pencobaan, maka Ia dapat menolong mereka yang dicobai.

    Mungkin cukup itu saja pembuktian saya bahwa Yesus adalah Anak Allah karena memang Yesus adalah Anak yang pertama dijadikan oleh Allah, Malaikat pertama yang diciptakan.

    Sebagai referensi malaikat2 di sorga di sebut sebagai Anak-Anak Allah.
    Ayub 1:8, “Pada suatu hari datanglah anak-anak Allah menghadap Tuhan..”

    Salam
    Hendharto

    • Dan di ayat-ayat berikut nya kita bisa lihat alasan2 mengapa Allah membawa putraNya untuk lahir sebagai manusia
      Ibrani 2:10-18
      10: Sebab memang sesuai dengan keadaan Allah–yang bagi-Nya dan oleh-Nya segala sesuatu dijadikan–,yaitu Allah yang membawa banyak orang kepada kemuliaan, juga menyempurnakan Yesus, yang memimpin mereka kepada keselamatan, dengan penderitaan. ini bisa diartikan bahwa antara Allah dan yesus berbeda karena Allah-lah yang menciptakan dan menyempurnakan yesus jd jelas yesus itu bukan tuhan.dan maksud Allah di firman ini supaya umat kristiani meneladani akhlak yg di punyai yesus dan juga mengamalkan apa yang disampaikan yesus.jd yesus itu bukan tuhan,memang dalam penciptaan makhluk, Allah lebih dulu menciptakan ruh sebelum menciptakan jasad,

    • mas hendarto tolong dibaca ini yaaaa,dengan membaca ini aq do’akan supaya anda di berikan hidayah oleh ALLAH tuhannya yesus. Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: “Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. (Matius 10:5-6)

      Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” (Matius 15:24)

      Aku (Yesus) tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.” (Yohanes 11:42)

      Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. (Yohanes 17:3)

      Aku (Yesus) berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya….Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa menerima orang yang Kuutus, ia menerima Aku, dan barangsiapa menerima Aku, ia menerima Dia (Bapa) yang mengutus Aku. (Yohanes 13:16,20)

      Kamu telah mendengar, bahwa Aku (Yesus) telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku. (Yohanes 14:28)

  3. ok , sekarang to do point aja , ga penting apakah yesus itu anak ALLAH ayau bukan , tapi yang penting yang mau gue tanya ke loe HENDHARTO ——– ” yesus itu TUHAN apa gak menurut agama loe , kalau LOE nganggap dia tuhan . berarti LOE dikategorikan kafir dan terancap masuk neraka ———————————————————————————————————-“Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: Sesungguhnya Allah ialah Al-Masih(yesus) putera Maryam.” (Al-Maidah: 17, 72)

    “Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: Bahwa Allah salah satu dari yang tiga(tritunggal), padahal sekali-kali tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.” (Al-Maidah: 73)

    “Sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.” (Al-Bayyinah: 6)

    ———————————————————————————————————-sekarang gini aja deh kalau nanti loe jawab yesus tuhan ! GUE BERI LOE 10 JUTA , kalau loe bisa cari ayatnya dalam injil perkataan yang keluar dari mulut YESUS yang mengatakan” ” AKU ADALAH TUHAN , MAKA SEMBAHLAH AKU ” ———————————————————————————————————LOE INGAT BAIK-BAIK , HARUS UCAPAN DARI MULUT YESUS SENDIRI , KALAU GA ADA , CEPAT2 DAH LOE TOBAT MASUK ISLAM , KARENA LOE TERANCAM API NERAKA gan !

  4. Para pelancong sudah menyusuri Ibu Kota London, Inggris, barangkali tidak pernah mengira siapa pemilik Bulgari, toko permata mewah di New Bond Street. Mereka juga mungkin tidak mengira Bank Altium Capital di pojokan Lapangan St. James dan dekat Pall Mall memiliki hubungan dengan kepausan.

    Rupanya memang begitu kenyataannya. Blok-blok perkantoran di salah satu kawasan termahal di London itu benar-benar kepunyaan Takhta Suci Vatikan.

    Gereja Katolik Roma bertahun-tahun membangun kerajaan investasi mereka di luar negeri dengan uang haram sogokan dari rezim Benito Mussolini sejak 1929. Ini sebagai balasan atas pengakuan Vatikan terhadap penguasa fasis dan otoritarian ini. Harta kotor Vatikan itu kini nilainya setara 500 juta pound sterling atau sekitar Rp 7,7 triliun, seperti dilansir surat kabar the Guardian Senin pekan lalu.

    Pada 2006, Vatikan menggelontorkan Rp 229,6 miliar buat membeli tanah berikut bangunan di kawasan Lapangan St.James. Takhta Suci juga memborong aset lainnya di New Bond Street nomor 168 dan di Kota Conventry. Mereka juga memiliki aparatmene-apartemen mewah di Ibu Kota Paris, Prancis, dan Swiss.

    Paling mengagetkan bagi sebagian orang adalah begitu lamanya Vatikan menerima aliran dana haram dari Musolini. Bangunan perkantoran di St. James 30 mereka beli lewat perusahaan bernama British Grolux Investments Ltd, juga memiliki aset lain di Negeri Tinga Singa itu. Perusahaan ini resmi terdaftar. Namun tidak disebutkan siapa pemilik sebenarnya, apalagi sampai muncul nama Vatikan.

    Yang terang-terangan tertulis pemegang saham perusahaan itu adalah dua bankir Katolik tersohor, yakni Direktur Utama Barclays Bank John Valley dan Robin Herbert, berkas bos bank dagang the Leopold Joseph. Permintaan konfirmasi oleh Guardian kepada dua pejbata ini tidak mendapat jawaban.

    Sekretaris perusahaan John Jenkins juga menyangkal perusahaan ini milik Vatikan. Menurut dia, British Grolux Investments Ltd. milik serikat usaha. Tapi dia menolak menjelaskan lebih lanjut dengan alasan rahasia. “Saya tidak berwenang untuk memberikan informasi oleh klien saya,” ujarnya.

    Arsip sejarah menyebutkan British Grolux Investments Ltd. terbentuk pada 1999 dan merupakan gabungan dari dua perusahaan: British Grolux Ltd dan Cheylesmore Estates. Pemilik saham dari dua perusahaan ini beralamat di Bank JP Morgan, Kota New York, Amerika Serikat. Tapi kewenangan sepenuhnya dijalankan oleh perusahaan asal Swiss, Profima SA.

    Pihak Arsip Nasional Inggris membenarkan Profima SA adalah perusahaan induk milik Vatikan di saat perang Dunia Kedua menangani semua kegiatan bertentangan dengan kepentingan sekutu. Dokumen-dokumen pejabat Kementerian Ekonomi Perang Inggris waktu menyebutkan mereka mengecam Menteri Keuangan Vatikan Bernardino Nogara lantaran mengontrol investasi bernilai lebih dari 50 juta pound sterling atau sekitar Rp 766,3 miliar, fulus sogokan Musolini.

    Inggris berhasil menyadap kabel rahasia berisi kontak antara Nogara dan orang kepercayaannya di jenewa, Swiss pada 1945. Mereka membahas mengenai kemungkinan Profima SA dilarang beroperasi lantaran mengelola duit dari Musolini. Nogara ingin memindahkan saham dua perusahaan properti Prancis milik Vatikan ke perusahaan Swiss agar terhindar dari daftar hoitam keluaran pemerintah Prancis.

    Pada 1943, Inggris menuding Nogara melakukan bisnis kotor karena berusaha mengalihkan saham bank Italia ke Profima SA sebagai pemutihan. Ini digambarkan sebagai manipulasi keuangan Vatikan.

    Fulus sogokan dari Mussolini benar-benar mengangkat martabat Vatikan. “Kepausan sekarang sejahtera secara keuangan. Vatikan tidak akan pernah miskin lagi,” tulis sejarawan John Pollard dalam buku Money and the Rise of the Modern Papacy.

    Saat ini, urusan keuangan Vatikan dipegang oleh Paolo Mennini. Dia mengelapai sebuah lembaga luar biasa disebut APSA. Laporan Dewan Eropa tahun lalu menyebutkan aset dikelola oleh APSA bernilai Rp 8,7 triliun.

    Hingga artikel ini dilansir, Vatikan tetap bungkam.

  5. mas paijo, trnyata anda pengamat yg baik tp sayang.na anda hnya mncari kesalahan aja..
    ehm, pd awal dunia dciptakan manusia pertama kali yaitu nabi Adam, benar to??
    nah hingga trjadilah proses kelahiran hinnga keturunan nabi Yakub yang mmpunyai 12 anak dan disitulah asal mula Israel..
    jd knapa dpermasalahkan klo Tuhan Yesus brpesan untuk mencari umat Israel, toh kita jg kturunan Israel?? pada zaman dahulu semua bangsa kn brasal dari keturunan nabi Adam??
    untuk masalah gereja, itukan hnya oknum bukan Tuhan kita…
    sekarang ga usah jauh2 dech cari cerita.na..
    trnyata 90% pejabat yang trtangkap korupsi trnyata Muslim??
    harus.na anda mengingatkan Umat anda dlu, baru kalo umat anda sudah benar semua anda boleh mengingatkan kami umat Kristen
    sekarang uang yang anda pegang pun juga hasil korupsi walaupun anda tidak korupsi,
    apakah saya perlu posting berita2 korupsi negara kita sendiri??? yang bahwa semua pelaku.na Muslim??
    ngpain mikir jauh2 ksana?? knpa ga brpikir ke negara kita sendiri dulu??
    anda adalah tipe orang yg mncari kesalahan orang laen tanpa brcrmin dahulu

    trnyata anda kurang memahami makna yg trsirat, mungkin krna anda kurang hikmat dan pencerahan keadaan jiwa anda kali yak??
    saya tetap Bangga krna trnyata bnyak banget yg perhatian dengan Orang Kristen yach..
    trimakasih untuk pujian maut.na..:)
    salam damai untuk semua orang yg benar2 brcrmin pada ajaran masing2..:)

Silahkan Komentar dan Berbagi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s