KEBOHONGAN DAN KEMUNAFIKAN MUKJIZAT KRISTEN DI SNAYAN

Sudah lama bangsa Indonesia disuguhi adegan penyebaran agama melalui cara-cara ?penyembuhan ajaib? yang selain tidak masuk akal, juga sebenarnya melecehkan kalangan Kristen sendiri. Logikanya, jika para pendoa Kristen itu mampu menyembuhkan orang buta, lumpuh, pincang, dan sebagainya, lalu buat apa mereka membangun begitu banyak rumah sakit Kristen?

Beberapa waktu lalu, saat pro-kontra RUU Sisdiknas, beredar luas “VCD Gus Dur” yang didoakan oleh pendeta wanita AS dan diikuti oleh ribuan jemaat yang hadir. Mereka berdoa agar saat itu juga Tuhan membuka mata Gus Dur, sehingga dapat melihat. Sampai berulangkali doa itu itu dipanjatkan, ternyata Gus Dur tidak berubah.

Sekali lagi, jika formula pengobatan ajaib yang diklaim sebagai “mukjizat” oleh kaum Kristen itu memang ampuh, maka Depkes RI sebaiknya segera dibubarkan saja. Adalah ajaib, jika berita itu benar, menteri agama kita yang Prof. Dr. dan pakar dalam agama, mau menghadiri acara yang sudah begitu banyak menimbulkan pro-kontra di kalangan umat beragama.

Beginikah cara kaum Kristen menyebarkan agamanya kepada bangsa Indonesia? Dari segi pengembangan intelektualitas dan diskursus keagamaan, berita yang dibanggakan oleh Majalah Kristen itu menunjukkan, bahwa mereka sama sekali tidak mau memahami problematika teologis yang ada dalam agama mereka sendiri. Justru ketika mereka selalu menyebut Tuhan Yesus, maka disitulah, sejak ratusan tahun lalu, sejak awal-awal masa Kekristenan, problematika yang paling mendasar dalam teologi Kristen muncul. Mereka belum pernah selesai dalam mendefinisikan siapa sebenarnya yang mereka sebut dengan Yesus itu. Apakah dia manusia, atau dia Tuhan.

Apakah dia manusia dan sekaligus Tuhan. Atau dia memang Tuhan. Sejak dulu, hingga kini, perdebatan seputar ketuhanan Yesus berlangsung sengit. Dr. C. Groenen ofm, seorang teolog Belanda, mencatat, bahwa seluruh permasalahan kristologi di dunia Barat berasal dari kenyataan bahwa di dunia Barat, Tuhan menjadi satu problem. Setelah membahas perkembangan pemikiran tentang Yesus Kristus (Kristologi) dari para pemikir dan teolog Kristen yang berpengaruh, ia sampai pada kesimpulan, bahwa kekacauan para pemikir Kristen di dunia Barat hanya mencerminkan kesimpangsiuran kultural di Barat. “Kesimpang siuran itu merupakan akibat sejarah kebudayaan dunia Barat,” tulis Groenen. Dalam buku Sejarah Dogma Kristologi: Perkembangan Pemikiran tentang Yesus Kristus pada Umat Kristen (1988).

Setelah membahas puluhan konsep para teolog besar di era Barat modern, Groenen memang akhirnya “menyerah” dan “lelah”, lalu sampai pada kesimpulan klasik, bahwa konsep Kristen tentang Yesus memang “misterius” dan tidak dapat dijangkau oleh akal manusia. Sebab itu, jangan dipikirkan. Kata dia: “Iman tidak tergantung pada pemikiran dan spekulasi para teolog. Yesus Kristus, relevansi dan kebenaran abadi-Nya, akhirnya hanya tercapai dengan hati yang beriman dan berkasih. Yesus Kristus, Kebenaran, selalu lebih besar dari otak manusia, meski otak itu sangat cerdas dan tajam sekali pun.”

Sepanjang sejarah peradaan Barat, terjadi banyak problema serius dalam perdebatan teologis Kristen. Di zaman pertengahan, rasio harus disubordinasikan kepada kepercayaan Kristen. Akal dan filosofi di zaman pertengahan tidak digunakan untuk mengkritisi atau menentang doktrin-doktrin kepercayaan Kristen, tetapi digunakan untuk mengklarifikasi, menjelaskan, dan menunjangnya. Sejumlah ilmuwan seperti Saint Anselm, Abelard, dan Thomas Aquinas mencoba memadukan antara akal (reason) dan teks Bible (revelation).

Problema yang kemudian muncul ialah, ketika para ilmuwan dan pemikir diminta mensubordinasikan dan menundukkan semua pemikirannya kepada teks Bible dan otoritas Gereja, justru pada kedua hal itulah terletak problema itu sendiri. Disamping menghadapi problema otentisitas, Bible juga memuat hal-hal yang bertentangan dengan akal dan perkembangan ilmu pengatahuan. Sejumlah ilmuwan mengalami benturan dengan Gereja dalam soal ilmu pengatahuan, seperti Gelileo Galilei (1546-1642) dan Nicolaus Copernicus (1473-1543). Bahkan Giordano Bruno (1548-1600), pengagum Nicolaus Copernicus, dibakar hidup-hidup.

Thomas Aquinas mengungkapkan konsep teologi Kristen dengan kata-katanya: “deum esse trinum et unum est solum creditum, et nullo modo potest demonstrative probari” (That God is three and one is only known by belief, and it is in no way possible for this to be demonstratively proven by reason).

Konsep ketuhanan Yesus yang dirumuskan dalam Konsili Nicea, tahun 325, sudah memunculkan problem serius dan kontroversial tentang “ketuhanan Yesus”. Bagaimana menjelaskan kepada akal yang sehat, bahwa Yesus adalah “Tuhan” dan sekaligus “manusia”. Apa yang disebut kaum Katolik sebagai “Syahadat Nicea”, secara eksplisit mengutuk pemikiran Arius, seorang imam Alexandria yang lahir tahun 280. Arius didukung sejumlah Uskup menyebarkan pemahaman bahwa Yesus bukanlah Tuhan adalah tunggal, esa, transenden, dan tak tercapai oleh manusia. Yesus adalah “Firman Allah” yang secara metafor boleh disebut “Anak Allah” bukanlah Tuhan,tetapi makhluk, ciptaan, dan tidak kekal abadi.

“Syahadat Nicea” menyatakan: “Kami percaya pada satu Allah, Bapa Yang Mahakuasa, Pencipta segala yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan. Dan pada satu Tuhan Yesus Kristus, Putra Allah, Putra Tunggal yang dikandung dari Allah, yang berasal dari hakikat Bapa, Allah dari Allah, terang dari terang, Allah benar dari Allah Benar, dilahirkan tetapi tidak diciptakan, sehakikat dengan Bapa, melalui dia segala sesuatu menjadi ada” (Lihat, C. Groenen, Sejarah Dogma Kristologi, dan buku Konsili-konsili Gereja karya Norman P. Tanner, (Yogyakarta, Kanisius, 2003).

Simaklah, bagaimana perdebatan tentang “Syahadat Kristen” yang menjadi perbincangan dan kontroversi hebat dalam sejarah Kristen. Konsili Efesus, tahun 431, melarang perubahan apa pun pada “Syahadat Nicea”, dengan ancaman kutukan Gereja (anathema). Namun, Konsili Kalsedon, tahun 451, mengubah “Syahadat Nicea”. Kutukan terhadap Arius dihapuskan. Naskah syahadat Konsili Kalsedon berasal dari konsili local di Konstantinopel tahun 381. Sebab, naskah edisi tahun 325 dianggap sudah tidak memadai untuk berhadapan dengan situasi baru. Kalangan teolog Kristen ada yang menyebut bahwa naskah tahun 381 adalah penyempurnaan naskah tahun 325, tanpa mengorbankan disiplin teologisnya. Naskah syahadat itu di kalangan sarjana disebut “Syahadat dari Nicea dan Konstantinopel” disingkat N-C. Naskah syahadat N-C ini hingga sekarang masih menjadi naskah syahadat penting dari kebanyakan Gereja Kristiani. Namun, pada Konsili Toledo III di Spanyol tahun 589, Gereja Barat melakukan tambahan frasa “dan Putra” (Filioque), pada penggal kalimat “dan akan Roh Kudus” yang berasal dari Bapa”.

Penambahan itu dimaksudkan untuk menekankan keilahian dan kesetaraan antara Putra dengan Bapa. Paus, yang mulanya menolak penambahan itu, akhirnya menerima dan mendukungnya. Namun, Gereja Timur menolak, karena melanggar Konsili Efesus. Penambahan ini kemudian menjadi penyebab utama terjadinya “skisma”, perpecahan antara dua Gereja (Barat dan Timur) pada abad ke-11.

Konsili Vatikan II juga membuat perubahan kecil pada Syahadat N-C, dengan mengganti kata pembuka “Aku percaya” menjadi “Kami percaya”. (Norman P. Tanner, Konsili-konsili Gereja).

Perdebatan seputar Yesus bahkan pernah menyentuh aspek yang lebih jauh lagi, yakni mempertanyakan, apakah sosok Yesus itu benar-benar ada atau sekedar tokoh fiktif dan simbolik? Pendapat seperti ini pernah dikemukakan oleh Arthur Drews (1865-1935) dan seorang pengikutnya William Benjamin Smith (1850-1934). (Lihat, Howard Clark Kee, Jesus in History, (New York: Harcourt, Brace&World Inc, 1970).

Bahkan, perdebatan seputar Yesus itu kadangkala sampai menyentuh aspek moralitas Yesus sendiri dalam aspek sexual. Marthin Luther sendiri dilaporkan menyebutkan , bahwa Yesus berzina seban yak tiga kali. Arnold Lunn, dalam bukunya, The Revolda Against Reason, (London: Eyre&Spottiswoode, 1950), hal. 233, mencatat: “Weimer quoted a passage from the Table-Talk, in which Luther states that Christ committed adultary three times, first with the woman at the well, secondly with Mary Magdalene, and thirdly with the woman taken adultary, “whom he let off so lightly. Thus even Christ who was so holy had to commit adultary before he died.”

Bahkan, The Times, edisi 28 Juli 1967, mengutip ucapan Canon Hugh Montefiore, dalam konferensi tokoh-tokoh Gereja di Oxford tahun 1967: “Women were his friends, but it is men he is said to have loved. The stricking fact was that he remained unmarried, and men who did not marry usually had one of three reasons: they could not afford it; there were no girls, or they were homosexual in nature..” (Dikutip dari: Muhammad Musthafa al-A’zhami, The History of The Quranic Text, from Revelation to Compilation: A Comparative Study with the Old and New Testament, (Leicester: UK Islamic Academy, 2003)

Perdebatan seputar Yesus memang tidak berkesudahan. padahal, di atas landasan inilah, teologi Kristen ditegakkan. Pada awal-awal kekristenan, mereka ingin menonjolkan aspek ketuhanan Yesus. Tetapi, teolog-teolog modern kemudian ingin menonjolkan aspek kemanusiaan Yesus, mendekati gagasan Arius yang dulu dikutuk Gereja. Menyimak perdebatan tentang Yesus yang tiada henti itu, maka teolog Kristen seperti Groenen membuat teori “pokoknya”, bahwa meskipun pemikiran kaum Kristen tentang Yesus Kristus berbeda-beda, tetapi Yesus tetap tidak berubah. Yesus tetaplah Yesus.

Argumentasi Groenen semacam ini tentu sulit dipahami oleh kalangan teolog yang sejak dahulu kala berusaha merumuskan pemahaman tentang Yesus, namun tidak pernah mencapai titik temu. Kepelikan itu bisa dipahami, mengingat Yesus sendiri tidak pernah menyatakan, bahwa dia adalah Tuhan. Paul Young, dalam bukunya, Christianity, mencatat, bahwa seluruh penulis Perjanjian Baru menekankan hakikat kemanusiaan Yesus. Ia lapar, haus, dan lelah, sebagaimana manusia lainnya. Ia juga punya emosi, bisa sedih dan senang. Tetapi, beratus tahun kemudian, Yesus dirumuskan dan disembah sebagai Tuhan. “This Jesus, a real human being, is the focus of Christian worship. Such worship contrasts sharply with all other great world religion,” tulis Young. Tentang kepelikan seputar “misteri Yesus”, Mark Twain membuat sindiran: “It’s not the parts of the Bible which I can’t understand that bother me, it’s the parts that I can understand.” Bukan bagian Bible yang tidak dipahaminya yang meresahkannya, tetapi justru bagian yang ia pahami.

Kontroversi dalam soal teologi seperti dalam sejarah Kristen semacam itu tidak dijumpai dalam Islam. Mengingat begitu hebatnya kontroversi teologis Kristen dan trauma Barat terhadap hegemoni Gereja ketika mereka memegang doktrin eksklusivisme teologis (extra ecclesiam nulla salus), bisa dipahami jika mereka lebih menyukai pengembangan paham pluralisme agama.

Kondisi Islam sama sekali berbeda. Dasar-dasar teologi Islam sudah dirumuskan dan sudah sangat jelas, sejak awal Islam lahir, serta tidak pernah diputuskan melalui satu “kongres”, musyawarah, atau “konsili”. Karena itu, sejak awal kelahirannya, Islam memang sudah sempurna. Konsep teologi dan ibadah dalam Islam sudah selesai dirumuskan. Bahkan, sebagai agama, nama “Islam” pun sudah diberikan oleh Allah. (QS al-Maidah:3).

Sebaliknya, Konsep Kristen tentang tuhannya dirumuskan melalui Kongres, dan hingga kini masih saja memunculkan kontroversi, sehingga banyak memunculkan apatisme di kalangan masyarakat Barat. Hanya sebagian kecil kalangan Kristen yang nekad, menyebarkan agamanya kepada kaum Muslim, dengan cara-cara seperti di Stadiun Bung Karno itu. Yang perlu diacungi jempol, meskipun berdiri di atas landasan yang rapuh, tetapi kelompok kristen di Senayan itu nekad; alias bonek, “bondo nekad”.

Wallahu a’lam.

***

OLEH ADIAN HUSAINI DAN PENGURANGAN SEDIKIT UNTUK MEMPERSINGKAT^_^

127 Comments

  1. sebenarnya bukan masalah penyembuhan yg dilakukan pendeta akhirnya menuhankan pendeta…ini adalah masalah mendekatkan manusia kepada Tuhan dan diharapkan untuk mempercayai Tuhan 100%. Apabila anda percaya Tuhan dan pasrah serta dekat dengan Tuhan , maka tidak mustahil mujizat itu pasti ada. umat kristen tidak minta bantuan jin / setan atau makhluk astral lainnya , umat kristen hanya minta bantuan Tuhan. penyakit tidak dipindahkan ke binatang tapi langsung disembuhkan oleh Tuhan. bila anda menyembah Tuhan pastilah anda percaya. ini bukan merupakan bentuk dari penyebaran kristen , tapi ini hanya untuk menebalkan umat kristen untuk selalu dekat dengan Tuhannya , bukan dengan kebencian , kecurigaan dan permusuhan ; karena disitulah ada damai dan sejahtera. yang diundang sebenarnya khusus kristen , mengapa anda merasa curiga dengan kegiatan ini. Kegiatan ini bertujuan baik , tidak memprovokasi , tidak memanas-manasi , tidak menimbulkan rasa benci,tidak memberikan hal-hal yg musyrik atau menyembah setan , tapi hanya menimbulkan kedamaian dan kedekatan akan Allah. JADI MENGAPA ANDA TAKUT DAN PENUH CURIGA…? ANEH BUKAN..?

    • maaf jelas2 ada bukti dari argumen di atas KALAU PENDETA DAPAT MENYEMBUHKAN SEGALA MACAM DAN SEGALA JENIS PENYAKIT LALU UNTUK APA MEREKA MEMBANGUN BEGITU BANYAK RUMAH SAKIT KRISTEN?, ITU SEMUA UNTUK APA???

      kami tidak pernah bilang kalau apa yang para pendeta lakukan itu bertujuan untuk memanas-manaskan ataupun memprovokasi tetapi kami hanya menegakkan kebenar agar semua orang tidak terkecoh dengan trik semacam yang di lakukan para pendeta,

      bukti nya lagi kalau hal yang di lakukan oleh para pendeta iti memang ampuh dapat menyembuhkan segala macam penyakit lalu kenapa GUSDUR TIDAK SEMBUH SAAT DI DOAKAN OLEH PENDETA WANITA AS? itu di doakan nya bukan hanya sekali loh tapi lebih dari satu kali….

      Ok, kalau anda benar2 berpegang teguh pada keyakinan anda bahwa yang dilakukan oleh para pendeta itu memang ampuh dapat menyembuhkan segala macam penyakit. SAYA TANTANG ANDA untuk menyiapkan seluruh pendeta yang dekat dengan tuhan dan yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit, dan saya akan mengumpulkan orang2 yang memiliki penyakit dan orang2 yang akan menyaksikan apa yang di lakukan oleh pendeta saya akan mengumpulkan orang2 dari berbagai macam agama termasuk islam dan nasrani (kristen).

  2. itu karna ada terdapat suatu kegelapan di hati nya yang gelap makanya enggak bisa berpikir lurus!
    kenapa hanya agama kristen ? kenap enggak katolik atau buddha ? atau hindu ?
    itu karna yang nulis blog ini menulis tanpa tau artinya !

  3. di dalam injil tdk ada di tulis kn bahwasa nya Tuhan Yesus melakukan zinah,,
    coba anda sebut kn di qur’an ‘apakah Tuhan Yesus melakukan zinah’?
    Klo memang islam itu adalah agama yg benar ‘mengapa islam lebih mempriotas kn jihad ala perang/membunuh dari pada mengajar kn KASIH’?

    • Utk pa daniel, islam hanya mengajarkan berjihad utk mempertahankan diri dan dari kaum yg mengganggu diri atau agamanya. Dan ketika jaman nabi kami tercinta SAW kaum muslim dan lainnya hidup berdampingan, bahkan ada non muslim yang menjadai salah satu staf ketika di madinah. Jd tulisan anda itu dasarnya dari mana ? Dari media ??
      Coba anda renungkan, peristiwa seperti berikut :

    • Pak Daniel. Sudah sangat jelas anda terhasut Doktrin gereja yang bertugas menjelekkan islam pada umatnya. Saya pernah melihat salah satu video khotbah pendeta yang berbicara tentang islam. Sedih, sebegitu piciknya kaum gereja menyebarkan doktrin hasutan dan kebohongan tentang islam.
      Islam lah agama yang mengajarkan kasih sayang, bahkan terhadap binatang. Itu sebabnya kami harus menyembelih sapi/kambing sblum dimakan. bahkan nyamukpun kami disarankan untuk tidak di tepuk, melainkan hanya ditiup.
      Di dalam al-qur’an memang tidak mungkin ada yang menyatakan yesus melakukan zina, karena yesus (Isa AS) adalah nabi juga didalam Islam.

      Kenapa kaum kristen selalu memfitnah dengan mengatakan islam memprioritaskan perang dan membunuh.
      Buka mata hati pak, buka wawasan tentang islam..Bukan dari siapa, bukan dari mana, bukan dari tv, radio, youtube, facebook, dll. Tp dari 1sumber yang tidak pernah berubah, dimanapun letaknya, siapapun yang memilikinya. Al-Quran.
      Kurangi kebencian anda, Maka akan bertambah pengetahuan anda.
      Baca..
      Iman bukan hanya percaya, tapi juga dengan akal fikiran.
      Itulah kenapa Tuhan (Allah swt) menciptakan akal fikiran untuk manusia.
      Semoga pemikiran Bapak terbuka, dan tidak hanya mendengar doktrin satu pihak.

  4. ngga ada yang mustahil cuy…. Simon Petrus (rasul Yesus) menyembuhkan orang di dalam nama Yesus Kristus.. Karena Simon Petrus punya iman kepada Yesus Kristus, jadi mujizat pun terjadi….

    Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. (Matius 28:18)

    Ngga perlu untuk menutup depkes atau apa pun karena itu juga memang dibutuhkan, manusia punya akal, pengetahuan, pikiran, ilmu, harus ada wadahnya. Karena yang memberi pikiran, akal, juga adalah Tuhan.. Ingat Kesembuhan Ilahi di dalam nama Tuhan Yesus Kristus hanya terjadi ketika KuasaNya mengalir melalui tangan manusia yang menyembuhkan dalam namaNya (Yesus Kristus)

    • atas dasar iman yang kuat dan bukti keterangan dari al kitab bahwa dengan keimanan yg kuat dia tidak akan mati sekalupun makan bisa ular yang sangat kuat dan memang…setelah dicoba oleh pendeta…..hasilnya……mati brow…..( coba lihat di youtube.). Ada lagi yg mau membuktikan ? Atau pura pura tidak tahu ada ayat injil itu…… Firman tuhan tidak mungkin salah…yg pasti salah adalah manusia. Itulah injil yang dikarang oleh manusia…bukan firman tuhan. Mengenai pendeta yg bs mengobati……sadarlah kawan….itu bantuan jin dengan membawa nama tuhan. Ingin bukti ? Coba pendeta itu kepada orang islam yang suka merukyah…disuruh mendengarkan ayat ayat Qur’an…..ada reaksi tidak?

      • ada pendeta kaya gitu? berarti pendeta itu tidak memahami isi alkitab, di alkitab tertulis jangan mencobai Tuhan!!
        Tentang ayat yang tertulis mengenai bisa/racun maksudnya adalah jika kita diracuni orang/ kita terkena racun tanpa adanya kehendak dari diri kita sendiri maka dengan iman racun itu tidak akan berdampak pada diri kita.
        Sebaliknya apa yg dilakukan pendeta tersebut adalah mencobai Tuhan atau bisa disebut Bunuh Diri, tentu saja pendeta tersebut akan mati dan tidak akan mendapatkan keselamatan kekal kristus.
        Bagaimana kematian muhammad yg diracun?

  5. menurutku kristen sekarang g ada yg mempunyai mukjizat,yg diagung agungkan kan cm mukjizatnya yesus sedangkan pengikutnya nol mukjizat.kalah sama islam yg dalam alquran terdapat mukjizat yg sangat luar biasa dibanding injil.bukti banyak ulama/kiai yang mempunyai ilmu kanuragan tinggi,lain sm pendeta.maksud diberi kuasa dibumi yaitu kuasa g tahan disalib,kuasa g tau musim buah ara,kuasa lapar g nemuin yang akan dimakan,kuasa g tau kiamat,kuasa dicobai iblis sampe dibawa kegunung yg tinggi,kuasa ketakutan sewaktu mau disalib,kuasa gak tahan infeksi paku berkarat,kuasa g punya kendaraan sampe nyuruh muridnya nyuri keledai dikampung sebelah..cuy

  6. Ada yg tdk punya kuasa tuhan? sejatinya Tuhan! sehingga klo kitab dan nabinya.. mrsa di lecehkan, pdhal krn perbuatanya..maka ada fatwa golok,batu, balok kayu,bambu dll. itulah kuasa tuhanmu? Tdk usah pergi jauh2 untuk menyaksikan kuasa itu? kemarin di bandung ada berita nyata tentang kuasa tuhanmu!!???? Itulah yg di sebut indah??

  7. kalau anda mau mencari kesaksian mujizat kesembuhan, kelepasan roh jahat, keberhasilan hidup, lolos dari masalah, pertolongan Tuhan kristen, anda akan mudah mendapatkannya baik itu di dunia maya maupun dunia nyata. silahkan anda cari sendiri. Tapi kalau mau mencari kesaksian mujizat muslim susahnya minta ampun. paling yang didapat mujizat foto-foto dan kisah-kisah dongeng yang tidak ada gunanya untuk kehidupan

  8. apa salah kami, kami hanya ingin beragama dengan cara kami sendiri, kami melakuan perbuatan2 ajaib dalam nama juruselamat kami Tuhan Yesus Kristus. apakah saudara (admin) merasa risih terhadap mukjizat dalam nama Tuhan kami. sebegitu piciknya akhlak saudara terhadap kami. Apakah saudara ingin tahu sebutan kami terhadap orang non-kristen? kami sebut mereka domba yang hilang dan saudara menyebut kami kafir karena memang begitulah yang tertulis dalam kitab kita masing2. tahukah saudara bahwa hal itu (mukjizat kristen) terjadi karena Tuhan kami sendiri yang sudah menjanjikannya terhadap kami. kami memgang janji itu dan Tuhan kami menggenapinya dalam kehidupan kekristenan kami. Kalau soal Gus Dur yang di doakan tapi tidak terjadi apa2 itu adalah rahasia Tuhan tapi coba pertimbangkan pemahaman saya terhadap peristiwa itu bahwa MUNGKIN Tuhan punya rencana lain terhadap Beliau karena walaupun cacat fisik tetapi mental beliau jika dibandingkan dengan saudara? Silahkan saudara jawab sendiri. Beliaulah pemimpin yang terpilih secara demokrasi pertama kali di negeri ini dan menjadi presiden untuk 200juta rakyat bangsa indonesia. Suara rakyat adalah suara Tuhan.
    Begitu piciknya pemikiran saudara kiranya Tuhan mengampuni saudara dalam hal artikel saudara ini. saudara mungkin bisa menggoyahkan iman orang2 kristen yang lain yang belum mengalami mukjizat dalam dalam nama Tuhan Yesus tapi bagi orang seperti saya yang telah mengalaminya tidak ada hikmat didunia ini yang bisa mematahkan iman saya.adalah lebih baik bagi saudara untuk mempelajari Al quran dan merenungkannya mungkin Tuhan akan membuka hikmat saudara tentang rahasia quran bagi saudara dan membaginya dengan sesama muslim -bukankah ini juga berjihad- dan mempostingnya ke blog saudara jangan ragu jika blog anda sepi pengunjung itu adalah cara Tuhan untuk menyaring

  9. Walah ribut soal agama,knapa anda percaya kpda agama? itu karana anda didik dari kecil tentang agama anda yg yang bagus atau baik dan sedikit banyaknya mencela agama lain dan ajaran itu sudah tertancap dalam di hati Anda, tp maukah anda belajar dari agama oranglain tanpa memakai doktrin anda? jka anda mau,komentar komentar anda tentang agama lain tidak sebobrok ini.

  10. dalam batas tertentu saya setuju dengan tulisan di atas, sebagai orang kristen saya malu dengan model “Kristen Mujizat”. hati saya berkata mereka itu para pemberita injil yang tidak tahu Injil. alias orang-orang buta menuntun orang buta. hasil akhirnya seperti yang dikatakan Yesus dalam matius 7:22,23.

    dalam batas tertentu saya juga setuju dengan tulisan di atas, bahwa dontrin kristen hingga ini tidak satu warna. ada pertentangan teologis itu benar. sekalipun tulisan di atas tujuannya hanya mencari-cari kesalahan agama lain, padahal dunia islam sendiri banyak yang diragukan kebenarannya! persoalannya kalau di islam itu kalau ada orang mulai kritis lalu dianggap menghina agama, darahnya dihalalkan…dst.

    terang sekali si penulis tidak menguasai dunia islam, pertentangan-pertentangan yang terjadi, bahkan saling bunuh demi mempertahankan ajarannya; ia tidak tahu bagaimana ayat-ayat quran dikumpulkan dan lalu dijadika satu kitab; bahkan soal kiblat salat pun bisa menjadi bara api yang saling serang satu sama lain; tanggal dimulai berpuasa pun tidak satu pandangan…

    jadi saya sarankan penulis artikel di atas untuk lebih jujur mendalami agamanya sendiri. jangan sampai pepatah ini kena: “kuman di seberang lautan di lihat, pahal BALOK di matanya nempel nddak di rasakan ada”

  11. buat yang muslim jangan picu perdebatan,,,,
    buat yang kristen jangan terpicu amarah….
    ingat kita ini harusnya saling memahami…..
    saya sebagai muslim miris knapa islam dan kristen slalu berdebat,,,,
    tak bisa kah kita saling memahami…..
    gunanya agam tu kan supaya batin tenang….
    bukan maksud menyindir yang muslim,,,
    tolong yang seiman dengan saya,,,,,
    baca lagi (QS. AL-KAFIRUN :6)

  12. Mainan kayak gitu (pengobatan ajaib) seperti tukang obat (medicine man) dipinggir jalan merupakan pembodohan publik;
    1. caranya orang lumpuh (pura2) digendong di doa doa bisa jalan puji tuhan
    2. orang buta (matanya putih ) akting dibalik keatas di doa 2 melek
    3. tanyatu sama team sukses acara (malu enggak kalau baca ini)
    memang kah ada orang suci mamerin doa nya di pinggir jalan ? di gedung-gedung apa nggak dibayar sama panitia (weleh), kayaknya orang suci masa pamer begitu rek.(kan bisa sembunyi2 sama umatnya)

  13. Tuhan Yesus tidak melakukan zinah tidak dapat dibuktikan..? kalau Muhammad bin Abdulah yang dikatakan muslim nabi termuliah, banyak terbukdi dia melakukan zinah;
    salah satunya saya dapat membuktikan, nabi cabul Muhammad melakukan perzinahan dengan Marya babunya Hafsa istri Muhammad…Hafsa marah-marah pada nabi cabul Muhammad terdapat nabi cabul Muhammad lagi ganyang Marya dirumahnya Hafsa, padahal saat Muhammad harus tidur bersama Hafsa….?

    Ini terbukti perzinahan nabi cabul Muhammad….begitupun nabi cabul Muhammad merampas istri Zaid….dan Zaenab harus dicereikan oleh Zaid kata nabi cabul Muhammad dari ‘LIDAH ULARNYA DIA BERKATA: ALLAH TELAH NIKAHKAN AKU DENGAN ZAENAB DISURGA.

  14. bukti nabi cabul mana weh? -,-
    klo kristen bner, knp kitabnya ada banyak versi, dan kenapa pihak gereja tidak berani membuka injil asli yang belum lama ini ditemukan?
    di sini kristenya pada sok alim, ga sadar klo sering ada pembantaian umat muslim oleh kristen,

    • Sedikit memberikan pandangan kepada saudara yang berdebat… Jika saudara dilahirkan di india kemungkinan besar anda beragama hindu. Jika anda dilahirkan di arab kemungkinan anda akan beragama islam… Jika anda dilahirkan di israel kemungkinan besar anda beragama kristen…. Nah posisi anda sekarang di indonesia. Kita warga negara indonesia hanyalah pemerima ajaran agama…. Masalah kebenaran peristiwa jaman dahulu kala otomatis adalah pertanyaan yg sudah pasti kita tidak tahu kenenarannya, karena semua informasi yg datang ke indonesia pasti tulisan manusia..
      jadi menurut saya kaliam yg saling menghina menunjukkan kebodohan kalian saja
      Karena sebanarnya saya sangat yakin tuhan maha pengasih, penyayang , dan maha segalannya… Jadi akal manusia tidak akan pernah dapat menembus pemikiran Allah. Yg membuat manusia emosi adalah setan…. Jd kesimpulannya kalian sebenarnya sedang membiarkan diri kalian di atur oleh setan… Maka bertobatlah sebab sifat tuhan tidak ada penghinaan sesama manusia….. Ingat itu…. Pease

    • saya punya paman seorang haji bahkan naik haji 2x suatu saat dia sakit di rumah sakit dan mati suri di dalam perjalanan dia di temuai oleh dua orang malaikat, malaikat itu menunjukan semua tempat ibadah, pertama di ketempat ibadah orang hindu disana sangat gelap dan hening, kedua dia ke tempat muslim di sana sangat rame tapi gelap, terakhir dia ke tempat orang kristen di sana sangat indah dan begitu meriah, dia bilang kepada maiakat itu untuk masuk kesana tapi di tolak malaikat itu dan dia di tendang samapai akhirnya bangun dari mati surinya di bingung tiba-tiba ada di rumah sakit padahal dia rasa dia sedang tidur, setelah kejadian itu dia membuat semua keluarganya berubah menjadi kristen.

  15. Heh, aku gak terima kalain berargumen demikian… asal kalian tau quran islam tu menjiplak 80% dari ALKITAB dan sebagian besar menjiplak perjanjian lama. bagaimana bisa dianggap benar? sedangkan quran saja banyak membahas tantang cabul, hukuman, ada juga bacaan supaya bisa masuk surga. #BULLSHIITTT kalo bisa kaya gitu tiap hari jadi penjahat habis itu baru baca tuh ayat masuk sorga deh kkkkkk
    kemudian cari tau dulu TRITUNGGAL baru ngomong. Tuhan itu tidak bisa di pahami manusia untuk itu Tuhan hanya butuh kepercayaan & kepatuhan padaNya.
    kalian sendiri tidak pernah membaca secara keseluruhan isi ALKITAB sudah nyerocos, kalian hanya mengacu pada sebagian ayat saja..kalian tu gak jauh beda sama pendiri islam, sok alim nyatanya suka main cewek,.kalo umatnya, sok alim tapi tukang bom, tukang cabul,pengolok, pendusta..
    SADAR WOY! yang kalian hina itu nabi isa juga kan apa pantas???.??????
    fuck muslim si tukang jiplak yang sok alim DEMI @$%&’
    ITU GAYA KALIAN

  16. Nabi kita ( NAbi Muhammad SAW) tidak pernah menagajarkan untuk menghina agama lain, Beliau mengajarkan untuk menghormati Agama lain,,,,,,,Agama mu ya agama mu, Agamaku ya Agamaku…(QS. Al Kafirun)

  17. Allah menyuruh kita supaya saling mengsihi sesama manusia,dari komen teman-teman pastinya sudah ada rasa kebencian.dan tidak ada lg kasih. dsisitu saudara2 sudah berdosa .jadi tidak usah komen yang buruk2 walaupn saudara tidak percaya…

  18. Semua agama itu baik,fungsi agama untuk menuntun manusia agar hidup damai,penuh kasih dan peduli sesama manusia,agama tidak mengajarkan untuk saling mehina,memghujat,membunuh dan kekerasan lainnya,,jika kalian ingin tau agma mana yg paling benar, matilah dulu baru bisa tau tentang kebenarannya
    Jqngan menghabiskan waktu untuk hal yg ga penting seperti ini,habiskanlah waktu anda2 sekalian untuk berbuat baik kepada sasama,,
    God bless u,
    Wasalam

  19. coba kalian semua umat kristen cari “yahhya waloni”di google.dia itu masternya bibble.
    Nama :
    Muhammad Yahaya Waloni (islam)
    Yahya Yopi Waloni (kristen)

    Tempat Tanggal Lahir :
    Manado, 30 November 1970

    Pendidikan:
    SD: 1976-1982
    SMP: 1982-1985
    SMA: 1985-1987 (lompat karena prestasi)
    S1: 1996. Pendidikan Teologia. Sekolah Tinggi Teologhia Calvinis Manado
    S2: 1998. Filsafat Keilahian Yesus di Zeberot Gaza Israel
    S3: 2004. Penyelesaian Distersasi Program Doktoral Di Itali

    Aktivitas :
    Pendeta disalah satu gereja di Papua
    Pendiri Universitas Kristen Papua
    Rektor UKI
    kalo mau debat ama dia aja.dia sudah muslim

  20. Urun masukan mas .. Pengetahuan dan pengertian tentang alkitab berkembang dari zaman ke-zaman dan umat kristiani mengandalkan Roh kudus ( Yohanes 16:1-15 )
    Yohanes 16:2 .. kamu akan dikucilkan , bahkan akan datang saatnya bhw setiap orang yg membunuh kamu akan menyangka bhw ia berbuat bakti kpd Allah.

    Yohanes 16:13-15 .. Tetapi apabila ia datang , yaitu Roh Kebenaran , Ia akan memimpin kamu kedalam seluruh kebenaran; sebab Ia tdk akan berkata2 dari diriNya sendiri , tetapi segala sesuatu yg didengarkanNya itulah yg akan dikatakanNya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal2 yg akan datang.
    Ia akan memuliakan Aku (Yesus), sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yg diterimaNya dari padaKu . Segala sesuatu yg Bapa punya , adalah Aku punya ; sebab itu Aku berkata : Ia akan memberitakan kepadamu apa yg diterimaNya daripadaKu.

    Yohanes 1:1-5 .. Pada mulanya adalah Firman (Yesus) ; Firman itu bersama2 dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.3.Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia (Yesus) tidak ada suatupun yg telah jadi dari segala yg telah dijadikan.4.dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.5.Terang itu bercahaya didalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasaiNya.

    Semoga menjawab pertanyaan didalam artikel diatas dan menjadi rahmat bagi kita semua.

  21. Mengenai praktek penipuan kesembuhan Illahi kita doakan spy mereka bertobat karena hukumannya berat dan ada kemungkina para pendeta itu sudah disesatkan Iblis .. Kesimpulannya buka agama Kristen yg sesat.
    Mohon maaf bila ada yg salah dalam tulisan saya.
    Salam damai.

  22. Cmn Tuhanya kristen aja yg di pilih mcm lewat kongres…mana ada jendral dipilih oleh sekelompok kopral.jd klw dr awalnya sdh ga bener ya wajar aja dlm syiarnya penuh dusta dan kebencian.AL-Quran sudah gambalng menjlskan bgmna kelakuan orang yahudi dan nasrani.Mereka(kaum yahudi n Nasrani)tdk akan senang klw umat islam belum mengikuti agamanya….jd dengn cara apapun mw bohong mw haram mereka akan terus menyesatkan umat ISLAM.

  23. Sebenarya kita ga perlu ngomong ksana kemari.Apalagi saling menghujat.Cukup kita bandingkan aja kitabnya orang kristen dan Islam…suatu kitab suci kalau dr awal kitab itu diturunkan sampai sekarang msh terjaga ke aslianya wajib kita percayai,itulah kitab suci yg paling benar.tp klw sudah ada perubahan ya Anda sendiri dengan akal dan logika Anda yg menilai…….jd buat apa kita berdebat sampai mencaci maki.

    QS Al-Baqarah 146 :
    Orang-orang yang telah Kami Beri kitab (Taurat dan Injil)mengenalnya (Muhammad)seperti mereka mengenal anak-anak mereka sendiri,Sesungguhnya sebagian mereka pasti menyembunyikan kebenaran,padahal mereka mengetahui(nya).

    QS Al-Baqarah 208:
    Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah kedalam Islam secara keseluruhan,dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan.Sungguh,ia musuh yang nyata bagimu.

    QS Ali Imran 59 ;
    Sesungguhnya perumpamaan (penciptaan) ‘Isa bagi Allah,seperti (penciptaan) Adam.Dia Menciptakan-nya dari tanah,kemudian Dia Berkata kepadanya,”Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.

    Qs An-Nisa 120 ;
    (Setan itu) memberikan janji-janji kepada mereka dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka,padahal setan itu hanya menjanjikan tipuan belaka kepada mereka.

  24. PENGAKUAN PAULUS TENGKER DIWAKTU MENJADI PENDETA.

    Saya juga mengajari mereka berakting untuk menunjang penampilan mereka di acara KKR atau kesaksian di Gereja. Jangan sampai mereka tidak hapal kisah nyata hasil rekaan saya sendiri lalu melenceng ke kisah nyata mereka sendiri, yang kalau ketahuan bisa berakibat fatal bagi Gereja. Khusus untuk KKR kami melatih orang-orang untuk berpura-pura lumpuh, buta, bisu & berbagai penyakit lainnya, lalu pura-pura disembuhkan para pengkhotbah & jemaatpun akan histeris dan percaya itu mukjizat. Kami pun harus menyiapkan upacara pemanggilan Roh Kudus di tempat-tempat keramat dan angker di Surabaya sebelum acara penyembuhan Ilahi dimulai. Terkadang ada jemaat yang diluar kendali dan skenario betul-betul minta diurapi, biasanya kami akan segera menahan dia dengan mengatakan: maaf pendeta sibuk, dengan kedatangan umat yang luar biasa, lain kali saja?! Biasanya para penginjil malamlah yang bertugas untuk menahan orang- orang yang diluar skrenario acara, kami tidak pernah melibatkan pemuda Gereja karena mereka diluar gugus kendali komando kami. Memang pengakuan 4 orang mantan Gembala itu terdengar spektakuler dan sulit dipercayai, tetapi saya beritahukan kepada anda semua: SEMUA PENGAKUAN MEREKA ITU JUJUR & BENAR ADANYA, SEMUA PRAKTEK TERCELA ITU MEMANG DIJALANKAN TERUTAMA OLEH: GEREJA BETHEL; GEREJA BETHANY; GEREJA NEHEMIA; GEREJA SIDANG JEMAAT PANTEKOSTA; GEREJA ABDIEL. Bagi umat Kristiani atau para Gembala dan pelayan Tuhan pun yang tidak pernah ikut kegiatan ini akan terkejut dan sulit mempercayai kenyataan ini, tetapi saya beitahukan sekali lagi: SEMUA ITU BENAR-BENAR TERJADI! Selain 4 mantan gemabala itu, sayalah juga saksi hidup lainnya.

    PAULUS TENGKER SUDAH MUSLIM.

  25. SEJARAH PENUHANAN JESUS-TRINITAS.
    Kepercayaan TRINITAS bukan berasal dari ajaran Tuhan dan bukan ajaran dari Jesus. TRINITAS ADALAH REKAYASA MANUSIA. TRINITAS merupakan keputusan rapat gereja/konsili yang diadakan di Nicea pada 20 Mei 325 masehi. Konsili dipimpin oleh Kaisar Konstantin dan dihadiri ratusan pastor. Hasil konsili diputuskan antara lain Jesus adalah anak Tuhan dan dianggap juga Tuhan. Kesamaan zat antara Sang Anak dengan Sang Bapa. Mulai saat itu ada sebutan Tuhan Bapa dan Tuhan Anak tetapi diakuinya satu juga.

    Kemudian dalam konsili Konstatinopel yang dipimpin Kaisar Theodosius pada tahun 381 melantik juga Ruhul Kudus menjadi Tuhan . Sejak saat itu mulai ada sebutan Sang Bapa – Sang Putera – Sang Ruh Kudus. Patri-Vilii-et Spiritus Sancti. TRINITAS timbulnya tahun 381 masehi. Sebelum tahun 381 masehi penganut agama Kristen tidak mengenal TRINITAS dan mereka hanya mengenal satu Tuhan yaitu Allah. De Godsdienst v.d. Koeran tulisan Arthur N Wollaston” Ook de christinen vereeden een God. Marsinds de algemeene kerk vergadering in 381 te Konstatinopel gehouden was onder hen geldig de leer van de Drieeen heids Gods/Juga orang orang Kristen dahulu memuliakan Tuhan yang Tunggal akan tetapi setelah rapat gereja yang dilangsungkan di Konstantinopel tahun 381 berlakulah TRINITAS atas mereka”.

    Di Bibel/Alkitab juga disebutkan Tuhan itu Esa.

    Ulangan 4:35 ”maka kepadamulah ia itu ditunjuk supaya diketahui olehmu bahwa Tuhan itu Allah. Dan kecuali Tuhan yang Esa tiada yang lain lagi. Markus 12:29 ”Maka jawab Jesus kepadanya, hukum yang terutama inilah, dengar olehmu hai Israil adapun Allah Tuhan kita. Dialah Tuhan yang Esa”.

    Matius 7:21 ”Bukan orang yang menyeruku Tuhan Tuhan akan masuk kerajaan sorga”. Jesus sendiri marah sampai mengeluarkan kata kata ancaman, barang siapa menganggap Jesus sebagai Tuhan tempatnya bukan di sorga tetapi di neraka.

    Kemudian Jesus berkata, yang tidak mengaku Jesus Kristus telah datang sebagai manusia adalah penyesat dan anti Kristus ”2Johanes 1:7.

    Ayat itu tidak dapat diputar putar lagi siapapun apakah pendeta, pastur, pimpinan gereja, atau umat Kristen yang menganggap Jesus sebagai Tuhan adalah penyesat dan anti Kristus.

    DOKTRIN TRINITAS DIBANTAH JESUS.
    Johanes 14:9-10 ”Siapa yang sudah nampak Aku ia sudah nampak Bapa. Tiadalah engkau percaya AKU DIDALAM BAPA dan BAPA DIDALAM AKU. Segala perkataan yang aku katakan kepadamu bukanlah Aku katakan dengan kehendak sendiri melainkan Bapa itu yang tinggal didalam Aku. Dia mengadakan segala perbuatan itu”.
    Johanes 17:23 ”AKU DIDALAM MEREKA dan ENGKAU DIDALAM AKU supaya MEREKA itu SEMPURNA DIDALAM PERSEKUTUAN”. Kata ”aku didalam mereka itu” yang dimaksud dengan aku adalah Jesus sedangkan mereka adalah murid murid /sahabat Jesus yang 12 orang. Lukas 9:1 ”Maka Jesus memanggil kedua belas muridnya”. Matius 10:2-4 ”Simon Petrus – Andreas –Yakobus – Yohanes – Filipus – Bartolomeus – Tomas – Matius – Yakobus Alfeus – Tadeus – Simon Zelot – Yudas Iskariot adalah murid murid/sahabat Jesus.

    AKU DIDALAM MEREKA artinya Jesus MENYATU dengan murid muridnya.

    JADI TUHAN MENYATU DENGAN JESUS DAN JESUS MENYATU DENGAN MURID MURIDNYA.

    Kalau umat Kristen percaya kesatuan Jesus dengan Bapa maka umat Kristenpun harus percaya kesatuan Bapa dengan 12 murid murid Jesus karena 12 murid murid menyatu dengan Jesus. Bukan Jesus dan Roh Kudus saja yang bersatu dengan Bapa tetapi harus ditambah dengan 12 murid murid Jesus.

    Ini namanya PERSEKUTUAN TUHAN atau TUHAN PERSEKUTUAN. PERSATUAN TUHAN atau TUHAN PERSATUAN. Bukan TRINITAS tetapi LIMABELASNITAS.

  26. DOKTRIN TRINITAS – TUHAN MENCIPTAKAN TUHAN.

    Doktrin TRINITAS telah dianggap sebagai tonggak utama keKristenan dizaman ini sehingga jika ada orang mengaku Kristen tetapi tidak mempercayai doktrin TRINITAS maka mayoritas Kristen lain akan menuduh dan menganggap bidat dan sesat.
    Kristen Unitarian menolak doktrin TRINITAS/ Jesus bukan Tuhan, hanyalah utusan Tuhan.

    Nabi Musa dan nabi nabi sebelum Jesus lahir, juga tidak bertuhan kepada Jesus, tetapi bertuhan kepada Jahweh/Allah.

    Dogma TRINITAS menyatakan Allah “tiga tapi satu, satu tapi tiga”? Sang Bapa adalah Allah, Sang Anak/Jesus adalah Allah dan Roh Kudus adalah Allah. Jika dirumuskan secara matematis kira kira: Allah Bapa = Allah Anak/Jesus = Allah Roh Kudus.

    Salah satu unsur TRINITAS adalah Jesus. Kalau tidak salah Jesus terlahir di bumi dari rahim perawan Maria sekitar awal Masehi.

    ALLAH SWT menciptakan semesta alam beserta seluruh isinya jauh sebelum Jesus terlahir didunia.

    Dengan demikian yang menciptakan alam semesta beserta isinya bukan TRINITAS tetapi ALLAH SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa tanpa adanya Jesus sebab Jesus diwaktu penciptaan alam semesta belum terlahir.

    Berarti TRINITAS munculnya setelah Jesus terlahir di bumi. Logika sehat dan hati nurani yang paling dalam, sulit sekali menerima keberadaan Tuhan tidak bersamaan terwujudnya. Pertama kali Tuhan Allah. Kemudian Tuhan Allah menciptakan Tuhan Jesus dan terakhir Tuhan Allah menciptakan Tuhan Rohkudus. Kenapa Tuhan menciptakan Tuhan?

    TUHAN MENCIPTAKAN TUHAN. ITULAH AJARAN GEREJA.

  27. DIABAIKAN DAN DITINGGALKAN PEMELUKNYA.
    Jesus patuh pada hukum Taurat antara lain beliau disunat, tidak mengkonsumsi darah, daging babi, minuman keras dan mengharamkan juga kepada murid muridnya dan pengikutnya, bersyahadat, mengerjakan sholat, berpuasa dan membayar zakat serta berhaji.

    ”Janganlah engkau menyangka aku datang untuk meniadakan hukum Torat dan Kitab para Nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya melainkan untuk menggenapinya. Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi, satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Torat sebelum semuanya terjadi”. Matius 5:17

    ”GURU, APA YANG HARUS KUPERBUAT UNTUK MEMPEROLEH HIDUP YANG KEKAL? JAWAB JESUS, APA YANG TERTULIS DALAM HUKUM TAURAT, APA YANG KAU BACA DISANA”. Lukas 10:25-26.

    ”LEBIH MUDAH LANGIT DAN BUMI LENYAP DARI PADA SATU TITIK DARI HUKUM TAURAT BATAL”. Lukas 16:17.
    1. Haram mengkonsumsi darah ”Imamat 7:26-27”, yang melanggar harus dilenyapkan.
    2. Haram mengkonsumsi babi ”Imamat 11:7-8, Ulangan 14:8, Yesaya 66:17”, yang melanggar harus dilenyapkan.
    3. Haram minum khamr/minuman keras ”Hakim hakim 13:4-14, Imamat 10:8-10, Hosea 4:11, 1Efesus 5:18”.
    4. Sunat/khitan hukumnya wajib ”Kejadian 17:10-14, 21:4, Lukas 2:21, Kisah para rasul 15:1”. Yang tidak sunat tidak diselamatkan.
    5. Jenazah wajib dibungkus kain kafan ”Matius 27:58-59-60, Markus 15:46, Lukas 23:52, Johanes 19:40”. Jesus jenazahnya dikafani sebelum dikubur.
    6. Mengucapkan SYAHADAT. Jesus menyatakan bahwa Tuhan itu hanyalah Allah dan Jesus hanyalah pesuruh Allah ”Inilah hidup yang kekal supaya mereka mengenal Engkau, Allah yang Esa, dan Jesus Kristus yang telah Engkau suruhkan itu”. Johanes 17:3. ”Maka kepadamulah ia ditunjuk supaya diketahui olehmu bahwa Tuhan itu ialah Allah dan kecuali Tuhan yang esa tiada yang lain lagi”. Ulangan 4:35. ”Maka jawab Jesus kepadanya. Hukum yang terutama ialah, dengarlah olehmu hai Israil, adapun Allah Tuhan kita. Dialah Tuhan yang Esa”. Markus 12:29. ”Dengarlah olehmu hai Israril adapun Hua Allah kita Hua itu Esa adanya”. Ulangan 6:4.
    7. Mengerjakan SHOLAT. ”Berwudhu dengan membasuh tangan dan kaki sebelum masuk rumah ibadah”. Keluaaran 40:31-32. ”Melepas kasut/alas kaki ditanah kudus”. Keluaran 3:5. Josua 5:15. ”Menghadap kiblat”. Mazmur 5:8. ”Berdo’a dengan menengadahkan tangan”. 1Timotius 2:8. ”Sujud” Mazmur 95:6. Josua 5:4. Matius 26:39.
    8. BERPUASA. Jesus melakukan puasa di bulan ke sembilan untuk memenuhi perintah Tuhan yang tertuang dalam Taurat. Yeremia 36:9. Keluaran 34:28, Matius 4:2.
    9. MEMBAYAR ZAKAT. Matius 6:2-4. Ester 9:22.
    10. IBADAH HAJI. Mazmur 84:5-7 :”Berbahagialah orang orang yang diam dirumahMU, yang terus menerus memuji muji Engkau. Berbahagialah manusia yang kekuatannya didalam Engkau, yang berhasrat mengadakan ziarah. Apabila melintasi lembah Baka mereka membuatnya menjadi tempat yang bermata air bahkan hujan pada awal musim menyelubunginya dengan berkat.

    Bahkan ketika beliau wafat masih menggunakan hukum Torat yaitu jenazahnya dikafani dengan kain lenan berwarna putih bersih. Anehnya umat Kristen mengagung agungkan orang yang namanya Paulus dibanding memenuhi perintah Jesus. Hampir jarang terjadi umat Kristen yang mengharamkan darah, daging babi, minuman keras, malahan itu makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari hari. Demikian juga sunat, kalau terjadi peristiwa sunat pada orang Kristen hal itu disebabkan faktor sosial/kebiasaan dilingkungannya. Belum pernah mendengar orang Kristen meninggal jenazahnya dibungkus kain kafan seperti Jesus. Semua itu karena umat Kristen mengikuti perintah Paulus yang ditulis dalam Roma 7: Bahkan ketika beliau wafat masih menggunakan hukum Torat yaitu jenazahnya dikafani dengan kain lenan berwarna putih bersih. Anehnya umat Kristen mengagung agungkan orang yang namanya Paulus dibanding memenuhi perintah Jesus. Hampir jarang terjadi umat Kristen yang mengharamkan darah, daging babi, minuman keras, malahan itu makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari hari. Demikian juga sunat, kalau terjadi peristiwa sunat pada orang Kristen hal itu disebabkan faktor sosial/kebiasaan dilingkungannya. Belum pernah mendengar orang Kristen meninggal jenazahnya dibungkus kain kafan seperti Jesus. Semua itu karena umat Kristen mengikuti perintah Paulus yang ditulis dalam Roma 7:6 ”Tetapi sekarang kita telah dibebaskan dari hukum Torat, sebab kita telah mati bagi dia, sehingga kita sekarang melayani dalam keadaan baru menurut roh dan bukan dalam keadaan lama menurut huruf hukum Torat”.

    Secara spesifik sunat/khitan dihapus Paulus melalui ”Galatia 5:2-6, 6:15”, ”Korintus 7:18-19”. Darah, daging babi dan minuman keras hukumnya haram dihapus Paulus melalui ”Korintus 6:12,10:25, Kolose 2:16, Timotius 4:4, Roma 14:17”.
    Al Qur’an juga mengharamkan bangkai, daging babi, darah dan daging hewan yang disembelih atas nama selain Allah ” Surah Al Maidah ayat 3”. Mengenai diharamkannya mengkonsumsi minuman keras/khamr ”Surah Al Baqarah ayat 219”.
    Nabi Muhammad berkata: ”Barangsiapa laki laki yang tidak disunat dia bukan umatku”. Laki laki muslim diseluruh bumi pasti disunat. Rasulallah bersabda ”jenazah wajib dimandikan/disucikan-dikafani-dikubur” Tetapi bagi yang gugur dimedan perang langsung dikubur, karena ajaran Islam jenazah harus segera dikubur/dimakamkan.

    • Nanti saya akan menyewa kan guru agama untuk anda ya !! Mungkin anda kurang di ajari olehh org tua tentang agama ya .

      Apa kata guru anda ??
      Hargai org lain jika anda mau di hargai .
      Tetapi jika anda tidak menghargai agama lain maka agama lain tidak akan pernah menghargai agama ANDA .

      Tetapi TUHAN kami mengajarkan untuk tetap mengasihi sesama manusia meskipun memiliki sisi yg berbeda , dan agama kami tidak pernah mengajarkan untuk melecehkan org lain ataupun agama lainn .

      Kami tetap optimis !! Positif thinking

      Terima kasih atas komentarnya anda BINRAMELAN semoga anda d berkati dan d ampuni oleh TUHAN …🙂

      Gbu

  28. JURU SELAMAT DAN PENEBUS DOSA.

    Datangnya Jesus kedunia menurut ajaran Kristen adalah sebagai juru selamat dan untuk menebus dosa manusia yang diwariskan dari Adam dan Hawa. Bayi yang baru dilahirkan sudah berdosa lantaran dosa Adam dan Hawa. Yang dijadikan patokan Kristen bahwa kedatangan Jesus untuk menebus dosa tertuang dalam Kisah para rasul 5:31; ”Dia inilah ditinggalkan tangan kanan Allah menjadi raja dan juru selamat akan mengaruniakan tobat kepada Bani Israel dan keampunan dosa”. Matius 1:21 ”Maka ia akan beranakkan anak seorang laki laki dan hendaklah engkau menamakan dia Jesus karena dialah yang akan melepaskan kaumnya dari segala dosanya”.

    Kalau diperhatikan dan dicermati maka kedua ayat tersebut menyatakan bahwa Jesus hanya penebus dosa untuk Bani Israil saja bukan untuk semua manusia. Kedatangan Jesus hanya untuk kaumnya Jesus yaitu kaum Bani Israil. Karena di Bibel menyebutkan dengan tegas bahwa kedatangannya untuk Bani Israil. Matius 5:24: Maka jawab Jesus, tiadalah aku disuruhkan yang lain hanya kepada segala domba yang sesat diantara Bani Israil”. Dalam Bibel berbahasa Belanda ”Bijbellezingen voor het huizgezin” bab De orderdanen van het koningrijk hal 834 ayat 12: Toen de vrouw van Kanaan tot Chistus kwan Hem smekende haar dachter te genezen wat zei hijtoen? Maar hij antwoordende zeide: Ikben neit gezonder dan tot de verloren schapen van huis Israel. Artinya, ketika seorang perempuan dari Kanaan datang dihadapan Kristus mengemis ngemis padanya supaya mengobati/menyembuhkan anaknya, maka Jawab Jesus, tiadalah aku disuruhkan kepada yang lain, hanya kepada segala domba yang sesat dari antara Bani Israil.

    Setiap manusia pada waktu dilahirkan sudah memikul dosa atau menerima wa
    risan dosa dari dosanya Adam dan Hawa. Itulah ajaran Kristen yang disebarkan oleh pemimpin pemimpin Kristen maupun perintah gereja.

    Apakah didalam kitab sucinya umat Kristen juga ada aturan mengenai dosa waris. Seharusnya umat Kristen mengacu kepada kitab sucinya karena itu firman Tuhan nya. Hendaknya umat Kristen bersikap kritis terhadap siapapun, jika ada pendapat yang bertolak belakang antara kitab sucinya. Meskipun pendapat itu datang nya dari para pemimpin Kristen dan para pemimpin pemimpin gereja. Harusnya umat Kristen membuka nurani terhadap kenyataan. Jangan menutup hati terhadap kebenaran dan jangan membutakan diri pada keadaan. Jangan hanya seperti kerbau yang dicocok hidungnya kemudian dituntun kemanapun diikuti. Harusnya dibaca Bibel dan kemudian berfikir.

    Inilah bacaan dalam Bibel yang berkaitan dengan dosa waris.

    Yeheskiel 18:20: ”Orang berbuat dosa juga akan mati, maka anak tidak akan menanggung kesalahan bapaknya, dan bapakpun tidak menanggung kesalahan anak anaknya. Kebenaran orang yang benar akan tergantung atasnya dan kejahatan orang fasikpun akan tergantung atasnya”.
    Ulangan 24:16: ”Janganlah orang dihukum mati karena anaknya dan janganlah juga anak mati karena ayahnya, setiap orang harus dihukum mati karena kesalahannya sendiri”.
    Yeremia 31:29-30 ”Pada waktu itu orang tidak berkata lagi, ayah ayah makan buah mentah gigi gigi anaknya menjadi ngilu. Setiap orang yang makan buah mentah giginya sendiri menjadi ngilu.
    2Tarawih 25:4 ”Janganlah ayah mati karena anaknya dan jangan anak mati karena ayahnya. Setiap orang harus mati karena dosanya sendiri.
    Matius 26:7: ”Sebab anak manusia akan datang dalam kemuliaan Bapanya diiringi malaikat malaikat, pada waktu itu Dia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.

    Ternyata Bibel menolak doktrin dosa waris. Berarti dosa Adam dan Hawa ditanggung mereka sendiri dan tidak dapat diwariskan kepada keturunannya. Berarti bayi yang baru dilahirkan itu suci. Dosa baru melekat pada seseorang apabila anak sudah menginjak dewasa atau aqil baliq. Ukuran dewasa untuk laki laki apabila sudah pernah keluar sperma dan untuk permpuan kalau sudah menstruasi, itu ajaran Islam.

    Jesus juga mengakui kesucian anak anak bahkan jika anak anak meninggal dunia sebelum dewasa tempatnya di sorga. Matius 19:14: ”Berkata Jesus, janganlah dilarangkan anak anak itu datang kepadaku karena orang yang sama seperti inilah yang memiliki kerajaan sorga”.

    Dalam sejarah agama Kristen ada yang disebut ”biechten” yaitu orang yang berbuat dosa dan ”de biechtafleggen” yaitu orang yang meminta ampun atas dosanya dan ”biech vader” yaitu orang yang diberi wewenang untuk menghapus dosa. Setiap orang yang menyesal atas perbuatannya dapat dihapus dosanya dengan membeli selembar surat dengan menyebutkan bahwa orang yang berdosa telah diberi ampun dan dihapus dosanya. Surat penghapusan dosa itu disebut “aflaat brieven” atau “indul gences”. Yang artinya kemurahan Tuhan. Akan tetapi aflaat brieven pada zaman dulu dipropaganda “gepredicht” di Jerman oleh seorang rahib bernama Tetzel tahun 1517 atas perintah Paus Leo. Sebagian penjualan dari aflaat brieven digunakan untuk pendirian bangunan gereja Sint Pieter Kerk di kota Roma.

  29. KONTROVERSI DISALIBNYA JESUS.

    Datangnya Jesus kedunia menurut ajaran Kristen adalah sebagai juru selamat dan untuk menebus dosa manusia yang diwariskan dari Adam dan Hawa dengan jalan harus disalib. Injil Matius, Markus, Lukas dan Johanes, keempat Injil tersebut mengisahkan tentang disalibnya Jesus. Namun keempat Injil yaitu Matius, Markus, Lukas dan Johanes, tidak satupun mengatakan Jesus disalib untuk menebus dosa warisan Adam dan Hawa.

    Disalibnya Jesus menurut Injil Matius 27:11-26, Markus 15:1-5, Lukas 23:33-53 dan Johanes 19:1-19 adalah korban ketidakadilan hukum saat itu, bukan mati untuk menebus dosa manusia, penyebabnya adalah:

    1. Karena Jesus mengaku raja orang Yahudi.
    2. Karena Jesus mengaku bisa merobohkan dan membangun Bait Allah dalam waktu tiga hari.
    3. Karena dengki dan hasutan imam imam kepala.
    4. Karena tuntutan banyak orang yang telah dihasut oleh imam imam kepala dan tua tua.
    5. Karena Pilatus takut akan terjadi kekacauan bila Jesus dibebaskan.

    Perjalanan menuju bukit Golgota keempat Injil mengisahkan.

    Matius 27:23 ”Simon dari Kireni dipaksa memikul kayu salib Jesus”.
    Markus 15:20 ”Simon orang Kireni, bapa Iskandar dan Rufus dipaksa memikul kayu salib”.
    Lukas 23:26 ”Simon dipaksa memikul kayu salib Jesus”.
    Johanes 19:17 ”Jesus memikul kayu salibnya sendiri menuju bukit Golgota”.

    Kata kata terakhir Jesus ditiang salib menurut Injil Matius, Markus, Lukas dan Johanes.

    1. Injil Matius 27:46:”Kira kira jam tiga berserulah Jesus dengan suara nyaring, Eli, Eli lama sabakhtani”. Artinya ”Allahku, Allahku mengapa Engkau meninggalkan aku”.

    2. Injil Markus 15:34:”Dan pada jam tiga berserulah Jesus dengan suara nyaring, Eloi, Eloi lama sabakhtani”. Artinya ”Allahku, Allahku mengapa Engkau meninggalkan aku”.
    Injil
    3. Injil Lukas 23:46:”Ya Bapa kedalam tanganMu kuserahkan nyawaku”.

    4. Injil Johanes 19:30:”Sesudah Jesus meminum anggur asam berkatalah dia: ”Sudah selesai”. Lalu dia menundukkan kepalanya dan menyerahkan nyawanya.

    Apakah ucapan Jesus di Injil Matius , Markus, Lukas dan Johanes benar semuanya? Pasti hanya satu ucapan Jesus itu yang benar atau semua ucapannya salah. Mustahil ucapan Jesus di Injil Matius , Markus, Lukas dan Johanes benar semuanya. Ucapan dari mulut seorang Jesus pada tempat dan waktu yang sama tapi ucapan kata kata yang keluar dari mulut Jesus berbeda beda. Apa itu tidak mustahil?

    Kejanggalan kejanggalan dalam kisah disalibnya Jesus.
    Ada beberapa kejanggalan kejanggalan dalam kisah penyaliban Jesus.
    1. Tidak ada keterangan yang akurat Jesus disalib untuk penebus dosa. Hanya ajaran gereja yang mengatakan Jesus disalib untuk menebus dosa. Sedangkan ajaran Alkitab/Bibel berbicara lain.
    2. Kata kata Jesus setelah disalib beda beda antara keempat injil padahal terjadinya dalam waktu dan mulut yang sama.
    3. Terjadi kontradiksi siapa yang memikul kayu salib. Simon dari Kireni bapa Iskandar, Rufus atau Jesus sendiri yang memikul kayu salib.

    • Bodohnya orang punya mata tidak melihat, punya telinga tidak mau mendengar dan punya otak tidak pakeh untuk berpikir bagaiman anda bisah mengerti semuanya itu, dengarkan baik2 sobat “dimana ada jejak kaki disitu ada cerita dan kisah, Rasul tidaklah sebodoh yang engkau katakan itu, tentunya suatu kisah diceritankan oleh berbagai orang tentu ada sama dan bedahnya, tetapi kisah itu ada sesunggunyakan, kalo nga da kisah untuk apa para rasul susah2 tulis ceritanya…. memannya mereka nga kerja pa? Percaya dan tidak tergantun dari kamu tapi jangan menyesatkan orang lain, sungguh kamu tidak punya sejarah untuk menyesatkan orang ok. GBU

  30. BENARKAH JESUS DISALIB?

    Beberapa pernyataan dari Alkitab juga menolak klaim adanya penyaliban terhadap Yesus.

    1. Mazmur 91 menolak klaim atas penyaliban terhadap Yesus, karena:
    a. Allah mendengar tangisannya, doanya, menghilangkan rasa takutnya (Mazmur 91:15, 5, 3) dan menyelamatkannya dari penangkapan (Mazmur 91:3). (15) Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya. (5) Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang, (3) Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk. Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang.
    b. Tak ada malapetaka yang akan menimpa Yesus, apalagi kematian melalui penyaliban! (Mazmur 91:10). (10) Malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu
    c. Yesus bahkan menonton pada saat orang yang mirip dengannya disalibkan (Mazmur 91:8). (8) Engkau hanya menontonnya dengan matamu sendiri dan melihat pembalasan terhadap orang-orang fasik.
    d. Allah akan menurunkan para malaikat untuk melindungi dan mengangkatnya (Mazmur 91:11-12, 14). (11) Sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu. (12) Mereka akan menatang engkau di atas tangannya, supaya kakimu jangan terantuk kepada batu. (14) Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku
    e. Yesus hidup panjang umur dari sejak dilahirkan sampai akhir zaman saat ia turun kembali ke bumi (Mazmur 16). (16) Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku.”

    Ayat-ayat Mazmur ini dijadikan dasar penolakan penyaliban Yesus karena ayat ini pula yang menegaskan bahwa Yesus adalah anak kesayangan Allah dalam Perjanjian Baru (khususnya dalam Luk 4:10-12 dan Mat 4:5-10).

  31. BENARKAH JESUS DISALIB?

    Yeremia 23 menolak klaim atas penyaliban terhadap Yesus, karena Yesus adalah calon raja teokratis Yahudi saat itu. (5) Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan menumbuhkan Tunas adil bagi Daud. Ia akan memerintah sebagai raja yang bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran di negeri. (6) Apabila ia memerintah, orang Yehuda akan selamat, dan orang Israel akan hidup dengan aman. Raja itu akan disebut ‘TUHAN Keselamatan Kita’. Hal yang sama juga dinubuatkan dalam Mazmur/ Psalm 9 (6) Akulah yang telah melantik raja-Ku di Sion, gunung-Ku yang kudus! (7) Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN; Ia berkata kepadaku: “Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini. (8) Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu, dan ujung bumi menjadi kepunyaanmu. (9) Engkau akan meremukkan mereka dengan gada besi, memecahkan mereka seperti tembikar tukang periuk.” Tetapi sayang, Yesus hanya menjadi ‘raja sehari’ seperti yang diungkap dalam Mat (21:1-9); Mark (11:1-10); Luk (19:28-38) dan Yoh (12;12-15), karena ia dikhianati oleh kaumnya yang bersekutu dengan penjajah Romawi, sehingga ia diangkat ke langit, diselamatkan (poin 1). Karena itu, nubuat dari Nabi Zakharia (9:9-10) hanya terpenuhi sampai ayat 9, (9) Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.

    • Binramelan!!

      Setidaknya tolong anda menghargai agama lain !! Apakah anda TUHAN sehingga anda sudah berani menyatakan yg bukan fakta ?? Apakah anda TUHAN sehingga anda tau semuanya ?? Anda itu hanya manusia biasa yg tidak tau apa2,apakah anda berbicara memakai pikiran/otak ?? Benar ?? Jika benar BUKTIKAN !! Kalo anda berpendapat tentang kristen yg tidak benar setidaknya pakai entika anda !!

      Memalukan anda !! :V

  32. BENARKAH JESUS DISALIB?

    Yesaya 52 dan 53, menolak klaim penyaliban terhadap Yesus karena:
    a. Yang menjadi korban adalah orang yang sangat buruk rupa (Yesaya 52:14; 53:2)
    (14) Seperti banyak orang akan tertegun melihat dia, begitu buruk rupanya, bukan seperti manusia lagi, dan tampaknya bukan seperti anak manusia lagi, (2) Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya. Sedangkan yang disalibkan sangat tampan (setampan bintang film The Messiah), bahkan meskipun ia berlumuran darah tetap saja ia terlihat tampan di The Passion of The Christ.
    b. Yang menjadi korban adalah orang yang sangat dihinakan, selalu dijauhi orang (Yesaya 53:3) (3) Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan. Sedangkan Yesus bahkan sejak dilahirkan pun membuat heboh banyak orang (Mat 2:1-11; Luk 2:8-20), saat remaja telah memukau imam-imam Yahudi di Bait Allah (Luk 2:41-52), dalam kehidupannya selalu menjadi pujaan orang banyak, sangat dihormati orang (Mat 21:1-7; Mark 11:1-11; etc), diurapi roh kudus (Mat 3:16-17; Mark 1:10-11; Luk 14:15-21; Yoh 1:32), penuh mukzijat menurut 4 injil kanonikal selama masa pelayanannya, dari menyembuhkan orang sakit, memperbanyak makanan, mengusir setan dan membangkitkan orang mati.
    c. Yang menjadi korban tidak mengatakan apapun (Yesaya 53:7), sedangkan yang dianggap Yesus banyak berkata-kata, sejak mulai penangkapan sampai terjadi penyaliban (7) Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.
    d. Yang menjadi korban tidak pernah melakukan kejahatan dan menipu (Yesaya 53:9) (9) Ia dikuburkan bersama orang jahat; makamnya di tengah-tengah orang kaya, walaupun ia tak pernah melakukan kejahatan, dan tak pernah menipu.” Sedangkan Yesus menurut Alkitab dapat dikatakan pernah melakukan kejahatan, yaitu menjuluki anjing tanpa alasan apapun kepada seorang wanita (Kanaan, Mat 15:22-26/ Siro fenisia? Mark 7:26-27), pernah mengutuk pohon ara karena tidak ada buahnya sedangkan saat itu Yesus merasa kelaparan (Mat 21:18-20; Mark 11:12-20), pernah bersama murid-muridnya mencuri gandum bahkan di hari sabat (Mat 12, Mark 2:22, Lukas 6), dan mungkin menipu pemilik keledai karena Bibel tidak menceritakan kapan Yesus mengembalikan seekor keledai (atau 2 ekor Mat 21) yang katanya hanya dipinjam sebentar (Mark 11, Lukas 19:30).
    e. Yang menjadi korban penebus salah adalah orang yang sangat merelakan dirinya dikorbankan (Yesaya 53:10). (10) Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya. Sedangkan Yesus tidak rela disalibkan, terungkap dalam doanya di taman Getsmani, sehingga beliau diselamatkan sedangkan orang yang diserupakan dengan beliau ditangkap (Mat 26:36-46; Mark 14:32-42; Luk 22:39-46).

  33. HARI SABAT.
    Ulangan 5:12:” Tetaplah ingat dan KUDUSKANLAH HARI SABAT ……..”. Menurut Bibel hari pertama adalah Minggu, Matius 28:1:”setelah hari sabat lewat menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu …..”. Markus 16:2 :”dan pagi pagi benar pada hari pertama minggu ………”. Lukas 24:1 :”pagi pagi benar pada hari pertama minggu “. Johanes 20:19 :” ketika hari sudah malam pada hari pertama minggu …….”. Hari pertama adalah Minggu berarti hari ketujuh adalah Sabtu/Sabat.

    Jesus dan hari Sabat/Sabtu.

    Lukas 4:6 :”……….pada hari sabat ia masuk kerumah ibadah dan hendak membaca Alkitab”.
    Lukas 4:31 :”………. Jesus …..di Galilea mengajar disitu pada hari Sabat”.
    Lukas 6:6 :” Pada hari Sabat Jesus masuk kerumah ibadah lalu mengajar”.
    Markus 1:21 :”Setelah hari sabat mulai, Jesus segera masuk kerumah ibadah lalu mengajar”.
    Markus 6:2 :”Pada hari sabat ia mulai mengajar …… jemaat yang besar takjub …. dari mana diperoleh semua itu?

    Kristen dan Hari Minggu.

    Penetapan hari Minggu sebagai hari ibadah umat Kristen terjadi ketika diputuskan dalam rapat gereja/konsili Laodekia tahun 364 masehi. Pada saat itulah rapat gereja/konsili menetapkan hari Minggu sebagai hari ibadah umat Kristen menggantikan ibadah hari Sabat.

    Melanggar hari Sabat.

    Keluaran 31:12-18:”………..barang siapa melanggar kekudusan hari Sabat pastilah ia dihukum mati………”.
    Yesaya 58 :13-14:”apabila engkau tidak menginjak injak hari Sabat dan tidak melakukan urusanmu pada hari kudusku, apabila engkau menyebut hari Sabat hari kudus Tuhan yang mulia, engkau akan bersenang senang karena Tuhan dan aku akan membuat engkau melintasi puncak puncak bukit dibumi dengan kendaraan kemenangan”.

    Pertanyaan & pernyataan.

    Kenapa umat Kristen kecuali sekte Advent tidak beribadah dan mengkultuskan hari Sabat tetapi mengkultuskan dan beribadah hari Minggu?
    Beribadah dan mengkultuskan hari Minggu adalah rekayasa manusia dan bertentangan dengan firman Tuhan.
    Jesus tidak pernah sekalipun mengkuduskan hari Minggu untuk beribadah karena Jesus selalu beribadah pada hari Sabat.
    Kenapa umat Kristen tidak takut ancaman Tuhan yaitu barang siapa melanggar kesucian hari Sabat dihukum mati.
    Kenapa umat Kristen lebih patuh terhadap rekayasa manusia yang di putus dalam konsili Laodekia dibanding perintah Jesus?
    Kenapa umat Kristen berargumentasi bahwa beridah pada hari Sabat adalah kebiasaan orang Yahudi? Bukankah Jesus juga orang Yahudi.

  34. MANAKAH YANG BENAR? ISLAM ATAU KRISTEN.
    Jika di negeri muslim ramai/banyak orang miskin yg beragama islam, maka itu tak berarti islam buruk, kerana di Nusa Tenggara Timur, Philipin, Timor Timur, Papua, Ethiopia, Togo, Zambia, Kongo, Angola, Zambia, Botswana, Rwanda, Namibia, Gabon, Albania, Serbia, Macedonia. Bulgaria, Croasia, Brazil, Venezuela, Mexico, Argentina, Itali, Spanyol, Portugal yg miskin/ sangat melarat adalah orang yang agamanya kristen.

    Jika di negeri muslim ramai pesalah/penjahat dipenjara karena koropsi, mencuri, mengedar dan mengkonsumsi narkoba/dadah, berjudi, menjadi penjahat yg beragama islam, maka tak berarti islam buruk, kerana di Brazil, Venezuela, Mexico, Argentina, Itali,Spanyol, Portugal, Philipin, Timor Timur, Papua, Ethiopia, Togo, Zambia, Kongo, Angola, Zambia, Botswana, Rwanda, Namibia, Gabon, Albania, Serbia, Macedonia. Bulgaria, Croasia yg menjadi pesalah/napi di penjara karena koropsi, mencuri, mengedar dan mengkonsumsi narkoba/dadah, berjudi, menjadi penjahat ialah orang yang beragama christian atau kristen.

    Jika di negeri muslim banyak terjadi pertumpahan darah itu bukan berarti islam buruk karena di Philipin, Timor Timur, Papua, Ethiopia, Togo, Zambia, Kongo, Angola, Zambia, Botswana, Rwanda, Namibia, Gabon, Albania, Serbia, Macedonia. Bulgaria, Croasia, Brazil, Venezuela, Mexico, Argentina, Itali, Spanyol, Portugal yg saling membunuh dan menganiaya adalah orang yang agamanya Kristen. Akhir tahun 1590-an Belanda datang ke nusantara dengan membawa misi Kristen Protestan. Mereka pun berhadapan dengan Kristen Katolik Portugis, dan menganggap Portugis yang Katolik itu sebagai musuhnya. Mereka pun membantai Portugis. “Lima belas ribu orang Katolik, orang bumi putera Katolik di Ambon, mereka habiskan dalam 1 malam”. Konflik internal yang mengakibatkan terjadinya pertumpahan darah dan pembunuhan di Irlandia dilakukan oleh orang KRISTEN KATHOLIK DENGAN KRISTEN PROTESTAN. Dikala salah satu akan memusnahkan seterunya dengan meledakkan bom, mereka menyeru dan menyebut nama tuhan Jesus.
    Pembuktian sebuah agama benar pun tak boleh ditengok dari pendapat orang, karena lain orang lain fikiran, & ada ramai pendapat orang dimuka bumi ini yg satu sama lain berbeda.

    Pembuktian sebuah agama BENAR maka HARUS dilihat dari kitabnya, jika memang kitab itu dari Tuhan, maka TAK BOLEH ada kesalahan sedikit apapun.

  35. KESALAHAN ALKITAB KRISTEN DALAM MEMBERITAKAN PENCIPTAAN ALAM SEMESTA.

    Kejadian 1:5-19.
    Hari PERTAMA Tuhan ciptakan adalah siang dan malam.
    Hari KEDUA Tuhan ciptakan cakrawala atau langit.
    Hari KETIGA Tuhan ciptakan tanah/darat air/ laut dan diatas tanah ada tumbuh tumbuhan yang bertunas segala tumbuh tumbuhan yang berbiji dan pohon pohonan yang menghasilkan buah.
    Hari KE EMPAT Tuhan ciptakan matahari rembulan dan bintang bintang.

    Apabila kita kaji berdasarkan logika dan diurai dengan kajian ilmu pengetahuan dan teknologi maka penciptaan alam semesta yang diberitakan dalam Bibel bertolak belakang dan menyimpang jauh dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Kenapa?

    HARI PERTAMA diciptakan SIANG dan MALAM. Bagaimana mungkin matahari rembulan dan bintang bintang belum ada/belum tercipta SUDAH DIKETAHUI SIANG DAN MALAM. Bukankah diketahui siang apabila matahari terbit dan diketahui malam apabila matahari terbenam dan muncul rembulan atau bintang bintang dilangit. Matahari rembulan dan bintang bintang dicipta hari keempat.

    HARI KETIGA diciptakan pohon pohon pada bertunas muda, tumbuh tumbuhan menghasilkan biji dan pohon pohon menghasilkan buah.. Bagaimana mungkin matahari belum ada/belum tercipta POHON POHON SUDAH TUMBUH TUNAS TUNAS MUDA, MENGHASILKAN BIJI BIJIAN DAN POHON POHON MENGHASILKAN BUAH. Bukankah menurut ilmu tumbuh tumbuhan/botani pohon pohon dan tumbuh tumbuhan dapat berkembang dan menghasilkan buah apabila ada terjadi asimilasi antara tumbuh tumbuhan dengan sinar matahari. Matahari diciptakan hari keempat.

    BUKANKAH ALKITAB KRISTEN MELENCENG DARI SAINS MODERN.

    • Anda salah menilai Buku Alkitab, cuma salahnya anda tidak pandai berpikir… dan Tuhan mungkin beri otakmu hanya berfungsi 25 %. itu yang aku tahu darimu. bagaimana mungkin anda bisa menyesatkan orang kristen, dan aku tahu bahwa orang israel menpunyai sejarah yang sangat kuat dibanding dengan engkau yang baru lahir hari kemarin. belajar terus anda belum bisah menyesatkan orang. GBU

      • hei saudara, kamu itu sudah dikasih penjelasan dan bukti dengan ayat dan bantahan dan itu fakta. injil kamu ayat ini bantahannnya ini itu pakai otak pakai kajian dan ilmiah, sekarang apa yang mau kamu bantah. begitu gamblangnya coba.itu bukti! mana ayat dan bantahan dari injil kamu. dari injil kamu sendiri yg harusnya kamu kerjakan apa-apa yg diperintah yesus itu diikuti bukan paulus diikuti. apa2 yg diperintah Nabi Isa dibantah. paulus katanya rasul tinggi mana tuhan sama rasul kalau dibilang yesus itu tuhan. Tuhan sama rasul tinggian mana ya tinggian Tuhan menurut kalian yang menuhankan yesus. Apa perintah Tuhan ikuti sunnahku. tidak ada perintah ikuti paulus katanya cinta yesus. ikuti aturan yesus. sabtu libur yesus bilang libur ya libur. yesus bilang haram makan babi dan minum khamar ya haram, tudung bagi perempuan ya pakai tudung. Ini mengikuti sunnah yesus Nabi Isa, Paulus itu siapa, dia hidup dizaman sekarang yang dia sendiri tidak kenal dengan yesus, yesus sendiri tidak tahu siapa paulus ini tau tau anak kemarin sore semua perintah yesus dihapus pakailah perintah kongres campur tangan manusia, siapa itu yah si paulus.

        Begitu gigihnya kalian bela paulus dan surat suratnya. Logika gue paulus surat2nya harus diikuti dan wajib! aturan-aturan baru dari dia dan kongres wajib diikuti. Perintah taurat dan injil yang kolot dan tidak sesuai zaman sekarang hapus dan ingkari! karena tidak sesuai zaman! sudah jelas kitab suci tidak boleh diubah2 apa kata yesus ikuti dan laksanakan, ini logika gue yg gue tangkap ajaran umat kristen hingga sekarang tuhan tetap yesus tritunggal aturan dan kewajiban pakai aturan paulus dan kongres! itu semua aturan baru.aturan yg tidak ada dizaman yesus!

        gamblang sekali!

        kongres pendeta pastor kalian itu mengakali agama karena tidak sesuai dengan zaman dan mau sesuai dengan kehendak para pastor, pendeta kongres kalian.

        di zaman sudah moderen sekarang zaman milenium dan teknologi terus maju dan berinovasi manusia tetap butuh tuhan dan agama, hidup tetap modern tapi perintah nabi zaman bahula apa-apa yg diperintah oleh para nabi dan rasul tetap harus dijalankan.
        perintah mereka puasa ya puasa
        sunnat ya sunnat
        khamar haram ya haram tidak ada perjumudan semua khamar jadi halal
        pakai jilbab seluruh ya pakai jilbab seluruh
        libur hari sabtu ya libur hari sabtu
        perintah sholat ya sholat
        perintah menghadap ke kiblat ya menghadap ke kiblat
        perintah sembah Allah ya sembah Allah bukan sembah yesus karena dia bukan sesembahan

        perintah tidak dakwah kpd selain umat yahudi israel ya dakwah untuk umat yahudi israel saja bukan umat-umat lain. Agama nasrani bukan agama kristen yah ini memang dikhususkan untuk umat Israel jelas sekali kok. gamblang! mudah diterimanya. agama nasrani hanya untuk umat yahudi israel. only for jwiss, only for Israel
        untuk syarat ini insya Allah paulus memenuhi syarat sebab dia seorang yahudi, istilah mudahnya sah menganut agama nasrani. sah pak penghulu sah sah sah hm hm hm🙂
        namun dia ingkari perintah nabi Isa dan Tuhan Yang Esa.
        dan loh goris pinto loh orang mana orang batak jawa sulawesi papua loh orang yahudi bukan kalau bukan loh tidak memenuhi syarat requirement

        Goris pinto ini yahudi bukan,israel bukan, tentu bukan dan tidak sah beragama nasrani atau sebutan zaman sekarang bagi manusia masa kini disebut kristen.
        ikuti yesus Nabi Isa bukan sang paulus.

        jujur kubilang paulus itu surat suratnya dan kongresnya para pengkhianat yesus dan sahabatnya! apa perintah perintah yesus dibantah, sudah dikatakan A oleh yesus si paulus bilang D, sudah di bilang H oleh yesus si paulus hapus dan bilang B.

        paulus ini pengkhianat, congkak, dan dusta atas nama yesus (Nabi Isa ‘Alaihissalam) inilah contoh nyata hidup,contoh nyata hidup yg kelak yesus Nabi Isa akan menyangkal orang ini sang paulus karena pengingkaran dia semua terhadap ketetapan Tuhan yg diwahyukan kepada Nabi Isa dibantah, dipalsukan, dihapus, atas nama tuhan

        sangsinya sudah ada dan jelas di kitab Injil bagi orang orang yang serupa dengannya dan yang mengikutinya bahkan sangat keras sekali

        masih bersikeras bilang tidak ada bukti padahal isi kitab kalian ayat-ayatnya masih ada persis si binramlan hadirkan di blog ini.

  36. KESALAHAN ALKITAB KRISTEN DALAM MEMBERITAKAN KEBERADAAN LANGIT YANG MEMPUNYAI TIANG.

    .Ayub 26:11 tiang-tiang langit bergoyang-goyang, tercengang-cengang oleh hardik-Nya.
    Ayub 9:6 Yang menggeserkan bumi dari tempatnya, sehingga tiangnya bergoyang-goyang.
    Mazmur 75:3 Bumi hancur dan semua penduduknya; tetapi Akulah yang mengokohkan tiang-tiangnya.

    MANA ADA LANGIT BERTIANG.

    BUKANKAH ALKITAB KRISTEN MELENCENG DARI SAINS MODERN.

  37. KESALAHAN ALKITAB KRISTEN DALAM MEMBERITAKAN LUAS KELILING LINGKARAN.

    1 Rajaraja 7:23 Kemudian dibuatnyalah “laut” tuangan yang sepuluh hasta dari tepi ke tepi, bundar keliling, lima hasta tingginya, dan yang dapat dililit berkeliling oleh tali yang tiga puluh hasta/30 panjangnya.
    Menurut tuhan Kristen luas keliling lingkaran = DIAMETER LINGKARAN X 3 =(10 hasta x 3 = 30 hasta)

    PADAHAL RUMUS KELILING LINGKARAN ADALAH: 2 π r atau DIAMETER LINGKARAN X KONSTANTA (π = 3,14159265358979 atau 22/7)

    Dalam ayat di atas disebutkan diameter lingkarannya adalah 10 hasta “… sepuluh hasta dari tepi ke tepi,…” maka semestinya keliling lingkarannya adalah: 10 x 3,14159265358979 = 31,4159265358979 hasta, kalaupun ingin dibulatkan juga maka pembulatannya adalah 31,42 hasta, BUKAN 30 hasta sebagaimana disebutkan dalam ayat di atas: “… dililit berkeliling oleh tali yang tiga puluh hasta panjangnya”.

    Selisih 1,42 hasta bukanlah jumlah yg sedikit karena berdasarkan kompilasi kamus ALKITAB/BIBEL, 1 hasta, dalam bhs Ibraninya AMMAH = 0,5 meter, jadi kalau dihitung dalam meter selisihnya adalah 0,72 meter, atau kalau dalam persen adalah 4,5%.

    BUKANKAH ALKITAB KRISTEN MELENCENG DARI SAINS MODERN..

  38. Buat Mas/mba binramelan bikakahsggdgshsh
    ma
    Ga capek nulis banyak2 gitu,,akakkaka
    Mati dulu sana,baru tau agama mana yg paling benar
    Nah klo udah mati,trus dapat jawabannya jgn lupa nulis d sni lagi ya
    Kasih tahu kita2 jawaban nya…okehhh
    Hahaha
    Wasalam

  39. Saya kagum dan mendapat pencerahan dari mas bin ramelan,saya pencari kebenaran dari alkitab yang saling bertentangan satu dengan yg lainya,treimakasih mas,smoga saya bisa mendapat keyakinan untuk meninggalkan agama kristen yg penuh dengan tanya ini

    • Salam dalam Kasih Tuhan kita Yesus Kristus,

      KESAKSIAN-KISAH NYATA

      DR. dr.. RM. Tedjo Oedono Oepomo.

      Saat ini beliau berprofesi sebagai dosen Fakultas Kedokteran UGM, Bagian THT. Dan berjemaat di Gereja Yerusalem Baru, Yogyakarta.

      Ilmu Hitam dan Ilmu Putih vs Kebenaran

      Keluarga Dukun Keraton

      Aku dilahirkan di dalam lingkungan keluarga keraton. Dan keluargaku adalah trah keluarga dukun keraton. Sejak kecil aku sangat mengagumi ilmu-ilmu kadigdayan gaib yang dimiliki oleh para sesepuh keluarga.

      Kakekku memiliki ilmu yang sangat tinggi. Ia bisa menghilang. Bahkan hadir di empat tempat yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Beliau juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit dengan tenaga gaibnya. Pamanku juga sangat tinggi ilmunya.

      Di lingkungan keraton, sejak usia sekolah dasar aku mendapatkan guru-guru khusus. Mereka mengajarkan tentang berbagai ilmu agama dan falsafah Jawa. Salah satunya adalah ilmu kebatinan. Aku sangat tertarik dan tekun mempelajari ilmu-ilmu ini. Selain kekagumanku pada misteri keajaibannya, melalui ilmu-ilmu ini aku juga ingin hidup mendekatkan diri pada Tuhan yang Maha Kuasa.

      Ilmu-ilmu Perdukunan

      Di dalam ilmu perdukunan dan kebatinan dikenal adanya empat tingkatan. Yaitu tingkat kasantosan, kadigdayan, kawijayan dan kasampurnan.

      Kasantosan berarti menguasai berbagai ilmu dasar seperti mendapatkan dan memelihara jimat-jimat, ilmu kekebalan dan gendam. Kadigdayan, selain menguasai ilmu dasar, juga menguasai ilmu yang lebih tinggi lagi. Seperti ilmu santet, ilmu terawang. Berikutnya adalah kawijayan. Di tingkat ini seseorang akan memiliki kemampuan rogoh sukma dan transfer roh-roh. Sedang kasampurnan adalah tingkatan tertinggi dalam ilmu perdukunan. Orang itu menyatu dengan roh yang dia ikuti dan ini kekuatannya sangat tinggi sebanding dengan roh yang dia ikuti itu.

      Untuk mendapatkan ilmu-ilmu ini, tidaklah mudah jalan dan caranya. Berbagai-bagai syarat dan ritual harus dijalani dengan berbagai resikonya. Banyak yang gugur sebagai murid perdukunan dan tidak sedikit yang menjadi gila. Karena sulitnya itu, aku menganggap inilah jalan “Tuhan” yang sejati.

      Menjadi Murid dan Guru

      Minatku belajar okultisme atau ilmu perdukunan makin bergairah dan aku termasuk seorang anak yang dianggap sangat berbakat. Hal ini tidak mengherankan. Karena sejak dalam kandungan aku telah di “doa” kan oleh kedua orang tuaku dan para sesepuh keluarga. Dengan harapan, aku kelak menjadi orang yang memiliki kadigdayan atau memiliki kemampuan yang tinggi dalam ilmu kabatinan.

      Berbagai ilmu telah aku kuasai sejak masa kecilku, diantaranya ilmu santet, ilmu pellet, ilmu terawang, ilmu gendam, telepati atau ilmu sirep, kekebalan dan lain-lain. Oleh sebab itu, aku menjadi anak yang sangat popular, disegani dan ditakuti di lingkunganku pada waktu itu. Inilah yang menjadi akar dari adanya rasa kesombongan dalam diri seseorang yang belajar ilmu kebatinan. Diakui atau tidak diakui, ia akan merasa lebih
      super daripada manusia-manusia lainnya, demikian juga keadaanku pada waktu itu.

      Selain menjadi murid, aku juga seorang guru. Aku mengajarkan ilmu kebatinan ini kepada murid-muridku sendiri. Dan murid-mu itu rata-rata umurnya lebih tua dari aku bahkan ada orang-orang yang sudah lanjut usia. Waktu itu aku masih duduk di kelas 5 SD, namun secara ilmu aku dianggap lebih tua. Dan ini terus berlangsung sampai aku dewasa dan kuliah di fakultas kedokteran.

      Mempraktekkan Ilmu

      Bagi seseorang yang telah mendapatkan ilmu, mempraktekkan ilmunya adalah sesuatu kebanggaan dan kepuasan tersendiri. Waktu kecil aku telah mempraktekkan ilmu santetku. Suatu hari aku dikecewakan dan dicaci maki oleh seseorang penjahit pakaian. Karena tidak terima atas perlakuannya ini, maka aku santet orang itu.

      Yaitu dengan menempatkan seekor kodok dalam baskom yang berair. Melalui mulut kodok itu aku masukan satu balon udara kedalam perutnya dengan ujung balon menjulur keluar. Aku meditasi dengan membaca mantra-mantra sambil memandang foto orang itu, balon aku tiup, maka perut kodok itu menjadi menggelembung. Kemudian aku ikat dan aku lepaskan kodok itu di baskon tadi. Di rumahnya, penjahit itu tiba-tiba perutnya menggelembung dan merasakan kesakitan. Dia telah kena ilmu santetku. Dia keluar masuk rumah sakit sampai uangnya habis tapi penyakitnya tidak ditemukan dan tidak sembuh-sembuh. Kemudian dia pergi ke seorang dukun.

      Dukun itu memberitahu si penjahit agar datang ke rumah seorang anak yang pernah dia caci maki untuk minta maaf. Karena anak kecil itu adalah seorang dukun. Ketika penjahit itu datang dan minta maaf. Mudah saja bagiku menyembuhkan orang itu, aku cabut balon itu dari katak dan orang itupun sembuh. Itulah keasyikannya.

      Ilmu lain yang juga aku praktekkan adalah ilmu gendam. Jika aku ingin makan durian, aku tidak perlu membelinya. Aku datangi saja penjual duren. Kemudian aku tepuk orang itu, maka dia akan memberikan duren-duren yang aku minta tanpa membayar. Nanti kalau aku sudah pergi, penjual itu akan kebingungan karena beberapa durennya tidak ada. Kemudian dia sadar bahwa dia telah kena tipu dengan menggunakan ilmu gendam, istilah umumnya adalah ilmu tepuk.

      Aku juga punya ilmu untuk menebak nomor buntutan. Tinggal siapa yang membayar lebih banyak. Bandarnya atau pembelinya. Karena bagiku mudah saja menebak nomor yang akan keluar. Dari sini aku bisa mendapatkan uang banyak sekali. Maka sejak kecil aku menjadi tidak menghormati dan meremehkan orang tua, karena sudah bias mencari uang sendiri. Bahkan bisa mengambil uang yang disimpan orang tua di almari besi yang terkunci. Karena aku punya tuyul-tuyul. Tinggal memerintahkan tuyul itu untuk mengambil uang.

      Dari sini seharusnya sudah dapat aku sadari, sebenarnya siapa yang aku ikuti. Namun karena terpesona dengan kemampuan-kemampuan gaib itu, maka hati menjadi tertutup dan tidak mau menanyakan lagi siapa sebenarnya dibalik ilmu-ilmu itu.

      Keluar Dari Ilmu Hitam

      Dengan seringnya mempraktekan ilmu gendam dan beberapa ilmu lainnya, lama-lama timbul kesadaran dalam diri. Aku ini dari keluarga terhormat dan bapakku adalah seorang professor di perguruan tinggi terkenal dan tokoh masyarakat. Sebagai anaknya perasaanku menjadi tidak enak dengan perbuatan-perbuatan ku itu. Kemudian aku keluar dari perguruan ilmu hitam masuk ke perguruan ilmu putih.

      Di dalam perguruan ilmu putih ini, aku harus mengalami pelepasan terhadap ilmu-ilmu hitam yang aku miliki. Inilah keanehannya, aku belajar pada sumber yang sama, tetapi harus kelepasan ketika mengmbil jurusan berbeda.
      Sebenarnya sumber dari dua ilmu ini adalah sama, yaitu dunia roh-roh. Maka pada keadaan tertentu seseorang itu bisa menyandang ilmu hitam sekaligus ilmu putih. Dia bisa menyembuhkan seseorang tapi juga bisa mencelakai seseorang dengan ilmu santetnya. Perbedaan yang nyata adalah pelajaran diperguruan ilmu putih ini adalah hal-hal kebaikan, kesabaran dan ketekunan.

      Juga hal-hal untuk saling mengasihi, mengasuh dan mengasah diantara para murid perguruan sangat dijunjung tinggi. Disini tidak ada pertunjukan untuk pamer kekuatan, atau pamer kadigdayan. Semua dipakai untuk kebaikan, untuk kesembuhan sesamanya. Sehingga kami merasa makin mantap bahwa inilah jalan Tuhan itu. Di tempat ini aku merasa menemukan yang kucari selama ini, yaitu mendekatkan diri pada Tuhan yang sejati dan Tuhan yang benar.

      Karena jalannya memang benar-benar sulit. Untuk naik satu tingkat saja, butuh perjuangan yang sangat keras dan waktu yang lama, dengan berbagai syarat dan ritual. Di perguruan ini, aku sampai pada tingkat kawijayan. Ditingkat ini aku bisa bercakap-cakap dengan roh-roh yang aku panggil. Juga menguasai ilmu transfer roh. Yaitu bisa membuat orang gila menjadi waras atau orang waras dijadikan gila dengan cara mengirim dan mengambil roh dari seseorang. Aku juga menguasai ilmu terawang roh. Bisa menebak keadaan seseorang dengan memandang orang itu. Juga ilmu rogoh sukmo. Dengan duduk semedi ke kamar, aku bisa melihat keadaan dan keramaian kota. Dan berbagai ilmu aku dapatkan, sehingga aku merasa benar-benar diatas manusia normal. Maka sering disebut sebagai paranormal.

      Dan akupun dicalonkan menjadi pengganti kepala dukun. Disini aku semakin merasa menjadi manusia super dan memandang remeh agama dan Tuhan.
      Pendapatku waktu itu, apa itu agama? Hanya omong ini omong itu saja, tapi tak ada apa-apanya. Sedangkan di perdukunan kami bisa mendapatkan apa yang kami inginkan dengan kuasa gaib dan itu nyata. Aku menganggap Tuhannya agama-agama itu tuhan yang palsu. Sedang tuhan yang aku ikuti itu tuhan yang sejati!

      Peristiwa Di Atas Gunung

      Suatu hari kami sepakat berlima untuk mengadakan semedi di atas gunung “Selo Kemloso”. Gunung yang terletak di antara Gunung Merapi, Gunung Turgo dan Gunung Plawangan di Jawa Tengah. Beberapa hari kami telah berhasil semedi dan dialog dengan roh-roh yang kami inginkan. Kami merasa senang sekali tapi juga merasakan perut lapar. Kemudian malam itu kami berlima kembali sepakat berdoa mohon kepada “Tuhan” yang maha kuasa itu, untuk mendapatkan makanan dan minuman. Ajaib sekali, tiba-tiba di depan kami tersaji lima piring nasi lengkap dengan lauk pauk dan minumannya. Wah kami merasa senang luar biasa. Berarti tidak perlu masak, bisa menikmati makanan yang lezat.

      Kemudian pagi harinya kami turun dari gunung untuk pulang kembali ke kota. Ketika kami tiba di sebuah kampong di lereng gunung, kami melewati sebuah rumah. Sepertinya tadi malam baru saja diadakan pesta perkawinan. Pagi itu, mereka telah selesai menghitung piring-piring untuk dikembalikan.
      Mereka bingung mencari piring dan gelas yang hilang masing-masing sebanyak lima buah. Sudah dicari-cari tapi tidak juga ketemu. Betapa kagetnya kami, ternyata piring dan gelas yang hilang itu persis dengan piring dan gelas yang kami pakai untuk makan di atas gunung dan jumlahnya lima buah. Hari itu, perasaanku benar-benar terpukul. Bagaimana bisa “tuhan” yang aku sembah dan aku ikuti dengan susah payah, ternyata “mencuri” makanan. Berarti “tuhan” ku itu pencuri. Hatiku benar-benar hancur. Keinginan untuk mendekatkan diri pada Tuhan yang benar dan sejati, ternyata salah alamat.

      Beberapa peristiwa beruntun sangat mengguncang hatiku. Salah satu guruku yang berilmu tinggi telah menceburkan diri ke dalam sumur dan mati. Dan itu sebagai tumbal bagi ilmu yang dia punyai. Kematian paman ini mulai menggores kesadaranku akan jalan yang aku tempuh selama ini. Teman seperguruan kakekku yang juga berilmu sangat tinggi, menjelang kematiannya sekujur tubuhnya membusuk dan bentuknya seperti monster. Berbagai penyakit yang pernah ia sembuhkan seakan semua ikut menempel ke dalam tubuhnya. Mengerikan sekali, satu bulan lebih didoakan baru bisa meninggal dunia.

      Aku melihat nasib kakekku yang seperti itu, aku sendiri menjadi sangat ngeri dan takut. Seorang yang sakti luar biasa, akhir hidupnya kok sangat mengenaskan. Sedangkan mereka adalah orang-orang yang sangat aku kagumi sejak masa kecil.

      Maka aku menemui guruku. Tiba di padepokan aku melihat mimik wajah guru nampak sangat sedih. Dan beliau mengatakan bahwa hari Jumat minggu depan ia akan meninggal dunia. Luar biasa bisa tahu hari kematiannya. Tetapi mengapa beliau sangat bersedih? Beliau mengungkapkan kesedihannya, karena tidak tahu bagaimana nasibnya setelah kematiannya. Inipun membuat aku semakin terpukul. Guru saja tidak tahu nasibnya setelah kematiannya, apalagi aku. Dan waktu aku Tanya kepada roh-roh yang selama ini mengaku sebagai utusan Tuhan, mereka tidak mau menjawab apa yang terjadi setelah kematian. Aku merasa benar-benar tertipu.

      Ditaklukan Oleh Penjual Bakmi

      Tujuan hidupku tiba-tiba gelap gulita. Kekagumanku pada para sesepuh yang berilmu tinggi rontok karena akhir hidup mereka. Dan “tuhan” yang aku ikuti ternyata mencuri makanan. Ilmu yang aku miliki dengan roh-roh gaibnya tidak mampu member jawaban tentang kehidupan setelah kematian.

      Jalan terang yang aku inginkan ternyata ujungnya menuju maut. Aku benar-benar frustasi, kubuang jimat-jimat, dan aku putuskan, jika Tuhan yang sejati itu sulit dicari, maka aku akan menjadi orang atheis, tidak percaya pada Tuhan lagi. Ditengah kebingungan dan kegalauan hati, aku tumpahkan dengan naik sepeda mengelilingi kota tanpa tujuan yang pasti. Dua hari dua malam aku bersepeda untuk menumpahkan segala kekecewaan hatiku. Sampai di suatu tempat, aku berhenti di warung bakmi pinggir jalan untuk makan bakmi rebus. Waktu penjual itu menghidangkan bakmi, dia bertanya “Bapak sedang mencari kebenaran ya?”

      Aku sangat terkejut dengan pertanyaan penjual bakmi ini. Biasanya akulah yang tahu dan bisa menebak persoalan orang lain, tetapi mengapa penjual bakmi ini malah bisa mengetahui keadaan hatiku? Dan ketika aku terawang dia, ilmuku tidak bisa menembus untuk “melihat” keadaan dia. Dilihat secara nalar, penjual bakmi ini tidak ada keistimewaan apa-apa. Dia hanyalah seorang tua setengah baya, kurus dan keturunan cina. Ternyata dia seorang Kristen.

      Waktu itu aku tidak tahu kalau orang Kristen yang sungguh-sungguh di dalam Tuhan, dalam dirinya ada Roh Allah. Sehingga tidak tembus di terawang dan juga tidak mempan disantet.

      Dia memberiku sebuah kitab Injil untuk dibaca. Dia bilang dari buku ini aku bisa menemukan apa yang aku cari. Karena aku merasa kalah, maka aku terima apa yang dia berikan.

      Tersingkap

      Aku baca dan teliti kitab itu dengan seksama. Sebelumnya aku tidak pernah dan tidak boleh membaca buku Injil. Karena dianggap itu bukunya orang kafir, kitab palsu. Sekarang alasan itu malah membuat aku makin penasaran, mengapa kok tidak boleh membacanya.

      Setelah aku baca buku Injil itu, aku menemukan satu nama yang luar biasa, yaitu nama Yesus Kristus. Pribadi ini berkata “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup” (Yohanes 14:16a). Selama ini yang aku terima hanyalah petunjuk jalan atau yang menunjukan ada jalan kepada Allah yang sejati. Dan ketika aku ikuti ternyata tidak bisa menemukan jalan itu. Disuruh ini itu, tirakat ini itu, melakukan ini itu tapi jalan ini bukan makin terang malah makin gelap dan akhirnya tanpa jawaban yang pasti.

      Tetapi pribadi Yesus berkata: Akulah Jalan! Akulah Kebenaran! Akulah Hidup! Bagiku ini suatu pernyataan yang luar biasa. Dia tidak menunjuk pada sesuatu. Tetapi Dia menunjukan diri-Nya? Itulah jalan dan kebenaran dan Hidup kekal.

      Siapakah pribadi ini yang berani mengatakan seperti itu? Belum pernah aku membaca atau mendengar seorang tokoh dunia sehebat apapun yang berani mengatakan seperti itu. Siapa pribadi ini, yang oleh orang Kristen dianggap sebagai Tuhannya? Dulu aku hanya mendengar tentang Yesus yang banyak melakukan mujizat. Maka aku menyebutnya sebagai dukun Israel . Tapi kali ini aku membaca langsung kisahNya. Makin aku baca makin penasaran dibuatnya. Bahkan tentang kematian, Yesus memberi jawaban yang pasti:
      “Akulah kebangkitan dan hidup; barang siapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepadaKu, tidak akan mati selama-lamanya? .” (Yohanes 11:25,26).

      Jaminan kehidupan kekal bagi orang yang percaya kepada-Nya. Guruku tidak bisa menjawab, roh-roh yang aku ikuti tidak memberikan jawaban. Kakekku dan pamanku selain tidak punya jawaban juga akhir hidupnya sanggat mengenaskan.

      Tetapi dari buku Injil ini, menyingkap dan member jawaban apa yang menjadi kebutuhan dan pertanyaan manusia yang menacri Tuhan yang hidup dan yang sejati. Dan buku Injil mengungkapkan bahwa Yesus adalah Tuhan. Firman Allah yang menjelma menjadi manusia. Hidup di bumi sebagai manusia Allah untuk menyatakan kasih Allah akan dunia ini, menyatakan kuasanya, bahkan rela mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia. Bukan mati untuk dikubur selamanya.

      Tetapi tiga hari bangkit kembali dan naik ke surga. Dan dari surga mengkaruniakan Roh Kudus yaitu Roh Yesus Kristus itu sendiri kepada setiap orang yang mau percaya kepada-Nya. Luar biasa, inilah yang disebut tingkat kasampurnan dalam ilmu perdukunan, yaitu menyatunya roh manusia dengan roh “Tuhan”.

      Dengan Roh itu manusia menjadi ciptaan baru, menjadi memiliki hayat kekal Allah, memiliki hidup yang kekal, luar biasa. Ini benar-benar kasampurnan atau sempurna, menyatunya roh manusia dengan Roh Allah. Dan jalan-Nya begitu mudah, yaitu hanya percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan juru selamatnya. Bagiku ini suatu yang sangat mustika. Dua bulan aku mendalami buku Injil dan membandingkannya dengan buku-buku kebatinan lainnya. Dalam kepercayaan Jawa diyakini akan datangnya Sang Ratu Adil.

      Dan jika seseorang menjadi pengikut ratu adil, dia akan dikatakan menjadi orang yang “Sekti tanpa aji” artinya sakti tanpa harus membawa atau mempunya ajian atau jimat-jimat. Jika seseorang masih mengandalkan jimat, atau memegang jimat-jimat berarti orang itu belum ketemu dengan Sang Ratu Adil yang sesungguhnya.

      Di buku Injil dikatakan seseorang yang percaya kepada Yesus Kristus, akan menerima Roh Kudus yaitu Roh Allah “Barang siapa mengaku bahwa Yesus adalah anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah” (1 Yohanes 4:15).

      Maka orang Kristen yang sungguh-sungguh di dalam Tuhan, dalam dirinya ada Roh Allah. Dia tidak membutuhkan jimat untuk menangkal santet dan tenung.

      Karena dalam diri orang Kristen yang sungguh-sungguh di dalam Tuhan, dalam dirinya ada Roh Allah. Dan tidak ada orang yang mampu melawan Allah. Maka dapat dikatakan orang yang percaya Yesus menjadi orang yang sekti tanpa aji. Berarti Yeus inilah yang dimaksud sebagai Sang Ratu Adil dalam kepercayaan Jawa. Secara teori buku Injil memang lebih meyakinkan aku. Dan aku menerima kebenaran ini, tapi tetap sebagai teori.

      Bertanya Kepada Roh Bima

      Seperti yang dikatakan oleh penjual bakmi, aku akan menemukan kebenaran jika aku membaca buku Injil. Tetapi aku tidak bisa begitu saja menerima kebenaran dari buku itu. Meskipun itulah yang aku cari. Dan aku juga tidak mau lagi bertanya kepada manusia. Karena aku merasa diapusi terus atau tertipu terus oleh orang-orang.

      Dan satu hal yang aku dapatkan di perguruan ilmu putih, roh-roh putih kalau ditanya maka dia akan menjawab. Hanya kalau ditanya tentang akhir kehidupan manusia atau kehidupan setelah kematian, roh putih tidak pernah mau menjawab, atau mengatakan keadaan yang sesungguhnya.

      Waktu itu aku masih percaya bahwa roh putih tidak akan berbohong. Karena sudah mencapai tingkat ilmu kawijayan, maka aku bisa berdialog dengan roh-roh. Aku semedi untuk berkontak dengan roh yang menamakan dirinya roh Bima. Bima adalah nama tokoh dalam wayang Jawa. Dalam ilmu kebatinan, roh-roh ini mempunyai nama tokoh tertentu sesuai dengan kekuatan roh itu. Biasanya nama tokoh sejarah ataupun tokoh pewayangan. Roh Bima inilah yang selama ini aku ikuti dan yang memberikan kekuatan gaib padaku.

      Dua hal aku tanyakan pada roh Bima ini. Satu, apakah isi kitab Injil itu benar adanya? Dan yang kedua, siapa Yesus Kristus itu?
      Jawaban yang aku dapat dari Roh Bima adalah:
      Isi kitab Injil Benar Adanya. Jawaban ini sesuai dengan yang tertulis di surat Efesus 1:13 “karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu? .” Jadi Injil adalah firman kebenaran.
      Yesus Kristus Adalah Roh Yang Paling Kuat Di Dunia dan Di Akherat.
      Jawaban ini seperti yang tertulis di surat 1 Yohanes 4:4b

      “sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.” Dan ini sesuai dengan dikatakan Yesus seperti yang tertulis di Injil Matius 28:18 “Yesus mendekati mereka dan berkata: Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi.”

      Jawaban ini membuatku tidak bisa berdalih lagi. Mau tidak mau aku harus percaya pada Injil dan juga pada Yesus Kristus.. Karena berdasarkan pengalamanku selama ini roh putih tidak pernah membohongiku. Dan juga ketika aku membaca Injil dengan seksama, aku mendapatkan kebenaran-kebenaran yang selama ini tersembunyi bagiku.

      Injil adalah kebenaran dari Allah. Yesus Kristus adalah Tuhan. Yesus adalah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada orang yang bisa sampai pada Allah yang benar dan sejati (Bapa) tanpa melalui nama Yesus Kristus.
      “Kata Yesus kepadanya: Akulah jalan dan kebenaran dan hidup, tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku.” Yohanes 14:6, hanya nama Yesus Kristus inilah yang diberikan kepada manusia yang oleh-Nya, manusia dapat diselamatkan “dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia (Yesus), sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan”, (Kisah Para Rasul 4:12)

      Lumpuh

      Setelah mendapatkan jawaban dari roh itu. Maka aku menjadi mantap dan pasti. Nama Yesus itulah yang harus aku ikuti! Maka aku minta kepada roh Bima untuk aku dapat berkontak dengan Roh Yesus Kristus. Biasanya jika aku ingin kontak dengan roh-roh yang aku inginkan, maka roh Bima akan melayani dengan baik. Jika aku ingin bertemu dengan roh Nyai Roro Kidul pun akan dikabulkan. Dengan semedi di Pantai Selatan, maka roh Nyai Roro Kidul akan muncul, sehingga aku bisa melihat dan berkontak dengan roh itu. Namun permintaanku untuk dapat kontak dengan Roh Yesus Kristus ditolak mentah-mentah, bahkan dihalang-halangi.

      Sekarang aku bisa mengerti mengapa roh Bima menolak untuk aku bisa kontak dengan Roh Yesus Kristus. Memang roh itu tidak berbohong dalam memberi jawaban atas pertanyaanku. Tetapi jika berkaitan dengan keselamatan dan kehidupan kekal dia menolak bahkan menghalangi seseorang untuk mendapatkan keselamatan. Inilah tipu daya atau dusta iblis. Dia memberikan kesaktian tetapi dia menjauhkan manusia dari keselamatan kekal. Seperti yang tertulis di Injil Yohanes 8:44 “Iblislah yang menjadi bapamu?.ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab didalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.”

      Karena roh Bima ini menghalang-halangi aku untuk bisa berkontak dengan Roh Yesus Kristus yang adalah jalan kebenaran dan kehidupan ini, aku menjadi makin penasaran. Berarti roh ini bukan roh utusan Tuhan, sebagaimana dia mengaku selama ini. Melalui buku Injil yang aku baca, aku menjadi paham bahwa roh yang aku selama ini adalah roh-roh gelap, roh setan. Dan seperti yang aku baca dalam kitab Injil tentang mengusir setan-setan: “tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku.” ? Markus 16:17.

      Maka aku lakukan saja, aku mencoba berdoa mengusir roh Bima dalam nama Tuhan Yesus. Saya katakan “Seperti yang ditulis dalam buku Injil, aku usir roh Bima dalam nama TUhan Yesus Kristus! Aku usir roh Bima dalam nama Tuhan Yesus Kristus! Amin!

      Ajaib sekali, aku merasakan roh Bima itu meninggalkan tubuhku. Seperti hembusan angin segar datang dan menyapu debu-debu dalam diriku. Roh Bima itu pergi dan tidak pernah kembali lagi. Aku mendapatkan damai sejahtera yang luar biasa yang belum pernah aku rasakan.

      Selama berada dalam perguruan kebatinan aku belum pernah mendapatkan damai sejahtera yang seperti itu, bahkan sebaliknya lebih banyak kecemasan dan ketakutan dalam batin. Jika dibandingkan seperti bumi dengan langit.
      “sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah?” Roma 8: 15.

      Dalam dunia ilmu kebatinan, manakala kita mendapatkan ilmu tertentu, kita merasa senang. Tapi dibalik itu, akan begitu banyak hal yang menakutkan yang membuat hati tidak tenang. Ada banyak pantangan-pantangan yang tidak boleh kita langgar.

      Jika kita melanggar maka kita akan celaka atau mati. Inilah roh perbudakan. Belum lagi adanya ancaman lawan dari perguruan yang lain. Kita setiap saat bisa diserang oleh orang lain yang ilmunya lebih tinggi dari kita, dan kita bisa celaka. Seperti pengalamanku bersama seorang teman, ketika mendapat tugas dari guru kami untuk mengambil pusaka di daerah Madiun.Di dalam bis ditengah perjalanan tiba-tiba teman sebelahku muntahdarah dan mati. Itu berarti kami mendapat serangan dan temanku kena. Kamipun batal pergi ke Madiun.

      Hal ini menimbulkan beban dan kecemasan dalam kehidupan sehari-hari. Itulah yang kami dapat dari ilmu kebatinan, yaitu kecemasan dan ketakutan. Saat roh Bima meninggalkan tubuh, aku seperti mendapatkan aliran roh yang baru. Saat itu aku belum tahu bahwa itulah Roh Kudus, Roh Yesus Kristus sendiri. Namun pada waktu yang bersamaan aku juga merasakan bahwa semua kekuatan ilmu-ilmuku telah lumpuh total. Aku tidak lagi mempunyai kemampuan paranormal, tidak lagi kebal, ilmu terawang, ilmu santet dan ilmu-ilmu yang lain telah hilang semua. Aku menjadi manusia biasa lagi.

      Beberapa waktu aku merasakan suatu kegalauan dalam pikiranku. Namun pengalaman damai sejahtera itu tidak mudah dilupakan. Bahkan menjadikan kegairahan baru untuk terus dan tetap mengikuti jalan Tuhan yang hidup dan yang sejati. Yaitu Yesus Kristus Tuhan. Aku mantap mengikuti nama itu.

      Sesungguhnya kebutuhan manusia yang utama dan terutama adalah keselamatan jiwanya dan bukan kesaktian. Apa gunanya seseorang memperoleh kesaktian yang luar biasa dalam dunia ini, namun tidak mendapatkan keselamatan hidup di alam kekekalan. Seperti tertuls di Injil Matius 16: 26 “apa gunanya seseorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?”

      Okultisme dan Iman Kristen

      Setelah mengikuti jalan Tuhan, aku mendapatkan terang dari firman Tuhan..

      Di dunia ini hanya ada dua sumber kekuatan gaib, yaitu dari Tuhan atau dari Setan! Tidak ada sumber yang lain. Apapun istilahnya: ilmu hitam, putih atau abu-abu hanya ada dua sumber, dari Tuhan yang benar atau dari setan! Kenali siapa yang anda ikuti! “demikian kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, dan setiap roh yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah.” ? 1 Yohanes 4: 2, 3a.

      Hanya di dalam Tuhan Yesus, kita ada pada tingkat kasampurnan atau sempurna. Karena siapa saja yang percaya kepada Yesus, maka Roh Allah akan menyatu dalam dirinya. Menerima Roh Allah berarti lahir menjadi anak-anak Allah. “tetapi semua orang yang menerima-Nya (Yesus Kristus) diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama Yesus Kristus: orang-orang yang diperanakan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani,?melainkan dari Allah” ? Yohanes 1:12, 13. “kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: ya Abba, ya Bapa!” ? Roma 8: 15b “tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu Roh dengan Dia” – 1 Korintus 6:17

      Roh Yesus Kristus itulah Roh yang paling kuat. Tidak mempan santet dan tidak ada yang mampu mengalahkan. Itu juga diakui oleh orang-orang yang berada dalam ilmu perdukunan. Mereka tidak mampu melawan Roh Kudus yang berada di dalam diri orang Kristen yang betul-betul hidup di dalam Tuhan.
      “kamu berasal dari Allah, anak-anak Ku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar daripada roh yang ada di dalam dunia.”

      Di dalam dunia ini ada roh-roh yang ingin disembah oleh manusia. Dialah roh-roh gelap, yang menipu manusia dalam berbagai bentuk dan istilah. Ilmu hitam, ilmu putih, arwah orang mati dll. Semua itu sebenarnya hanyalah manifestasi dari iblis untuk menipu manusia supaya takluk dan takut pada roh-roh dunia ini. Dan ujungnya menuju maut yaitu kematian kekal di neraka. Itulah tujuan iblis menyesatkan manusia. Sungguh mengerikan. “pencuri (iblis) datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan” ? Yohanes 10: 10a.

      “kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis; karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging (manusia), tetapi melawan?penghulu- penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat diudara” ? Efesus 6:11, 12.

      “ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut.” ? Amsal 14: 12.

      Orang yang percaya Tuhan Yesus, diberi kuasa untuk mengusir setan dengan segala atributnya dan menjadi orang-orang yang bebas dari belenggu kuasa gelap. Hanya nama Yesus yang berkuasa di surga dan di bumi.

      “Yesus mendekati mereka dan berkata: kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi.” ? Matius 28:18

      “Tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: mereka akan mengusir setan-setan demi nama-Ku,” ? Markus 16:17a

      Bagi saudara-saudara yang selama ini berhubungan dengan kuasa-kuasa gelap, aku menasehati dengan segala kerendahan hati, bertobatlah dan tinggalkan jalanmu itu. Kamu sedang ditipu! Percaya dan terimalah Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamatmu. Ia akan membebaskanmu dari kegelapan, mengampuni dosa-dosamu dan memberikanmu hayat kekal-Nya, untuk kehidupan kekal.

      “Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: Akulah terang dunia; barangsiapa mengikuti Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.” ? Yohanes 6:12

      “Aku (Yesus) datang supaya kamu mempunyai hidup kekal dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.” ? Yohanes 10: 10b

      “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan mensucikan kita dari segala kejahatan.” ? 1 Yohanes 1:9

      “dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tanganKu.” ? Yohanes 10:28

      Bagi orang-orang Kristen yang setengah-setengah, anda adalah makanan empuk untuk dipermainkan oleh Iblis. Jadilah kuat oleh firman Tuhan. “Tunduklah kepada Allah dan lawanlah Iblis, maka Ia akan lari daripadamu.” – Yakobus 4:7

      “sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh,” ? 1 Petrus 5:8, 9a.

      Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.” ? Kisah Para Rasul 2:38.

      “sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan. ” ? Roma 10:9-10.

      Demikianlah kesaksianku. Masih banyak perkara yang tidak kutuliskan disini.. Namun yang pasti hanya di dalam pribadi Yesus Kristus, kita dapat mencapai tujuan iman kita. Yaitu keselamatan jiwa di dunia dan di akherat.

      Amin.

      • banyak bacot aja luh, si murtad yg lu bilang ini dukun,itu bukan Islam, musyrik manusia satu ini, malah dekat dengan kafir, laknat Allah pada tukang sihir,dukun ,paranormal, cobalah baca sudah dari kecil sudah belajar jadi dukun,semua ilmu hitam yg coba dia kuasai itu ada ritual puasa dan amalan2 syirik. Ilmu hitam si murtad ini bukan ecek ecek! sungguh menyedihkan si murtad ini! mau ilmu kanuragan saja itu pakai ritual dan wiridan yg tidak ada contohnya dalam agama Islam, puasa sunnah dan wajib itu ada aturan dalam agama. Kisah nyatamu ini hanya omong kosong. Bagaimana bisa roh bima bisa beritahu kalau yesus itu tuhan,,roh bima yg kau bilang itu jin yg si murtadin sendiri tertipu olehnya. perlu kau camkan ini, orang2 punya ilmu sihir hidup mereka itu sulit mereka itu punya banyak jin didalam tubuh,tempel semua ditubuhnya,mereka tidak bisa meninggalkan tubuh manusia syirik begitu saja.kecuali bertobat.tidak usah omong kosong. manusia punya ilmu sihir,ilmu tenaga dalam pasti ada jin didalamnya itu sudah pasti sebab dia bersekutu selain Allah.

        loh gak bisa kasih dalil didalam injil buat bantahan binramlan yg ada dikasih kisah nyata begini. gak ada ilmiahnya. kalau begini saja umat muslim yg mengerti buat cerita juga pasti bisa! mana dalil dan bantahanmu. sepanjang gue baca yg bela agama ;oh gak ada itu jawabnya tetap semangat gbu, tetap semangat gbu, yesus tuhan, apa lah. itu ! kalau ada diskusi seperti ini,jadi gak menarik,gak berbobot,istilahnya jawaban dan bantahan gak ada gizinya! gak nyambung, gue juga bisa bilang dan sodorin ini cerita fakta dr prof. buatan gue sendiri secara sepihak.
        apalah kau ini! gitu doang jawabannya choy

  40. Cepat Murtad wahai slimer dari kitab sesat mu dari nabi ngaceng kerjaan ngentot melulu…
    Tuh di tiru ma ugb alaih alaih tawarkan kesembuhan suru bayar,
    diobok obok lagi slimer slimer …..? Go to hell with your fake phropet

  41. ANDA-ANDA SEKALIAN……..INGAT…..INGAT…..Ingat ekilat.com…….. jangan sampai blog-2 dan wordpress-2 ini nasibnya sama. Terkecuali anda orang baru di dunia MAYA. Yang nulis dan komentar bisa orang yang sama.

    AGAMA bukan untuk diperdebatkan tetapi untuk mencari kedamaian bagi PEMELUKNYA.

  42. ass.wr.wb Jgn pada ribut lah gk enak sama yg punya blog, mana pada gk ngucapin salam lagi😐

    mnurut saya smua agama itu sama saja (islam,kristen,budha,hindu dll) tidak ada yg mengajarkan pembunuhan kekerasan dll, kalau soal mukzijat itu kan sudah banyak di tuliskan di al qur’an jdi gk ush di perdebatkan (y) smua tergantung iman kita dan ketakwaan kita🙂 oke sob wasalam🙂

  43. Jangan mencobai TUHAN Allah mu dengan sembarangan.
    Walaupun engkau tidak mengakui TUHAN YESUS.
    DIA tetaplah TUHAN mu.
    Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku(TUHAN YESUS) dalam nama-Ku(TUHAN YESUS), Aku(TUHAN YESUS) akan melakukannya
    Tujuan dari mujzat adalah pembuktian bahwa YESUS adalah TUHAN agar engkau percaya..
    Jika engkau tidak mengakui TUHAN Yesus gagalkanlah dengan kuasa/cara yang engkau punya dan percayai.
    Tetapi ketahuilah murid TUHAN YESUS tidak dapat membencimu karena
    Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya
    “Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku(TUHAN YESUS) dari pada kamu.

  44. 1.Kristen tidak akan punya mukjizat..
    2.bukan yesus kristus,tetapi Nabi Isa As.
    3.bukan nabi isa yang di salib tetapi yidas iskarot..
    4.Injil yg ada sekarang,adalah palsu karena telah dirubah kebenarannya..
    5.Alquran tidak pernah menjiplak dari Injil palsu..
    6.Di dalam injil barnabas tertulis nabi terakhir yaitu Nabi Muhammad Saw.
    7.manusia tetaplah manusia,tidak akan bisa menjadi tuhan..
    8.Tuhan itu Esa.Yaitu Allah Swt.
    9.Islam adalah agama yang di rhidoi oleh Allah.
    10.Allah tidak di peranakan,dan juga tidak beranak..
    11.lucu klo tuhan punya anak,emangnya.
    12.Nabi Isa as/yesus bukan Tuhan,tetapi Nabi/utusan Allah.
    13.Nabi terakhir adalah Nabi Muhammad.

    Sadarlah….

  45. Di Alquran saja dikatakan Isa Ibnu Mariam (Yesus Kristus) adalah orang suci Rahmat dari Allah, Yang termuka di dunia dan di akhirat, RohUllah, KalimatUllah, yang mengetahui hari kiamat dan yg akan menghakimi manusia di hari kiamat.
    Sungguh berdosa nya orang yg telah memfitnahNya dgn mengatakan berzinah. Yg jelas orang itu yg akan mempertanggung jawabkan pikiran dan perkataan kotornya itu di hadapan Sang Hakim Maha Agung di akhir zaman. Tapi semoga sebelum terlambat org itu bertobat dan Tuhan Yesus Mahakasih akan mengampuninya.

  46. Boleh tanya buat sodara ku kaum nasrani jika yesus tuhan ЌήPª? Kok ϑ¡ salib łrs jika ϑ¡ salib untuk mnanggung dosa umat nya ℓнα łrs tujuan hidup ϑ¡ dunia bgi kalian untuk ɑɑpPªª? Kan udah ăϑα̲ Чåлg nanggung dosa nya

  47. Catatan ringkas saja,
    1. Islam sangat menghormati Nabi Isa dan Maria Ibunya.
    2. Islam tidak mengakui Nabi Isa sebagai Tuhan. Isa adalah Nabi Allah yang mulia.
    3. Kelahiran Nabi Isa dari Maria yang aneh karena tanpa Bapak dan Maria tetap suci dan perawan sampai ia melahirkan Isa, tentu tidak bisa dijadikan dalil untuk menyatakan Isa adalah anak Allah. Nabi Adam, yang tanpa bapak dan ibu tentu lebih aneh dibanding Isa. Meskipun demikian, Adam yang dilahirkan tanpa bapak dan ibu tidak disebut sebagai anak Allah.
    4. Menganut agama Islam tidak boleh ada paksaan, karena beraga Islam adalah hidayah (petunjuk). Jika tidak menganut Islam artimya belum mendapatkan hidayah atau petunjuk trsebut.
    5. Muhammad adalh nabi terakhir, tidak ada nabi setelah beliau.
    6. Mari kita buktikan di hari akhirat nanti bahwa keyakinan Islam tentang Isa sebagai nabi adalah yang benar. Allah akan memberi tahu hal tersebut (jika anda tidak percaya isi Al Quran yang menyatakan kenabian Isa).

    Salam

    Hade

  48. -Kebohongan Total Al Kitab-

    AYAT-AYAT ILLAHI :

    Tuhan itu Esa (monotheisme), bukan Trinitas
    1. Tauhid Nabi Musa (Ulangan 4:35, Ulangan 6:4, Ulangan 32:39).
    2. Tauhid Nabi Daud (II Samuel 7:22, Mazmur 86:8).
    3. Tauhid Nabi Sulaiman (I Raja-raja 8:23).
    4. Tauhid Nabi Yesaya (Yesaya 43: 10-11, Yesaya 44:6,Yesaya 45:5-6, Yesaya 46:9).
    5. Tauhid Yesus (Markus 12:29, Yohanes 5:30, Yohanes 17:3).

    Yesus bukan Tuhan dan tidak sama dengan Tuhan
    1. Yesus lebih kecil daripada Tuhan (Yohanes 10:29).
    2. Tuhan lebih besar dari pada Yesus (Yohanes 14:28).
    3. Yesus duduk di sebelah kanan Tuhan (Markus 16:19, Roma 8:4).
    4. Yesus berdiri di sebelah kanan Tuhan (Kisah Para Rasul 7:56).
    5. Allah tahu kapan datangnya kiamat, sedang Yesus tidak tahu (Matius 24:36).
    6. Yesus bersyukur kepada Tuhan (Matius ll:25, Lukas 10:21).
    7. Yesus berteriak memanggil Tuhan (Matius 27:46, Markus 15:34).
    8. Yesus menyerahkan nyawanya kepada Tuhan (Lukas 23:44-46, Yohanes 19:30).
    9. Yesus disetir oleh Tuhan (Yohanes 5:30).

    Yesus adalah utusan Tuhan (Rasul Allah)
    Dalil : Markus 9:37, Yohanes 5:24, 30,7:29,33,8:16,18,26,9:4,10:36,II:42,13:20,16:5, 17:3,8,23,25.

    Tidak ada dosa waris dan Penebusan dosa
    Para nabi Allah tidak ada yang mengajarkan Dosa Waris dan Penebusan Dosa. Risalah Allah yang dibawa oleh semua nabi-Nya itu pada hakekatnya sama saja, yaitu Tauhid dan amal shalih. Semua nabi menekankan adanya tanggung jawab individu atas segala perbuatan setiap manusia (Yehezkiel 18:20, Ulangan 24:16, Matius 16:27, Yeremia 31:29-30, II Tawarikh 25:4).

    Nubuat akan datangnya seorang nabi akhir setelah Yesus
    Dalam Alkitab masih dapat ditemukan nubuat-nubuat para nabi yang memberikan sinyalemen akan datangnya seorang nabi terakhir yang menutup keberadaan para nabi sebelumnya. Keberadaan nabi terakhir yang pamungkas ini sangat penting artinya untuk kesempurnaan ajaran Tuhan kepada manusia di muka bumi.

    Namun, nubuat itu disampaikan dalam bentuk sandi-sandi bahasa yang dapat dipahami dengan penafsiran yang membutuhkan pemikiran akal yang tinggi.

    Ayat-ayat yang dimaksud adalah :
    1. Ulangan 18:18-20, tentang nabi diluar bani Israel dengan ciri-ciri: nabi seperti musa, tidak mati terbunuh dan semua perkatannya terjadi.
    2. Habakuk 3:3 jo. Ulangan 33;1-3, tentang nabi yang berhasil menegakkan syariat agama di tanah Arab.
    3. Yesaya 29:12, nabi yang tidak bisa membaca.
    4. Yesaya 41:1-4, nabi yang bisa perang, punya keturunan dan sudah lama ditunggu-tunggu oleh bangsa yang tertindas sebagai pembebas dan penyelamat dari penindasan kaum yang zalim.
    5. Yesaya 42:1-4, nabi yang menegakkan hukum kepada bangsa-bangsa lain dan tidak pernah berteriak dengan suara nyaring.
    6. Yeremia 28:9, tentang nabi yang membawa damai.
    7. Kejadian 49: 1, 10 dan Matius 21: 42-43, nabi tersebut keturunan nabi Ismail.
    8. Yohanes 1: 19-25, datangnya setelah zaman Yahya dan Yesus.
    9. Yohanes 16:7-1 5, nabi yang mendapat julukan “Penolong yang lain” dengan ciri-ciri: manusia biasa, memiliki gelar ‘penghibur’ dan ‘al-amin/orang benar jujur terpercaya’, tidak berkata-kata dari dirinya sendiri dan memuliakan nabi Isa dengan alaihisalam.
    10. Dan lain-lain.

    AYAT-AYAT BUATAN MANUSIA :

    Ayat-ayat Porno (cabul)
    1 Yehezkiel 23: 1-21, ayat-ayat jorok tentang seksual.
    Diceritakan di dalamnya penyimpangan seksual yang sangat berbahaya bagi perkembangan psikologis bila dibaca oleh anak-anak di bawah umur. Ada kalimat-kalimat yang sangat cabul dengan menyebut buah dada, buah zakar, menjamah-jamah, memegang-megang, birahi, dan lainlain.

    2. Yehezkiel 16: 22-38, ayat porno yang bugil-bugil.
    “….Waktu engkau telanjang bugil sambil menendang nendang dengan kakimu …. (ay.22). “…dan menjual kecantikanmu menjadi kekejian dengan meregangkan kedua pahamu bagi setiap orang yang lewat, sehingga persundalanmu bertambah-tambah” (ay.25.”Engkau bersundal dengan orang Mesir, tetanggamu, si aurat besar itu…..”(ay.26). “engkau bersundal juga dengan orang Asyur, oleh karena engkau belum merasa puas ya, engkau bersundal dengan mereka, tetapi masih belum puas” (ay.28). “Betapa besar hawa nafsumu itu, demikianlah firman Tuhan ALLAH” (ay. 30). “….engkau yang memberi hadiah 1 umpan kepada semua yang mecintai engkau sebagai bujukan, supaya mereka dari sekitarmu datang kepadamu untuk bersundal” (ay. 33). Aku akan menyingkap auratmu di hadapan mereka, sehingga mereka melihatseluruh kemaluanmu: (ay.37).

    3. Ulangan 23: 1-2, Tuhan menyebut “Buah Pelir”.

    4. Hosa 3: 1, nabi Hosea disuruh Tuhan untuk mencintai perempuan yang suka bersundal (pelacur) dan berzinah. Jika benar bahwa Tuhan pernah menyuruh nabi-Nya untuk mencintai pelacur, semua laki-laki akan rebutan menjadi nabi. Dan, semua wanita akan rebutan untuk menjadi pelacur, supaya dicintai oleh nabi Allah.

    5. Kidung agung 4:1-7, puisi rayuan yang memuji kecantikan dengan menyebut buah dada dan susu.

    6. Kejadian 38:8-9, kisah asal-usul onani (masturbasi) oleh leluhur Yesus.

    7. Kidung Agung 7:6-13. Puisi Kenikmatan Cinta yang memuji kecantikan dan cinta yang memakai kata-kata seksual, yakni keindahan buah dada dan keinginan untuk memegang-megang buah dada. “Sosok tubuhmu seumpama pohon korma dan buah dada gugusannya. Aku ingin memanjat pohon korma itu dan memegang gugusan gugusannya.Kiranya buah dadamu seperti gugusan anggur.

    Pelecehan Alkitab (Bibel) kepada Tuhan
    1. Tuhan menyesal dan pilu hati? (Kejadian 6:5-6, Keluaran 32:14).
    2. Tuhan mengah-mengah, megap-megap, dan mengerang seperti perempuan yang melahirkan? (Yesaya 42:13).
    3. Roh Tuhan melayang-layang (terapung-apung) di atas permukaan air? (Kejadian 1:1-2).
    4. Tuhan jorok, menyuruh makan tahi? (Yehezkiel 4:12-1 5).
    5. Tuhan kelihatan alas kaki-Nya? (Keluaran 24:10).
    6. Tuhan merasa jenuh/jemu/bosan? (Yeremia 15:6).
    7. Tuhan petak umpet dengan Adam? ( Kejadian 3:8-10).
    8. Tuhan besanan dengan manusia? (Kejadian 6:2).
    9. Tuhan kalah dalam duel melawan Yakub? (Kejadian 32:28).
    10. Tuhan bersiul memanggil manusia? (Zakharia 10: 8).
    11. Tuhan bersuit? (Yesaya 7: 18, Yesaya 5: 26).
    12. Tuhan menengking? (Yeremia 25: 30)
    13. Tuhan lelah kepayahan dan kecapaian? (Keluaran 31: 17).
    14. Tuhan menyuruh mencintai pelacur? (Hosea 3:1).
    15. Tuhan kelihatan punggungnya-Nya? (Keluaran 3 3: 23).

    Pelecahan Alkitab (Bibel) kepada Para Nabi Allah
    1 . Nabi Nuh mabuk-mabukan sampai teler dan telanjang bugil (Kejadian 9: 18-27).

    2. Nabi Luth menghamili kedua putri kandungnya sendiri dalam dua malam secara bergiliran (Kejadian 19:30-38). Heboh … !!! Skandal seks ayah dan anak kandung oleh nabi??

    3. Nabi Daud melakukan skandal seks dengan Batsyeba, istri anak buahnya sendiri. Setelah Batsyeba mengandung suaminya dibunuh oleh Daud, kemudian Batsyeba dinikahi Daud diboyong ke istana (II Samuel l l: 2-27).

    4. Ketika sudah tua, Nabi Daud tidur dengan perawan yang masih muda (I Raja-raja 1: 1-3).

    5. Nabi Yakub bekerja sama dengan ibu kandungnya untuk membohongi dan menipu ayah kandungnya, supaya Israel diberkati (Kejadian 27: 1-46).

    6. Yehuda (putra Nabi Yakub) menghamili menantunya sendiri (Kejadian 38: 13-19). Skandal seksa ayah dan menantu dalam kitab suci!?

    7. Absalom (putra Nabi Daud) memperkosa gundik ayahnya sendiri (11 Samuel 16: 21-23). Perselingkuhan anak dengan ibu (gundik ayah) dalam Kitab Suci?!

    8. Amnon (putra Daud) memperkosa saudara perempuannya (II Samuel 13: 7-14). Incest antara anak nabi dengan saudaranya sendiri ?!?

    9. Ruben (putra tertua Nabi Yakub) melakukan hubungan seks dengan Bilha, gundik ayahnya (Kejadian 35:22). Gundik ayah diperkosa anaknya sendiri ?!?

    10. Nabi Sulaiman (Salomo) tidak taat kepada Tuhan karena lebih mencintai 700 istri dan menyimpan 300 gundik (I Raja-raja 11:3) Mustahil ada nabi yang rakus wanita..

    11. Nabi Harun membuat dan menyembah patung emas (Keluaran 32:2-4).

    12. Nabi Isa (Yesus) orang bodoh, idiot, dan emosional. Pada waktu bukan musim buah ara, Yesus mengutuk pohon ara yang tidak berbuah (Markus ll: 12-14; bandingkan: Yohanes 2:4 dan Yohanes 7:8-10).

    Catatan : Nama-nama pezinah tersebut ada dalam silsilah yesus (Matius 1:1-17 dan Lukas 3:23-38).

    Ayat-ayat yang tidak masuk akal (irasional)
    1. Anak lebih tua 2 tahun daripada ayahnya pada waktu II Tawarikh 21:5,20, Yoram berusia 32 tahun jadi raja dan memerintah Yerusalem selama 8 tahun lalu meninggal (pada usia 40 tahun). II Tawarikh 22: 1-2, Setelah Yoram meninggal, dia digantikan Ahazia, anaknya pada usia 42 tahun. Jadi, Ahazia lebih tua 2 tahun daripada ayahnya.

    2. Usia 11 tahun sudah tidak punya anak
    Ahas berumur 20 tahun ketika naik dan memerintah kerajaan selama 16 tahun (II Raja-raja 16:2). Sepeninggal Ahas, tahta kerajaan diganti oleh Hizkia, anaknya (II Rajaraja 16: 20). Hizkia berusia 25 tahun waktu naik tahta menjadi raja (II Raja-raja 18: 2).
    Jadi, dalam usia 11 tahun Ahaz sudah punya anak ??!!

    3. Tuhan salah hitung
    Kejadian 46: 8-1 5, disebutkan daftar nama-nama bani Israel yang datang ke Mesir berjumlah 34 nama. Padahal pada ayat 1 5 disebutkan “Jadi seluruhnya, laki-laki dan perempuan, berjumlah 33 jiwa”. Pakai Tuhan tidak pandai berhitung ??

    Ayat-ayat yang mustahil dipraktekkan

    1. Hukum Sabat
    Hari Sabat (Sabtu) adalah hari Tuhan yang harus dikuduskan. Pada hari itu setiap orang dilarang bekerja, dilarang memasang api di rumah (lampu, kompor, dan lain-lain) karena Sabat adalah hari perhentian penuh. Orang yang bekerja pada hari Sabtu harus dihukum mati (Keluaran 20:8-11,31:15,35:2-3).
    Ayat ini mustahil dipraktekan di jaman modem. Siapa yang sanggup mengamalkan ? Siapa yang mau dibunuh apabila melanggar hukum Sabat ?

    2. Bunuh orang kafir dan musyrik!! (Ulangan 13: 6-9)
    Ayat ini memeiintahkan kewajiban membunuh orang yang mengajak menyembah tuhan selain Allah. Ayat ini tidak bisa diterapkan. Buktinya umat Yahudi dan Kristen tidak pernah membunuh umat Hindu, Budha, Kong Hu Chu, dan lain-lain.

    3. Dilarang memakai pakaian yang dibuat dari pada dua jenis bahan (Imamat 19: 19).
    Bila ayat ini diamalkan, maka manusia akan kembali kepada jaman primitif, ketinggalan jaman, ketinggalan gaya dan tidak modernis.

    4. Cungkil mata yang menyesatkan orang untuk berbuat dosa (Matius 5:29).
    Secara Letterlijk maupun Figuurlijk, ayat ini mustahil dipakai. Bila diterapkan, maka banyak orang Kristen menjadi buta.

    5. Potong kaki dan tangan orang yang menyesatkan ke arah dosa (Matiusl8:8-9)
    Secara Letterlijk maupun Figuurlijk, ayat ini mustahi dipakai. Bila diterapkan, maka banyak orang kristen menjadi pincang dan buntung.

    6. Dilarang melawan penjahat (Matius 5: 39-44)
    Ayat ini mustahil dipraktekkan di masyarakat manapun. Bila ajaran ini diterapkan, maka menghancurkan tatanan sosial dan keamanan masyarakat. Apa jadinya di masyarakat apabila suatu kejahatan tidak dilawan ? Tidak melawan kejahatan berarti mendukung kejahatan. Bila kejahatan tidak dilawan, berarti mendukung kejahatan.
    Bila kejahatan tidak dilawan, maka kriminalitas akan meningkat dan subur berkembang.

    7. Kasihilah musuhmu (Lukas 6: 27-29). Ajaran ini sangat menguntungkan penjajah.

    8. Dilarang membawa perbekalan, dilarang membawa dua helai baju dan dilarang membawa kasur dalam pedalanan (Matius 10:9-10). Kenyataannya, umat Kristen sendiri tak ada yang bisa mengamalkan ayat ini.

    Ayat-ayat takhayul (mistis)
    Simson (Inggris: Samson) adalah utusan Tuhan yang sakti mandraguna selama rambutnya tidak dicukur. (Hakim-hakim 16:1-22).

    Diceritakan dalam kitab Hakim-hakim 16:1-22 bahwa Samson adalah utusan Tuhan yang sakti mandraguna. Dia bisa mencabut kedua daun pintu gerbang kota beserta kedua tiang dan semua palangnya, Ialu semuanya diletakkan di atas kedua bahunya dan dipindahkan ke puncak gunung (ay. 3). Tapi sayangnya dia jatuh cinta kepada seorang pelacur (wanita sundal) yang bernama Delila. Mala Delila disewa oleh raja Filistin dengan bayaran 1100 uang perak untuk mencari rahasia Samson (ay. 5).

    Di atas pangkuan pelacur Delila, akhimya Samson tergoda rayuan dan bujukan sehingga membuka rahasia kesaktiannya. Bahwa selama rambut kepalanya tidak dicukur, maka seluruh kekuatannya akan musnah dan dia menjadi orang lemah (ay. 17). Maka setelah nabi Samson tertidur di atas pangkuan pelacur Delila, rambutnya dicukur. Lalu musnahlah seluruh kesaktiaan dan kekuatan Samson. (ay.19). Kemudian kedua mata Samson dicungkil sehingga jadilah Samson buta mata akibat rahasia kesaktiannya dicukur (ay. 21).

    Cerita ini adalah cerita takhayul (mistik) yang biasanya berkembang di masyarakat primitif.

    Ayat-ayat Diskrimatif
    Perbuatan riba (rente) dilarang dilakukan kepada Israel, tapi boleh dilakukan kepada non Israel (Ulangan 23: 19-20).
    Ayat ini jelas buatan orang Yahudi, sebab tidak mungkin Tuhan berlaku diskiiminatif dengan melarang mengambil bunga uang kepada bangsa Yahudi, sementara mengambil bunga kepada orang selain Yahudi diperbolehkan. Dan sangat bertentangan dengan kitab Keluaran 22: 25: “Jika engkau meminjamkan uang kepada salah seorang umat-Ku, orang miskin diantaramu, maka janganlah engkau berlaku sebagai penagih hutang terhadap dia: janganlah kamu bebankan bunga kepadanya”.

    Ayat-ayat Ramalan Bibel yang meleset tak terpenuhi

    1. Ramalan Paulus tentang kedatangan Yesus (I Tesalonika 4: 16-17).
    Dalam ayat ini Paulus meramalkan bahwa setelah kebangkitan Yesus dari kubur, dia dan seluruh pengikutnya yang masih hidup itu akan diangkat bersama-sama dengan Yesus dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Ramalan ini tidak terpenuhi bukan Yesus yang menjemput Paulus, tapi pedang kaisar Nero yang memenggal leher Paulus di Roma tahun 64 M.
    Ramalan Paulus ini tidak akan terjadi, meski dia diberi waktu 2000 tahun lagi untuk menunggu kegenapan nubuatnya.

    2. Ramalan kedatangan Yesus (Matius 10:23, 16:28, Markus 9:1 dan Lukas 9:27).
    Yesus menubuatkan bahwa dia dan kerajaan Allah akan datang sebelum para muridnya selesai mengunjungi kotakota Israel. Ramalan ini meleset jauh, sebab sampai saat ini Yesus belum juga turun datang kembali ke dunia. Padahal para murid Yesus sudah mati semua 2000 tahun yang Ialu.

    3. Hak keturunan Abraham (Kejadian 21: 12).
    Dalam ayat ini Tuhan menubuatkan bahwa yang disebut keturunan Abraham adalah berasal dari Ishak. Nubuat ini meleset jauh besar, Sebab dalam I Tawarikh 1:28-30 Ismail juga disebut sebagai anak keturunan Abraham.

    4. Ramalan Tuhan Meleset (Yeremia 34:4-5)
    Dalam ayat Tuhan berfirman bahwa Zedekia, raja Yehuda tidak akan mati oleh pedang, melainkan akan mati dengan damai. Nubuat ini meleset jauh, dalam kitab Yeremia 52: 10-11 diceritakan bahwa pada dalam akhir hayatnya Zedekia tewas ditangan raja Babel. Sebelum meninggal, mata Zedekia dibutakan, lalu dibelenggu dengan rantai tembaga. Kemudian ditaruh dalam rumah hukuman sampai meninggal.

    5. Nubuat Tuhan tidak terjadi (Yeremia 36: 30).
    Dalam kitab Yeremia 36:30 Tuhan berfirman bahwa keturunan Yoyakim tidak ada yang naik tahta kerajaan Daud. Nubuat ini tenyata meleset. Diceritakan dalam kitab II Rajaraja 24: 6 bahwa sepeninggal Yoyakim, yang naik tahta menggantikannya adalah Yoyakin, anaknya.

    AYAT-AYAT KONTRADIKSI :

    Kontradiksi Perjanjian Lama
    1. Siapakah anak Daud yang kedua ?
    a. Kileab (II Samuel 3: 2-3).
    b. Daniel (I Tawarikh 3: 1)

    2. Di Yerusalem, Daud mengambil beberapa gundik atau tidak ?
    a. Ya! Daud mengambil beberapa gundik dan istrei (11 Samuel 5: 13-16).
    b. Tidak! Daud hanya mengambil beberapa isteri saja (I Tawarikh 14: 3-7).

    3. Berapa anak-anak Daud dari gundik di Yerusalem ?
    a. 11 orang (Samuel 5: 13-16).
    b. 13 orang (I Tawarikh 14 3-7).

    4. Di Kota mana Daud mengambil tembaga ?
    a. Betah dan Berotai (II Samuel 8: 8).
    b. Tibhat dan dari Kun (I Tawarikh 18: 8)

    5. Siapa anak Tou yang diutus untuk mengucapkan selamatkepada Daud ?
    a. Yoram (II Samuel 8: 10).
    b. Hadoram (1 Tawarikh 18: 9- 1 0)

    6. Dari orang bangsa saja Daud mengambil perak dan emas untuk Tuhan ?
    a. Aram (II Samuel 8: 11-12).
    b. Edom (I Tawarikh 18: 14-16).

    7. Siapakah panitera (sekretaris) Daud ?
    a. Seraya (II Samuel 8: 15-17).
    b. Sausa (I Tawarikh 18: 14-16).

    8. Berapakah tentara berkuda tawanan Daud ?
    a. 1.700 orang (II Samuel 8: 4).
    b. 7.000 orang (I Tawarikh 18: 4).

    9. Berapa ekor kuda kereta yang dibunuh Daud ?
    a. 700 ekor (II Samuel 10: 18).
    b. 7.000 ekor (I Tawarikh 19:18).

    10. Yang dibunuh Daud, pasukan berkuda atau pasukan jalan kaki ?
    a. 40.000 pasukan berkuda (II Samuel 10:8).
    b. 40.000 pasukan berjalan kaki (I Tawarikh 19: 18).

    11. Siapakah panglima musuh yang tewas di tangan Daud?
    a. Sobakh (II Samuel 10: 18).
    b. Sofakh (I Tawarikh 19: 18).

    12. Daud memerangi Israel atas hasutan Tuhan atau atas bujukan iblis ?
    a. Tuhan murka Ialu menghasut Daud (II Samuel 24: 1).
    b. Setan bangkit Ialu membujuk Daud (I Tawarikh 21:1)

    13. Siapakah kepala Triwira pengiring Yahudi ?
    a. Isyabaal, orang Hakhmoni (II Samuel 23: 8).
    b. Yasobam bin Hakhmoni (I Tawarikh 11:11).

    14. Kepala Triwira Daud membunuh berapa orang ?
    a. 800 orang (II Samuel 23:8).
    b. 300 orang (I Tawarikh 11:11).

    15. Berapakah angkatan perang Daud dari orang Israel ?
    a. 800 orang (II Samuel 24: 9).
    b. 1.100.000 orang (I Tawarikh 21:5).

    16. Berapakah angkatan perang Daud dari orang Yehuda ?
    a. 500.000 orang (11 Samuel 24:9).
    b. 470.000 orang (I Tawarikh 21:5).

    17. Berapakah kandang kuda milik Salomo (Sulaiman ?
    a. 40.000 kandang (I Raja-raja 4:26).
    b. 4.000 kandang (II Tawarikh 2:2).

    18. Berapa mandor pengawas kerajaan Salomo (Sulaiman)?
    a. 3.300 mandor (1 Raja-raja 5:16).
    b. 3.600 mandor (II Tawarikh 2:2).

    19. Berapa bat air di Bait Suci buatan Salomo ?
    a. 2.000 bat air (I Raja-raja 7:26).
    b. 3.000 bat air (II Tawarikh 4:5).

    20. Berapakah jumlah keturunan Yakub seluruhnya ?
    a. 66 jiwa (Kejadian 46:26).
    b. jiwa (Keluaran 1:5).

    21. Yang diharamkan, kelinci ataukah kelinci hutan ?
    a. Kelinci (Imamat ll: 6).
    b. Kelinci hutan (Ulangan 14: 6).

    22. Yang haramkan, babi ataukah babi hutan ?
    a. Babi hutan (Ulangan 14: 8, Imamat ll: 7).
    b. Babi (Yesaya 66: 17).

    23. Berapa lama Yoyakhim menjadi raja di Yerusalem ?
    a. 3 bulan (11 Raja-raja 24: 8).
    b. 3 bulan 10 hari (11 Tawarikh 36: 9).

    24. Berapa lama Yesua dan Yoab yang pulang kembali ke Yerusalem dan Yehuda dari pembuangan Nebukadnezar ?
    a. 2.812 orang (Ezra 2:6).
    b. 2.818 orang (Nehemia 7:11).

    25. Berapa anak-anak Benyamin ?
    a. 10 orang (Kejadian 46:21).
    b. 5 orang (Bilangan 26:38-39).
    c. 3 orang (I Tawarikh 7:6).
    d. 5 orang (1 Tawarikh 8:1-5).
    Komentar Silsilah anak Benyamin itu, semuanya tidak sama baik nama maupun jumlahnya.

    26. Berapa cucu Benyamin (anak-anak Bela) ?
    a. 5 orang (I Tawarikh 7:7).
    b. 9 orang (I Tawarikh 8:3-5).
    c. 2 orang (Bilangan 26:40).
    Buka dan bacalah ayat yang dimaksud. Terlihat jelas bahwa semua nama dan jumlah cucu Benyamin tidak ada yang sama.

    27. Tuhan salah dalam batasan usia ?
    a. Tuhan membatasi umur manusia hanya 120 tahun saja “Berfirman Tuhan: “Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia, karena manusia itu adalah daging, tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja” (Kejadian 6:3). “Maka berkatalah TUHAN,’Aku tidak memperkenankan manusia hidup selama-lamanya; mereka mahluk fana, yang harus mati. Mulai sekarang umur mereka tidak akan melebihi 120 tahun” (Kejadian 6:3, Alkitab Bahasa Indonesia Sehari-hari).
    b. Batasan usia dari Tuhan itu salah besar, karena banyak orang yang usianya melebihi 120 tahun. Adam hidup selama 930 tahun (Kej. 5:3-5), Set hidup selama 912 tahun (Kej. 5:6-8), Enos hidup selama 905 tahun (Kej.9-11), Keenam hidup selama 9 1 0 tahun (Kej. 5:12-14), Mahalaleel hidup selama 895 tahun (Kej. 5:15-17), Yared hidup selama 962 tahun (Kej. 5:18-20), Henokh hidup selama 365 tahun (Kej. 5:21-23), Metusalah hidup selama 969 tahun (Kej. 5:25-27), Lamekh hidup selama 777 tahun (Kej. 5:28-32), Nuh hidup selama 950 tahun (Kej. 9:29), Sem hidup selama 600 tahun (Kej. 11: 10-11), Arpakhsad hidup selama 438 tahun (Kej. 11:12-13), Selah hidup selama 433 tahun (Kej. ll: 14-15), Eber hidup selama 464 tahun (Kej. ll:16-17). Peleg hidup selama 239 tahun (Kej. ll:18-19), Rehu hidup selama 239 tahun (Kej.11: 22-21), Serug hidup selama 230 tahun (Kej. 11: 24-25), Sara hidup selama 127 tahun (Kej. 23: 1-2), Ismael hidup selama 137 tahun (Kej. 25:17), Nahor hidup selama 148 tahun (Kej. ll: 24-25), Yakub hidup selama 147 tahun (Kej. 47: 28), Lewi hidup selama 137 tahun (Kej. 6:15), Kehat hidup selama 133 tahun (Kej. 6:19), Harun hidup selama 123 tahun (BH 33:39), Ayub hidup selama 140 tahun (Ayub. 42: 16-17).

    28. Tuhan menyesal atau tidak ?
    a. Tuhan tidak punya sifat menyesal (I Samuel 15:29, Bilangan 23:19).
    b. Tuhan menyesal dan pilu hati karena telah menciptakan manusia yang akhimya cenderung berbuatjahat di muka bumi (Kejadian 6:5-6). Tuhan menyesal karena telah Saul sabagai raja di Israel (I Samuel IS: 10-11, 35). Tuhan menyesal setelah mengacungkan tangan ke Yerusalem (II Samuel 24:16).Tuhan menyesal karena telah merancang malapetaka (Yeremia, 26:3, Yeremia 42:10, Keluaran 32: 14).

    29. Tuhan bisa dilihat atau tidak ?
    a. Tuhan tidak bisa dilihat dan didengar (Yohanes 5: 37,I Timotius 1:17, I Timotius 6:16, Keluaran 33: 20, I Yohanes 4:12).
    b. Tuhan bisa dihhat dengan mata kepala (Keluaran 33:11), Kejadian 18:1, Yohanes 5:37), Keluaran 33:20; I Timotius 6:16, I Timotius 1: 17,I Yohanes 4:12, Kejadian 26:24).
    c. Tuhan kelihatan kaki-Nya (Keluaran 24:9-10).
    d. Tuhan kelihatan sedang duduk (Yesaya 6:1).
    e. Tuhan bias dilihat dari jauh(Yeremia 31:3).

    Sebenarnya masih ada ratusan lagi daftar kontradiksi dalam Perjanjian Lama. Tapi karena keterbatasan ruang muat, maka dalam indeks ini dicukupkan sampai disini daftar ayat kontradiksi dalam Perjanjian Lama. Untuk selengkapnya baca buku “Fakta Dan Data Kepalsuan Alkitab (Bibel)” yang akan segera terbit.

    Kontradiksi Perjanjian Baru :

    Silsilah Yesus dalam Alkitab bisa dilihat di dua kitab Injil yaitu Injil Matius 1:1-17 dan Injil Lukas 3: 23-38. sementara injil Markus dan Injil Yohanes diam seribu bahasa tak tahu menahu tentang silsilah Yesus.

    1. Siapakah leluhur Yesus dari Adam sampai dengan Abraham?
    a. Lukas menuliskan 21 nama dalam silsilah dari Adam sampai dengan Abraham.
    b. Matius tidak menuliskan satu nama pun dalam silsilah dari Adam sampai dengan Abraham. Apakah Tuhan tidak memberikan inspirasi Yesus kepada Matius ? Apakah Tuhan pilih kasih terhadap Lukas ? Padahal Lukas termasuk dalam daftar murid Yesus di Injil Matius 10:2-4.

    2. Berapa nama silsilah dari Abraham sampai dengan Daud ?
    a. Lukas mencatat 15 nama dari Daud sampai dengan Yesus.
    b. Matius hanya mencatat 14 nama dari Daud sampai dengan Yesus.

    3. Dalam silsilah dari Abraham sampai dengan Daud, siapakah anak Hezron?
    a. Anak Hezron adalah Arni (Lukas 3: 33).
    b. Anak Hezron adalah Ram (Matius 1: 3).

    4. Berapa nama silsilah Daud sampai dengan Yesus ?
    a. Lukas mencatat 43 nama dari Daud sampai dengan Yesus.
    b. Matius hanya mencatat 28 nama dari Daud sampai dengan Yesus.

    5. Siapakah kakek Yesus ?
    a. Yakub (Matius 1:6).
    b. Eli (Lukas 3:31).

    6. Siapakah anak daud yang menurunkan Yesus ?
    a. Salomo (Matius 1: 6).
    b. Natan (Lukas 3:31).

    7. Yesus memasuki Yerusalem naik apa ?
    a. Seekor keledai (Markus ll:7; Lukas 19:35).
    b. Seekor keledai betina dan seekor keledai (Matius 21:7).

    8. Ketika Yesus bertemu Yalrus, apakah anak perempuan Yairus sudah mati?
    a. Ya! Sudah mati! (Matius 9:18).
    b. Belum mati! Masih sakit dan hampir! (Markus 5: 23).

    9. Bolehkah membawa tongkat dan kasut dalam pedalanan ?
    a. Ya, boleh ! (Markus 6: 7-9).
    b. Tidak, tidak boleh!! (Matius 10: 9- 1 0, Lukas 9: 1-3).

    10. Kesaksian Yesus tentang dirinya, benar atau salah ?
    a. Tidak benar (Yohanes 5: 31).
    b. Benar (Yohanes 8:14).

    11. Berapa jumlah orang buta yang bertemu Yesus di Yerikho?
    a. Dua orang buta (Matius 20:29-30).
    b. Hanya satu orang buta saja (Markus 10:46).

    12. Dimana Yesus menemui orang kerasukan setan ?
    a. Di Gedara (Matius 8:28).
    b. Di Gerasa (Markus 5:1-2).

    13. Berapa jumlah orang kerasukan setan yang ditemui Yesus ?
    a. Ada 2 orang (Matius 8:28).
    b. Hanya 1 orang saja (Markus 5: 1-2).

    14. Apa yang diucapkan Yudas di hadapan Yesus ?
    a. Salam Rabi (Matius 26: 49).
    b. Rabi (Markus 14: 45),
    c. Yudas tidak mengucapkan apa-apa/diam (Lukas 22:47).

    15. Ketika Yesus berjalan di atas air, bagaimana respon para muridnya ?
    a. Mereka menyembah Yesus (Matius 14:33).
    b. Mereka tercengang dan bingung (Markus 6:51-52).

    16. Jam berapa Yesus disalibkan ?
    a. Jam sembilan (Markus 15:25).
    b. Jam 12 Yesus belum disalibkan (Yohanes 19:14).

    17. Yesus membawa damai dan keselematan atau onar ?
    a. Yesus menyelamatkan dunia (Matius 5:9, Yohanes 3:17, Yohanes 10:34-36).
    b. Yesus membawa onar, pedang dan kekacauan keluarga (Matius 10: 34-36).

    18. Apa hukumnya bersunat ?
    a. Sunat itu wajib (Kejadian 17:10-14, 17:14, Kejadian 21:4). Yesus tidak membatalkan sunat, (Matius 5: 17-20, Lirkas 2:21). Yesusjuga disunat (lukas 2: 21). Dan orang yang tidak disunat, tidak dapat diselamatkan (Kisah Para Rasul IS: 1-2).
    b. Kata Paulus, sunat tidak wajib, tidak berguna dan tidak penting (Galatia 5:6, I Korintus 7:18-19).
    19. Bolehkah makan babi ?
    a. Babi haram dimakan (Ulangan 14:8, Imamat 11:7, Yesaya 66:17).
    b. Kata Paulus, semua daging binatang halal dimakan, tidak ada yang haram (I Korintus 6: 12, I Korintus 10:25, Kolose 2:16, I Timotius 4-5, Roma 14:17).

    20. Selain Yesus, adakah yang naik ke sorga ?
    a. Tidak ada! Hanya Yesus saja yang pemah naik ke sorga (Yohanes 3: 13).
    b. Henokh dan Elia telah naik ke sorga (Kejadian 5: 24, II Raja-raja 2. 1 1).

    AYAT-AYAT TUHAN YANG RAGU-RAGU :

    Tuhan ragu-ragu dalam ispirasi wahyu-Nya, sehingga memakai kata dugaan “kira-kira”.

    Kira-kira jam 3 malam (Matius 14:25, Markus 6:48), kira-kira jam 3 (Matius 27:46), Kira-kira jam 3 petang (Kisah Para Rasul 10: 3) . Kira-kira jam 4 (Yohanes 1:39), Kira-kira jam 5 petang (Matius 20:6), Kira-kira jam 5 (Matius 20:9), Kirakira jam 9 (Kisah Para Rasul 23:23),

    Kira-kira jam 9 pagi (Matius 20:3), Kira-kira jam 12 (Lukas 23:44, Yohanes 19:14), (irakira pukul 12 (Matius 20:5, Yohanes 4: 6, Kisah Para Rasul 10:9), Kira-kira 2 jam (Kisah Para Rasul 19:34), Kira-kira 3 jam (Kisah Para Rasul 5:7).

    Kira-kira 12 orang (Kisah Para Rasul 19:7), Kira kira 20 orang (I Samuel 14:14), 1 Samuel 25:13, I Raja-raja 22:6, Kisah Para Rasul 5:36), kira-kira 600 orang (1 Samuel 14: 2,1 Samuel 23:13).

    Kira-kira 1000 orang (Yudas 9:49), kira-kira dua atau tiga ribu orang (Yosua 7:3), kira-kira 3000 orang (Yosua 7: 4, Yudas 16:27), kira-kira 3000 jiwa (Kisah Para Rasul 2: 41), kira-kira 4000 orang (1 Samuel 4:2, Markus 8:9), kira-kira 5000 orang (Yosua 8:12), kira-kira 5000 laki-laki (Matius 14:21, Lukas 9:14, Yohanes 6:10, Kisah Para Rasul 4: 4).

    Kira-kira 10.000 orang (Yudas 3:29), kira-kira lima belas ribu orang (Yudas 8:10), kira-kira 40.000 orang (Yosua 4:13).

    Kira-kira 8 hari (Lukas 9: 28), kira-kira 10 hari (1 Samuel 25: 38), Kira-kira 3 bulan (Kejadian 38: 24. Lukas 1: 56), kirakira 12 tahun (Lukas 8: 42), kira-kira 30 tahun (Lukas 3: 23), kira-kira 100 tahun (Roma 4: 19), kira-kira 450 tahun (Kisah Para Rasul 13: 20).

    Kira-kira 50 kati (Yohanes 19: 39), kira-kira 200 hasta (Yohanes 21: 8), kira-kira 2000 ekor babi (Markus 5: 13), kirakira 2 mil (Yohanes 11: 18).

    KESAKSIAN PARA TEOLOG KRISTEN :

    1. Dr.G.C Van Niftrik dan Dr. B.J Bolland :
    “Kita tidak usah malu-malu, bahwa terdapat berbagai kekhilafan di dalam Alkitab; kekhilafan-kekhilafan tentang angka-angka perhitungan; tahun dan fakta. Dan tak perlu kita pertanggungjawabkan kekhilafan-kekhilafan itu pada caranya, isi Alkitab telah disampaikan kepada kita, sehingga kita akan dapat berkata: “Dalam naskah aslinya tentu tidak terdapat kesalahan-kesalahan, tetapi kekhilafan itu barulah kemudian terjadi di dalam turunan naskah itu. Isi Alkitab juga dalam bentuknya yang asli, telah datang kepada kita dengan perantaraan manusia” (Dogmatika Masa Kini, BPK Jakarta,1967, hal 298).

    2. Dr. Mr D.C Mulder:
    “Jadi benarlah Daud itu pengarang Mazmur yang 73 jumlahnya ? Hal itu belum tentu. Sudah beberapa kali kita suci menjumpai gejala bahasa orang Israel suka menggolongkan karangan-karangan di bawah nama orang yang termasyhur ……. Oleh karena itu tentu tidak mustahil pengumpulan-pengumpulan mazmur-mazmur itu (atau orang-orang yang hidup lebih kemudian) memakai nama Daud, karena raja itu termasyhur sebagai pengarang mazmur-mazmur. Dengan kata lain perkataan, pemakaian nama Daud, Musa, Salomo itu merupakan tradisi kuno, yang patut diperhatikan, tetapi tradisi itu tidak mengikat” (Pembimbing ke Dalam Perjanjian Lama, BPK Jakarta, 1963 hal. 205).

    3. Dr. Welter Lempp;
    “Susunan semesta alam diuraikan dalam Kitab Kejadian I tidak dapat dibenarkan lagi oleh ilmu pengetahuan modern” (Tafsiran Kejadian, hal 58). “Pandangan Kejadian I dan seluruh Alkitab tentang susunan semesta alam adalah berdasarkan ilmu kosmografi bangsa Babel. Pandangan itu sudah ketinggalan jaman” (Tafsiran Kejadian, hal, 65).

    4. Dr. R. Soedarmo:
    “Dengan pandangan bahwa Kitab Suci hanya catatan saja dari orang, maka diakui juga bahwa di dalam Kitab Suci mungkin sekali ada kesalahan. Oleh karena itu Kitab Suci mungkin sekali ada kesalahan. Oleh karena itu Kitab Suci dengan bentuk sekarang masih dapat diperbaiki” (Ikhtisar Dogamtika, BPK Jakarta, 1965 hal. 47). “Di dalam Perjanjian Baru pun ada kitab-kitab yang diragukan antara lain Surat Wahyu dan Yakobus yang disebut surat Jeram” (Ikhtisar Dogmatika, BPK Jakarta, 1965 hal. 49).

  49. Berikut ini beberapa pernyataan tercela, sombong, dan bohong yang konon disabdakan oleh Yesus menurut Alkitab:

    1. Yesus menuduh semua orang termasuk para nabi Allah yang datang sebelum dia adalah pencuri dan perampok.

    YOHANES:

    10:8 Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka.

    2. Yesus merasa kesal dan mengutuk pohon ara yang tidak bersalah lantaran tidak berbuah.

    MARKUS:

    11:12. Keesokan harinya sesudah Yesus dan kedua belas murid-Nya meninggalkan Betania, Yesus merasa lapar.
    11:13 Dan dari jauh Ia melihat pohon ara yang sudah berdaun. Ia mendekatinya untuk melihat kalau-kalau Ia mendapat apa-apa pada pohon itu. Tetapi waktu Ia tiba di situ, Ia tidak mendapat apa-apa selain daun-daun saja, sebab memang bukan musim buah ara.
    11:14 Maka kata-Nya kepada pohon itu: “Jangan lagi seorangpun makan buahmu selama-lamanya!” Dan murid-murid-Nyapun mendengarnya.

    3. Yesus tidak menghormati dan berkata kasar terhadap ibunya dan saudara-saudaranya di depan orang banyak.

    MATIUS:

    12:46. Ketika Yesus masih berbicara dengan orang banyak itu, ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya berdiri di luar dan berusaha menemui Dia.
    12:47 Maka seorang berkata kepada-Nya: “Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau.”
    12:48 Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: “Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?” 12:49 Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: “Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku!
    12:50 Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.”

    4. Yesus menyebut ibunya dengan sebutan perempuan, seperti ketika menyebut pelacur.

    YOHANES:

    2:4 Kata Yesus kepadanya (ibunya): “Mau apakah engkau dari pada-Ku, perempuan? Saat-Ku belum tiba.” (al. KJV, Douay-Rheims Bible).

    8:10 Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya (pelacur): “Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?”

    5. Dasar keimanan Yesus adalah rasa benci.

    LUKAS:

    14:26 “Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.

    6. Yesus datang bukan untuk membawa damai melainkan pedang dan pertentangan.

    MATIUS:

    10:34 “Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.

    LUKAS:

    12:51 Kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi? Bukan, kata-Ku kepadamu, bukan damai, melainkan pertentangan.

    7. Yesus berbohong kepada para hadirin bahwa di antara mereka ada yang tidak akan mati sebelum melihat Yesus menjadi raja di Israel. Ternyata, sebelum Yesus kembali jadi raja, semua hadirin sudah mati semua.

    MATIUS:

    16:28 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya.”

    8. Yesus juga berbohong kepada para pengikutnya bahwa di antara mereka akan ada orang yang bersama-sama dengan Yesus memerintah dan menghakimi kedua belas suku Israel. Ternyata, baik Yesus maupun pengikutnya, tidak pernah memerintah dan menghakimi kedua belas suku Israel.

    MATIUS:

    19:28 Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.

    9. Yesus berbohong kepada umat Israel bahwa ia akan tinggal di dalam bumi selama 3 hari 3 malam lamanya seperti nabi Yunus yang dulu tinggal di perut ikan selama 3 hari 3 malam. Ternyata, Yesus hanya tinggal di dalam bumi hanya 1 hari 2 malam saja (Yesus mati Jumat sore dan mayatnya pada Minggu pagi sudah tidak ada).

    MATIUS:

    12:39 Tetapi jawab-Nya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.
    12:40 Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.

    10. Yesus juga berbohong tentang kedatangannya yang kedua yang tidak pernah terwujud. Murid-murid Yesus melarikan diri dan mereka menghilang, dan telah binasa selama kira-kira 2.000 tahun, dengan tidak ada tanda-tanda kembalinya Yesus.

    MATIUS:

    10:23 Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.

    Seluruh pernyataan yang diduga berasal dari Yesus di atas, sebenarnya adalah karangan para pengarang kitab kanonik yang tidak mungkin berdiri di atas fondasi kebenaran wahyu.

  50. Jika Injil yg kami britakan masih tertutup juga,maka ia tertutup bagi mereka yang akan binasa. Yaitu orang2 yg tidak percaya, yg pikirannya trlah dibutakan oleh ilah zaman ini, shingga mereka tidak melihat cahaya Injil ttg kemuliaan Kristus, yangadalah gambaran Allah

  51. Teman2 saudara sebangsa dan setanah air. Tidak perlu heran penyembuhan semacam itu, karna yg dapat disembuhkan hanya penyakit fisik yg bersumber dari pikiranya ( psikologinya ). Penyakit fisik itu contoh orang lumpuh. Lumpuh secara mentalnya atau benar benar lumpuh fisiknya. kalau fisiknya ya harus disembuhkan secara mrdis, kalau secara medis sdh sembuh tapi masih lumpuh… ya perlu disembuhkan secara mentalnya. kalau mentalnya atau program pikiranya masih lumpuh padahal fisik sudah sembuh maka orang itu tetap lumpuh. utk bisa jalan maka mentalnya harus diprogram secara psikologi bahwa dia bisa jalan. dan kalau teman2 pingin kayak Si Pendeta atau Kyai yg bisa sembuhkan orang lumpuh .. sekarang sdh ada ilmunya. Belajarlah NLP ( Neuro Lingustic Programing ) atau Hypnotherapy. Belajar itu memang biaya cukup mahal. Intinya belajar ilmu psikologi modern pemrograman pikiran. Ilmu tersebut tdk sulit. Paling 2 hari – 7 hari anda sdh bisa.
    secara psikologi tdk ada hubunganya dengan Pendeta atau Kyai atau Dukun. Nah kalau penasaran….. silahkan belajar sama saya GRATIS. BIAR TIDAK HERAN KALAU ADA PENYEMBUHAN MACAM ITU. silahkan sms ke hpku yg ingin belajar 0823 2742 4488. Kalau mau anda bolih katakan ” ANDA BISA JALAN ” maka org itu bisa jalan. memang nampak ajaib, sebenarnya itu proses ilmiah dan matematik. Sengaja saya jelaskan agar saudaraku sebangsa dan setanah air tdk pada berantem dan saling menuduh. Kalau saudaraku yg muslim ingin bisa menyembuhkan seperti pendeta.. tak ajari. Saya yakin setelah anda belajar dan bisa…. anda pasti tertawa. Ternya ilmiah dan dapat dipelajari siapa saja…. karna itu ilmu psikologi. Pemgalaman saya pernah diundang di UKSW Salatiga tentang hal ini, saya juga pernah diundang Pondok pesantren di Balaikambang Jepara juga masalah ini. OK…. INGAT TUHAN KALIAN TDK MENGAJARKAN SALING MENGEJEK. TUHAN KALIAN MENGAJARKAN KASIH SAYANG.

  52. Eh lo itu ngmng bercermin dlu…emang lo pkir smua manusia pnya iman..yg mnymbuhkan itu klo pnya iman kpda Yesus dgn sungguh2..bukan agama krsten yg salah tpi pribadi manusia itu msing2…aplgi kyk lo gni gak bkl ngrti ap tu mujizat..yg taux cm sewot n mngkrtik.

  53. Bagaimana Gus dur bisa melihat lagi saat di doakan. Kalau dia sendiri belum percaya kpd Yesus Tuhan Yang Hidup. Juru selamat manusia.
    Kita harus ingat.
    Yang di butuhkan Tuhan Yesus adalah Percaya saja. Bagi yang percaya pasti mengikuti ajaranNya.
    Penemu pesawat. : orang kristen
    Penemu Telepon : orang kristen
    Penemu listrik. : orang kristen
    Kita harus sadari. Berapa berkat yang kita nikmati di dunia ini dari KRISTEN.

  54. ahhh,sayang sekali,umat kristennya tidak mampu menjawab dengan dalil dari al kitabnya…cuman meminta agar jangan berdebat,hormati agama kami,sampai bersikap manis GBU….tidak ada bantahan ilmiah…. Tetap lanjutkan Min,jangan berhenti memberi tahu,karena kalau Anda berhenti,merekanya yang ke enak an,bebas lepas menyebarkan agama mereka tanpa perlawanan.

Silahkan Komentar dan Berbagi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s